Backpacker Harus Tahu Tempat Wisata Menarik di Malaysia

backpacker

Malaysia sering menjadi negara tujuan para backpacker untuk menghabiskan waktu dengan liburan dan menjelajahi wisata menarik. Backpacker memiliki arti sebagai orang yang pergi travelling dengan budget yang minim atau anggaran yang pas. Memiliki lokasi yang cukup dekat dengan Indonesia, menjadikan Malaysia sebagai tujuan destinasi wisata favorit. Banyak kawasan objek wisata di Malaysia yang cukup terkenal murah meriah sehingga membuat backpacker merasa aman dan senang ketika berkunjung. Murah tapi tidak murahan, berikut tempat menarik yang cocok untuk dikunjungi oleh backpacker: 

Twin Tower Petronas 

petronas 911580 1920 700x525 - Backpacker Harus Tahu Tempat Wisata Menarik di Malaysia

Pixabay.com

Siapa yang tidak tau Petronas Tower? Bangunan ini menjadi landmark kebanggaan Malaysia yang menjadi spot foto paling mainstream. Belum sah pergi ke Malaysia kalau belum mengunjungi Menara Kembar Petronas. Backpacker patut senang karena untuk berfoto di depan menara, tidak akan dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Maka dari itu kamu bisa berfoto sepuasnya sebagai koleksi dan bukti kamu sudah pernah travelling ke Malaysia. Lokasi Menara Kembar Petronas berada di antara Jalan Ampang dan Jalan Raja Chulan. Untuk mendapatkan hasil foto terbaik, sebaiknya kamu mengunjunginya di malam hari karena Menara Kembar Petronas tampak lebih megah dan menawan dengan lampu yang menyala. 

Wisata suci Batu Caves 

jennifer pelegrin 8vjS5Nj9HMg unsplash 700x525 - Backpacker Harus Tahu Tempat Wisata Menarik di Malaysia

unsplash.com

Tempat wisata menarik nan ekonomis selanjutnya adalah Batu Caves. Batu Caves adalah objek wisata suci yang daya tariknya terletak pada patung dewa Murugan setinggi 47,2 meter yang menjadi patung emas tertinggi di dunia dan atraksi utama bernama Festival Thaipusam. Festival Thaipusam adalah suatu perayaan yang dilakukan suku hindu Tamil di Malaysia untuk mengenang Dewa Murugan atas kemenangannya melawan iblis jahat. Masuk ke dalam wisata ini gratis, kamu hanya perlu mengeluarkan uang perjalanan. Untuk menuju kesana, kamu bisa menaiki commuter line dari KL Sentral dengan harga sekitar 2 RM lalu tinggal berjalan kaki sebentar dan sampailah di Batu Caves. 

Gedung Sultan Abdul Samad

gedung sultan abdul samad - Backpacker Harus Tahu Tempat Wisata Menarik di Malaysia

tripadvisor.co.id

Kamu backpacker yang hobi fotografi? Berkunjunglah ke Gedung Sultan Abdul Samad. Kamu pasti akan tertarik dengan bangunan tua apik sentuhan gaya Maroko lengkap dengan menara tinggi di sekitar lokasi gedung. Gedung ini dibangun pada abad ke-19 sebagai kantor pemerintahan kolonial Britania Raya. Kamu dapat dengan mudah menemukan objek wisata ini karena letaknya berada di kawasan Dataran Merdeka. Untuk mendapatkan hasil foto yang cantik, sebaiknya kamu datang saat pagi atau sore hari. Pada jam tersebut kamu dapat melihat Gedung Sultan Abdul Samad berlatar keindahan langit yang dipantulkan dari cahaya matahari. Perpaduan warna coklat dan merah dari gedung ini juga akan membuat foto kamu tampak lebih aesthetic. 

