Ingin Sehat? Hindari Makanan Penurun Kekebalan Tubuh

unhealthy - Ingin Sehat? Hindari Makanan Penurun Kekebalan Tubuh

Makan dan minum adalah kebutuhan dasar manusia. Tanpa makan dan minum, mustahil manusia dapat bertahan hidup. Tetapi tahukah Anda, bahwa tidak semua jenis makanan dapat dikonsumsi oleh tubuh secara berlebihan. Beberapa jenis makanan justru akan membuat kekebalan tubuh menurun jika tidak dikonsumsi secara terbatas. Apa saja jenis makanan tersebut? Cek di bawah ini.

Makanan yang Dapat Menurunkan Kekebalan Tubuh

Gorengan

Gorengan mengandung lemak yang sangat tinggi. Selain bisa meningkatkan kolesterol jahat, gorengan juga meningkatkan inflamasi dalam tubuh. Imbasnya, jika mengkonsumsi gorengan berlebihan, bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Dampak buruk lainnya dari banyaknya konsumsi gorengan akan meningkatkan resistensi insulin dalam tubuh. Insulin adalah hormon yang berperan dalam mengatur kadar gula darah dengan mengubah glukosa darah dalam bentuk glikogen.

Es Krim

ice cream 700x464 - Ingin Sehat? Hindari Makanan Penurun Kekebalan Tubuh

sumber : pexels

Dibalik kesegaran es krim di siang hari, ternyata es krim tinggi akan lemak jenuh dan gula yang bisa memicu peradangan. Para ahli gizi mengatakan bahwa es krim mengandung enam kali lipat gula sehingga melebihi batasan yang seharusnya dikonsumsi sepanjang hari.

Sodium

Banyak orang mungkin telah menyadari mengkonsumsi garam secara berlebihan bisa memicu masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi karena mengandung natrium yang tinggi.

Namun, konsumsi garam secara berlebihan ternyata berkaitan dengan penurunan daya tahan tubuh. Bannan menyarankan Anda untuk memilih makanan kemasan dengan kandungan natrium yang tidak lebih dari 600 mg.

Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji memang menggugah selera, tetapi memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Makanan cepat saji mengandung kalori, lemak jenuh, natrium, dan gula yang tidak ideal untuk melindungi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, makanan cepat saji juga meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe-2 dan gangguan jantung.

Banyak Mengandung Gula

sugar 700x467 - Ingin Sehat? Hindari Makanan Penurun Kekebalan Tubuh

sumber : pexels

Jika Anda penyuka makanan manis, sudah saatnya Anda perlu hindari makanan yang satu ini. Ada banyak makanan manis seperti camilan dan juga minuman. Yang perlu diketahui, mengonsumsi makanan yang manis dapat meningkatkan kadar gula darah dan sintesis protein pro-inflamasi. Seperti tumor necrosis factor-aplha, protein C-reaktif, dan interleukin-6 yang berpengaruh pada kesehatan Anda.

Makanan manis juga diketahui dapat menurunkan kekebalan tubuh karena akan membuat Anda terkena obesitas dan komplikasi penyakit serius lainnya.

Makanan dan Minuman Kemasan

Segala bentuk makanan dan minuman yang dikemas baik dalam kaleng maupun plastik biasanya sudah ditambahkan banyak pengawet agar bertahan lama. Karena itu makanan tersebut sebaiknya tidak dikonsumsi penderita autoimun agar gejala penyakitnya tidak bertambah parah. Pilihlah buah dan sayur organik agar kesehatan membaik dan menurunkan gejala autoimun yang muncul.

Kafein

coffe 700x467 - Ingin Sehat? Hindari Makanan Penurun Kekebalan Tubuh

sumber : pexels

Meski kafein dalam kopi memiliki banyak manfaat, penderita diabetes harus hati-hati karena minuman ini bisa membuat kadar gula darah melonjak.Kopi juga mampu memicu kolesterol dan menekan sistem kekebalan tubuh menjadi rendah.

Setidaknya, mengonsumsi lebih dari 500 miligram kopi per harinya saja bisa menyebabkan insomnia, otot gemetar, hingga gangguan pencernaan. Minum kopi berlebihan juga akan membuat seseorang kesulitan tidur, yang akhirnya membuat daya tahan tubuh terganggu.

