Pentingnya Konsumsi Menu Makanan Sehat Setiap Hari

menu makanan sehat

Tahukah kamu bahwa konsumsi menu makanan sehat setiap hari sangat direkomendasikan untuk mencukupi kebutuhan gizi harian. Hal ini sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan, karena pilihan makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi setiap hari sudah ada banyak ragamnya. Tidak hanya itu, konsumsi makanan sehat dibarengi dengan olahraga secara rutin juga penting untuk mendukung program diet.

Supaya bisa berfungsi dengan baik, tubuh membutuhkan nutrisi dan energi yang diperoleh dari makanan. Di dalam tubuh, makanan yang dikonsumsi akan mengalami yang namanya proses pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Berbagai Pilihan Menu Makanan Sehat

qelola 4 9 - Pentingnya Konsumsi Menu Makanan Sehat Setiap Hari

sumber: pixabay

Beberapa pilihan makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi setiap hari antara lain adalah:

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau menempati urutan pertama dalam jenis makanan sehat karena mengandung banyak nutrisi. Seperti serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalsium, zat besi, folat, dan kalium, yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, sayuran hijau juga kaya antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Pilihan sayuran hijau juga beragam, yaitu sawi hijau, brokoli, kangkung, selada, serta bayam. Sayuran hijau juga dapat diolah dengan berbagai macam cara, mulai dari direbus, ditumis, atau dikukus.

Untuk mempertahankan warna sayuran hijau tetap menarik, kamu bisa masak sayuran hijau menggunakan air mineral. Pasalnya, kandungan mineral di dalamnya, seperti sodium bikarbonat dan magnesium hidroksida, dapat mempertahankan warna hijau alami daun.

2. Buah-buahan

Selain sayuran hijau, buah juga sangat penting dikonsumsi karena mengandung banyak vitamin. Beberapa buah yang populer karena kekayaan nutrisinya adalah apel (serat, vitamin C, dan antioksidan), jeruk (vitamin C), pisang (kalium), alpukat (lemak sehat, kalium, dan vitamin C), serta beri-berian seperti blueberry dan strawberry (rendah kalori namun kaya akan antioksidan dan serat). 

3. Daging dan telur

Daging juga termasuk salah satu makanan sehat karena kaya akan nutrisi, terlebih lagi daging sapi tanpa lemak. Jenis daging ini mengandung banyak protein dan zat besi paling tinggi dibandingkan dengan daging jenis lainnya. Di samping daging, telur juga termasuk ke dalam makanan sehat yang tinggi protein, dan mengandung nutrisi lengkap, mulai dari vitamin, mineral, lemak tak jenuh, hingga zat antioksidan.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Makanan sehat yang sarat akan nutrisi lainnya adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Seperti kacang tanah, kacang mete, kacang almond, chia seed, biji labu, dan biji wijen. Kacang-kacangan dan biji-bijian ini tidak hanya mengandung protein dan serat yang tinggi, tetapi juga kaya akan vitamin dan mineral, seperti magnesium dan vitamin E.

5. Ikan dan makanan laut lainnya

Makanan laut adalah pilihan makanan sehat yang kaya akan asam lemak omega-3 dan yodium. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang sering makan ikan laut cenderung lebih panjang umur dan memiliki risiko lebih rendah terhadap banyak penyakit, termasuk penyakit jantung.

6. Susu

Susu banyak mengandung vitamin, mineral, protein hewani berkualitas, dan juga lemak sehat. Selain itu, susu juga merupakan salah satu sumber kalsium terbaik. Untuk memperoleh nutrisi yang terdapat pada susu, kamu dapat mengonsumsinya secara langsung atau mengonsumsi produk olahannya, seperti keju dan yoghurt.

Manfaat Konsumsi Menu Makanan Sehat Setiap Hari

qelola 8 5 - Pentingnya Konsumsi Menu Makanan Sehat Setiap Hari

sumber: pixabay

Tidak hanya bisa membuat tubuh tidak mudah sakit, kecukupan makanan bernutrisi seimbang juga meminimalkan risiko penyakit kardio, bahkan bisa bikin awet muda. Berikut ini ada beberapa manfaat konsumsi menu makanan sehat yang perlu diketahui:

1. Membantu menurunkan dan mempertahankan berat badan ideal

Sayuran hijau, buah-buahan, protein tanpa lemak, dan biji-bijian sangat bermanfaat untuk menggantikan makanan tinggi lemak dan tinggi kalori sehingga membuat kenyang lebih lama.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Mengonsumsi lemak sehat dalam jumlah sedang seperti yang ditemukan dalam minyak zaitun, alpukat, ikan, kacang-kacangan, serta biji-bijian membantu melindungi jantung. 

3. Membuat tulang dan gigi lebih kuat

Diet dengan kalsium dan magnesium yang cukup juga diperlukan untuk tulang dan gigi yang kuat. Menjaga tulang agar tetap sehat sangat penting dalam mencegah osteoporosis dan osteoarthritis di kemudian hari.

4. Menjaga kecantikan kulit

Tubuh yang ternutrisi dengan baik akan membuat kulit sehat dan halus, serta akan terlihat awet muda. Perbanyak konsumsi buah, sayuran, dan asam Omega-3 dalam menu harianmu.

5. Mengontrol gula darah

Karbohidrat kompleks seperti roti gandum, oatmeal, dan juga beras merah, menyebabkan pelepasan gula yang lambat ke dalam aliran darah, yang akan membantu mengatur gula darah.

6. Mendukung kesehatan otak

Makanan sehat dan bervariasi juga akan menyehatkan fungsi otak sehingga bisa meningkatkan kesehatan mental.

 

Jangan Bosan Konsumsi Makanan Sehat Setiap Hari! 

Supaya tidak bosan, konsumsi menu makanan sehat dengan jenis yang berbeda setiap harinya atau kombinasikan macam-macam makanan tersebut agar nutrisi yang didapat juga lebih beragam. Di samping mengonsumsi makanan sehat, kamu juga harus memperbanyak minum air putih. Sediakan air mineral dari sumber terlindungi sebagai air minum sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan cairan sekaligus mineral.

Selain itu, usahakan juga untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dengan beristirahat yang cukup dan rutin berolahraga. Apalagi bagi para pekerja, menerapkan pola hidup sehat merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Pasalnya, fisik yang sehat akan menghasilkan kinerja yang terbaik. 

Baca juga: 8 Ide Bisnis Makanan Ringan Khas Indonesia untuk TKI di Malaysia

Untuk urusan kirim uang dan bayar tagihan, serahkan saja pada aplikasi Qelola. Fiturnya lengkap, dan mudah digunakan. Qelola memang hadir untuk menjadi sahabat orang-orang Indonesia yang ada di Malaysia. Dengan Qelola, masalah kirim uang dari Malaysia ke Indonesia dapat diselesaikan dengan mudah, murah, dan cepat. Langsung saja unduh aplikasinya di Google Play Store sekarang!

Tags: , , , , , ,