Beli oleh-oleh di Petaling Street 

b3304ff445372530295a15f06e1c6c46 petaling street market 700x467 - Backpacker Harus Tahu Tempat Wisata Menarik di Malaysia

viator.com

Kalau kamu ingin berburu oleh-oleh murah khas Malaysia maka Petaling Street adalah tujuan yang tepat. Tempat ini juga dikenal sebagai China Town milik Malaysia. Banyak dekorasi berwarna merah yang menghiasi, terlihat dari lampion yang menggantung dan gerbang dengan nuansa khas Tiongkok. Waktu terbaik untuk berbelanja adalah mulai jam 5 sore saat cuaca sedang tidak panas dan pasar malam telah buka. Selain oleh-oleh, terdapat banyak warung yang menawarkan masakan lokal. Restoran Cina dan masakan laut juga banyak tersebar di hampir tiap sudut. Apabila kamu ingin berkunjung kesini, kamu dapat menggunakan berbagai macam transportasi umum karena tempatnya cukup strategis. Mulai dari bus berbayar Rapid KL dan angkutan gratis Bus Go KL. Selain itu, kamu juga bisa menaiki LRT jurusan Pasar Seni, KTM jurusan Stasiun Kuala Lumpur maupun monorail jurusan Stasium Maharajalela. 

Wisata kuliner di Jalan Alor 

16849061102 94f9f6e7fb b 700x525 - Backpacker Harus Tahu Tempat Wisata Menarik di Malaysia

flicker.com

Selain oleh-oleh, tentu kamu ingin sekali memanjakan lidah dengan kuliner menarik dari Malaysia. Jalan Alor merupakan objek wisata kuliner paling terkenal di Kuala Lumpur. Jangan khawatir, makanan di sini terbilang cukup terjangkau sehingga sesuai dengan budget backpacker kamu. Di sini kamu bisa menikmati berbagai hidangan khas Melayu, selain itu banyak juga makanan lain dan jajanan ringan yang lezat dan murah. Terletak tepat di belakang Jalan Bukit Bintang, tempat ini tidak pernah sepi dari kunjungan para wisatawan. 

World Heritage Melaka 

about melaka 700x438 - Backpacker Harus Tahu Tempat Wisata Menarik di Malaysia

mahkotamedical.com

Tujuan wisata terakhir yang harus backpacker kunjungi adalah Melaka. Pada tahun 2008, Melaka dinobatkan oleh UNESCO sebagai salah satu kota World Heritage. Kota ini berjarak sekitar 150 km dari Kuala Lumpur. Untuk bisa kesana kamu dapat menaiki bus eksekutif dari stasiun Bandar Tasik Selatan menuju Melaka Sentral dengan harga tiket sekitar 13.60 RM. Kamu akan terpikat dengan arsitektur bangunan kota Melaka yang memiliki perpaduan gaya Eropa dan Melayu. Selain itu, banyak juga peninggalan masa lampau yang masih bagus dan terawat. Jangan lupa untuk menjelajahi sekitar objek wisata A Famosa, Gereja Melaka, Stadthuys dan Jonker Street. Di sekitar Jonker Street, kamu bisa membeli souvenir unik dan murah untuk oleh-oleh, kamu juga dapat berburu kuliner khas Malaysia tanpa harus merogoh kocek lebih dalam. 

Baca juga: Ingin Staycation Hemat Budget? Coba Terapkan 5 Tips Ini!

Nah itulah beberapa wisata menarik yang bisa kamu kunjungi sebagai backpacker. Hal penting menjadi seorang backpacker adalah bagaimana mengelola pengeluaran untuk liburan agar tidak over budget. Sudahkah kamu tau aplikasi Qelola?. Aplikasi ini akan membantu kamu mengelola keuangan seperti mengirimkan uang dari Malaysia ke Indonesia, membayar tagihan listrik, air, BPJS dan lain sebagainya. Agar liburan kamu tidak terganggu, serahkan saja bayar membayar tagihan dengan aplikasi ini. Prosesnya cepat dan mudah, kamu juga bisa membeli kuota dan pulsa lho!. Tunggu apalagi? Segera unduh aplikasinya secara gratis dan pasang di smartphone kamu. 

 

 

 

Tags: , , , ,