7 Jenis Vitamin Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Pandemi

Jenis Vitamin

Jenis vitamin untuk tingkatkan daya tahan tubuh sangat beragam. Saat pandemi COVID-19 sedang berlangsung superti sekarang ini, menjaga imun merupakan hal penting untuk dilakukan. Vitamin bisa membantu mewujudkan tubuh yang lebih kuat dan sehat. Vitamin tidak diproduksi secara alami oleh tubuh sehingga kamu perlu mengonsumsinya sendiri. Konsumsi vitamin buatan pabrik dibatasi agar tidak berlebihan. Agar tidak salah takaran, kamu bisa berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter terlebih dulu.

Berbagai jenis vitamin bisa didapatkan secara mudah dengan membelinya di toko atau apotek. Namun, tahukah kamu bahwa vitamin ternyata bisa didapatkan secara alami dari berbagai makanan? Buah dan sayur merupakan makanan dengan sumber vitamin yang tinggi dan beragam. Lalu, apa saja jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga daya tahan selama pandemi? Berikut ini 7 jenis vitamin tersebut.

 

1. Vitamin C

diana polekhina GHp78jdvOZY unsplash - 7 Jenis Vitamin Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Pandemi

Sumber: unsplash.com

Jenis vitamin pertama yang perlu dipenuhi tubuh yaitu vitamin C. Banyak orang sudah memiliki kesadaran atas pentingnya mengonsumsi vitamin C. Vitamin C bisa membantu menjaga tubuh dari serangan penyakit terutama virus flu dan sariawan. Buah yang dikenal dengan kandungan vitamin C tinggi yaitu jeruk. Ada banyak buah dan sayur lain yang juga mengandung vitamin C seperti stroberi, brokoli, paprika, dan lain sebagainya. Vitamin C buatan pabrik juga muncul dengan beragam bentuk sehingga mudah dikonsumsi seperti bentuk minuman atau tablet hisap.

2. Vitamin A

Vitamin A juga penting untuk daya tahan tubuh, lho! Berperan mirip seperti antioksidan, banyak manfaat lain dari vitamin A seperti menjaga kesehatan mata dan menurunkan risiko terkena kanker. Vitamin A bisa didapatkan dari makanan yang mengandung karetenoid tinggi. Nantinya senyawa karetenoid akan diproses tubuh dan diubah menjadi vitamin A. Beberapa jenis makanan yang mengandung karotenoid yaitu wortel, ubi, dan labu kuning.

3. Vitamin D

Sistem imun tubuh juga membutuhkan vitamin D. Jenis vitamin ini akan mengaktivasi sel T untuk memproduksi senyawa fosfolipase C-y1. Senyawa tersebut membantu memperkuat daya tahan tubuh. Kamu bisa mengonsumsi berbagai makanan dengan kandungan vitamin D seperti hati sapi, salmon, tuna, keju, dan kuning telur. Tubuh juga bisa mendapat asupan vitamin D melalui kulit dengan cara berjemur di bawah sinar matahari pagi.

4. Vitamin B6

caroline attwood bpPTlXWTOvg unsplash - 7 Jenis Vitamin Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Pandemi

Sumber: unsplash.com

Jenis vitamin yang berguna meningkatkan daya tahan tubuh adalah vitamin B6. Manfaatnya yaitu membantu memproduksi sel darah putih dan antibodi . Tidak hanya itu, peningkatan sel darah merah juga bisa dirangsang sehingga kebutuhan oksigen tubuh terpenuhi dan tersebar rata. Kamu bisa menemukan kandungan vitamin B6 secara alami pada makanan seperti salmon, ayam, sayuran berdaun hijau, dan tuna.

5. Vitamin B9

Lebih dikenal dengan asam folat, vitamin B9 pun berperan dalam membantu meningkatkan imun tubuh. Dengan bantuan asam folat, tubuh yang kurang energi bisa menjadi lebih segar. Vitamin B9 membantu mengatur perkembangan DNA dan sel tubuh. Peran asam folat untuk ibu hamil juga tinggi yaitu akan membantu mencegah kelahiran bayi cacat. Berbagai makanan yang banyak mengandung vitamin B9 ini yaitu kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau.

6. Vitamin E

Vitamin E dikenal sebagai jenis vitamin yang baik untuk kulit, dan ternyata bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dampak radikal bebas bisa dikurangi serta melawan infeksi penyakit dengan bantuan vitamin E. Bentuk vitamin E yang dijual umumnya berusa kapsul. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkannya secara alami dengan mengonsumsi berbagai makanan seperti biji-bijian, brokoli, kacang-kacangan, dan bayam.

7. Suplemen Tambahan

adam niescioruk hWzrJsS8gwI unsplash - 7 Jenis Vitamin Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Pandemi

Sumber: unsplash.com

Mineral-mineral lainnya juga dibutuhkan oleh tubuh dan hadir dalam bentuk süslemen tambahan. Berbagai suplemen tambahan untuk memperkuat Daya tahan tubuh yaitu selenium, zat besi, dan zinc. Ketiganya diproduksi oleh pabrik dan bisa didapatkan melalui apotek terdekat. Namun, suplemen alami juga bisa ditemukan kandungannya pada makanan. Selenium biasanya ditemukan pada tuna dan sarden. Makanan berupa brokoli dan bayam mengandung zat besi tinggi. Sedangkan zinc bisa didapat dengan mengonsumsi yogurt, kepiting, dan daging rendah lemak.

 

Meski daya tahan tubuh kuat karena kebutuhan vitamin dipenuhi, kamu tidak boleh lalai menerapkan protokol kesehatan. Upaya mencegah tertular COVID-19 bukan hanya dengan vitamin saja. Beberapa protokol kesehatan tersebut seperti cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, menggunakan masker saat keluar rumah, jaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain, tidak berkerumun, serta melakukan vaksinasi segera.

Apabila merasakan berbagai gejala COVID-19, segera lakukan pemeriksaan agar mengetahui hasilnya secara pasti. Gunakan bantuan kartu BPJS untuk meringankan biaya pengobatanmu. Bayar iuran BPJS secara teratur menggunakan aplikasi Qelola, mudah dan cepat. Kamu juga bisa membayar tagihan lain seperti listrik dan PDAM dengan aplikasi ini. Unduh aplikasih Qelola di Google Play Store sekarang juga. Gratis, kok!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,