Soda

Soda menjadi salah satu minuman yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Kandungan asam fosfor pada soda bisa menguras kalsium dan magnesium dalam tubuh.

Apabila terus terjadi, hal ini tentu berbahaya untuk kesehatan. Hal itu disebabkan karena kedua nutrisi tersebut bisa mengganggu jalannya sistem kekebalan tubuh manusia.

Alkohol

Alkohol tentu sangat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh manusia. Dalam waktu 20 menit setelah mengonsumsi alkohol, sistem kekebalan tubuh akan ikut menurun, tetapi hal tersebut bergantung pada kondisi tubuh itu sendiri.

Untuk menghindari dampak buruk tersebut, seharusnya Anda mengurangi porsi mengonsumsi alkohol agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Apabila daya tahan tubuh rendah, seseorang akan mudah terinfeksi virus.

Beralih ke Makanan Sehat

Agar tidak melulu mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan kekebalan tubuh,maka sudah saatnya sekarang Anda juga mengetahui makanan yang dapat mendukung kesehatan Anda. Apa saja kriteria makanan sehat? Di bawah ini contohnya.

Tinggi Serat

Sebuah makanan bisa dikatakan sehat jika makanan tersebut kaya akan serat. Seperti yang diketahui serat adalah zat yang sangat berguna bagi tubuh karena dapat membantu melancarkan pencernaan dan juga menjaga tubuh agar tetap kenyang.

Tidak hanya itu, serat juga bisa menurunkan kadar kolesterol juga mengontrol kadar gula darah. Anda bisa mendapatkan makanan yang tinggi serat melalui sayuran hijau seperti brokoli, bayam, buah alpukat, pisang, dan mangga.

Tidak Mengandung MSG

Ciri makanan sehat selanjutnya adalah sedikit atau bahkan tidak mengandung MSG atau bahan penyedap lain. Bila terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung MSG, dapat menyebabkan gangguan pencernaan, meningkat resiko terkena obesitas, jantung berdetak lebih cepat, hingga merasa sakit kepala.

Mengandung Antioksidan yang Tinggi

Antioksidan merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang berperan dalam munculnya kanker. Selain itu antioksidan juga berperan dalam menjaga daya tahan tubuh.

Jadi, makanan yang mengandung antioksidan tinggi bisa disebut makanan yang sehat. Makanan tinggi antioksidan banyak dimiliki oleh buah-buahan dari golongan beri seperti stroberi, kubis ungu, anggur, blueberry, dan masih banyak lagi.

Memiliki Komposisi yang Seimbang dan Beragam

Tubuh membutuhkan berbagai zat gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Namun, zat gizi tersebut tidak bisa ditemukan hanya pada satu jenis makanan saja.

Agar kebutuhan tubuh terhadap zat gizi tersebut bisa terpenuhi, maka Anda harus mengonsumsi makanan bergizi seimbang agar tubuh tetap sehat.

Baca Juga : Pentingnya Konsumsi Menu Makanan Sehat Setiap Hari

Tidak Banyak Melalui Proses Pengolahan

Semakin sedikit proses tahapan pengolahan makanan, maka semakin baik pula kualitas makanan tersebut. Hal ini dikarenakan proses pengolahan yang terlalu panjang akan membuat kandungan dalam makanan berkurang atau bahkan menghilang.

Selain itu, makanan yang melalui proses pengolahan yang panjang seringkali mengandung terlalu banyak gula, dan lemak jahat yang buruk bagi kesehatan.

Oleh karena itu, pemilihan makanan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Makanan yang seharusnya dikonsumsi adalah makanan yang sehat. Agar tidak keliru dalam memilih makanan, sangat penting untuk mengetahui seperti apa ciri-ciri makanan sehat yang baik dan menghindari makanan yang dapat menurunkan kekebalan tubuh.

Seperti juga dengan masalah keuangan. Anda juga harus peka untuk menggunakan aplikasi keuangan yang baik dan memudahkan terutama jika tinggal sebagai TKI di Malaysia.

Anda bisa memilih aplikasi keuangan Qelola. Selain memiliki fitur transfer antar negara dengan biaya terjangkau. Qelola juga memudahkan Anda untuk membayar semua tagihan di Indonesia termasuk tagihan BPJS Kesehatan. Tunggu apalagi, segera download aplikasi Qelola sekarang juga.

 

 

Tags: , , , , ,