Cameron Highlands, Nikmati Keindahannya, Ini List To Do-nya!

kawasan cameron highlands

Cameron Highlands merupakan dataran tinggi di semenanjung Malaysia yang terletak di barat negeri Pahang. Dataran tinggi menjadi sebuah tempat yang memberikan pemandangan alam, sekaligus pengalaman baru sebagai pusat peristirahatan. Berada pada ketinggian 1.829 meter dari permukaan laut, tempat ini memiliki suhu antara 10 derajat celsius hingga 20 derajat celsius. Kondisi yang sejuk seperti itu tak heran jika berguna sebagai tempat istirahat dan refreshing, lokasi tersebut juga terkenal dengan hasil tanaman yang berkualitas.

Beberapa hasil tanaman yang bisa Kamu santap dan bawa pulang sebagai oleh-oleh, seperti teh, buah-buahan, sayuran, hingga tanaman bunga. Beberapa tanaman yang tumbuh di Cameron Highlands pun tidak tumbuh di tempat lain. Kondisi udara dingin yang menyelimuti Cameron Highlands memberikan kesan sejuk dan refreshing bagi wisatawan yang berkunjung. Lalu, hal menarik apa saja yang bisa Kamu lakukan di Cameron Highlands? Ini dia list to do-nya!

Menginap di Tanah Rata

tanah rata flickrcom 700x467 - Cameron Highlands, Nikmati Keindahannya, Ini List To Do-nya!

sumber: flickr.com

Terkenal sebagai pusat peristirahatan, Kamu bisa singgah untuk istirahat atau bermalam di Cameron Highlands. Tanah Rata menjadi salah satu kawasan yang cukup ramai oleh wisatawan lokal atau turis yang ingin merasakan sensasi bermalam di dataran tinggi. Setiap hari pengunjung atau wisatawan penginapan bisa menemukan buah, sayur, maupun bunga yang masih segar dan langsung petik. Selain itu, pengunjung bisa berbeanja di pasar bekas setiap akhir pekan.

Menikmati Teh di Perkebunan

kebun teh unsplash 700x467 - Cameron Highlands, Nikmati Keindahannya, Ini List To Do-nya!

sumber: Unsplash.com

Mengaku sebagai penikmat teh? Belum lengkap kalau ke Cameron Highlands tidak mengunjungi salah satu perkebunan tehnya. Pemandangan hijau dengan bukit-bukit bergelombang mampu menyegarkan mata dan pikiran. Belum lagi Kamu bisa mencicipi teh dan ikut mempelajari mengenai industri penanaman teh lokal di kawasan ini. Salah satu perkebunan yang paling terkenal adalah BOH Tea Plantation ada juga tempat yang Kamu juga bisa mampir yaitu BOH Sungai Palas Tea Centre dan Bharat Tea Plantation.

Memetik Strawberry

petik stroberi unsplash 700x394 - Cameron Highlands, Nikmati Keindahannya, Ini List To Do-nya!

sumber: Unsplash.com

Memiliki suhu dingin, Cameron Highlands menjadi tempat yang ideal untuk tanaman strawberry tumbuh. Banyak petani yang menawarkan pengalaman bagi wisatawan untuk memetik buah stroberi secara langsung. Cameron Highlands merupakan satu-satunya kawasan di Malaysia yang memiliki banyak tumbuhan strawberry. Selain bisa memetik, Kamu juga bisa langsung menyantap buah yang segar tersebut. Kamu juga bisa membawa buah hasil petikan sebagai oleh-oleh.

Saking banyaknya petani buah, mereka menjual beragam varian olahan stroberi mulai dari milkshake, es krim, kue, hingga selai buah strawberry. Beberapa nama perkebunan lokal yang bisa Kamu kunjungi adalah Strawberry Raaju Hill, Strawberry Farm Kea, dan Big Red Strawberry.

Agro Technology Park Mardi

cameron highlands mardi agro tech park vipmalaysiacom 700x394 - Cameron Highlands, Nikmati Keindahannya, Ini List To Do-nya!

sumber: vipmalaysia.com

Berkunjung ke Cameron Highlands tidak hanya berwisata alam, tetapi Kamu bisa menambah ilmu dengan belajar di Agro Technology Park Mardi. Pada awalnya Mardi adalah toko serba ada yang menyediakan segala kebutuhan pengunjung. Melihat peluang praktik pertanian banyak peminatnya, Mardi memberikan fasilitas Agro Technology Park. Kawasan tersebut memiliki banyak jenis hasil kebun, mulai dari teh, mawar, anggur, hingga rempah-rempah. Kamu bisa mempelajari teknik penanaman dan membeli benih tanaman semua tanaman yang ada. Terdapat pusat informasi yang berisi mengenai sumber fakta menarik mengenai tanaman.

Sam Poh Temple

Malaysia II Ipoh Sam Poh Tong TempleWEB 1 ilextravelcom 700x525 - Cameron Highlands, Nikmati Keindahannya, Ini List To Do-nya!

sumber: ilextravel.com

Sam Poh Temple merupakan kuil Buddha di Cameron Highlands dan menjadi kuil utama. Kesan religi pada kuil tersebut sangat terasa ketika Kamu melihat dinding-dinding candi utamanya. Candi tersebut menampilkan ratusan gambar mengenai Sang Buddha dan juga banyak patung yang menarik. Kamu juga bisa melihat umat Buddha setempat yang berdoa dan membuat kebajikan di tempat ibadah ini.

Menyusuri Hutan Lumut

1 MOSSY FOREST 1 cameronserviceblogspotcom 700x464 - Cameron Highlands, Nikmati Keindahannya, Ini List To Do-nya!

sumber: cameronservice.blogspot.com

Mossy Forest adalah salah satu puncak tertinggi di Cameron Highlands untuk menikmati alam secara langsung. Memiliki julukan Hutan Lumut, Mossy Forest memiliki lapisan lumut yang sangat tebal hingga menutupi lantai hutan. Meski penuh dengan lumut, Kamu tetap bisa menjelajahi karena terdapat jalan setapak sebagai fasilitas pengunjung untuk mengelilingi hutan. Hutan ini memberikan keteduhan bagi siapa saja yang masuk ke dalamnya. Hal ini karena banyaknya pohon-pohon tinggi dan dedauanan yang lebat. Sesekali kabut tebal menyelimuti udara menambah kesan asri dan sejuk. Mossy Forest menjadi rumah bagi beragam hewan dan tumbuhan unik.

Air Terjun Thompson

Kanching Falls 3 danandhollycom 700x467 - Cameron Highlands, Nikmati Keindahannya, Ini List To Do-nya!

sumber: danandholly.com

Salah satu air terjun yang ada di Cameron Highlands adalah Thompson Falls. Air terjun ini menawarkan suasana yang tenang dan damai dengan suara gemericik air yang jatuh. Tak hanya menikmati air yang jatuh dari atas, Kamu juga bisa mendayung pada kolam yang terletak di bawah air terjun. Selain berwisata, Kamu juga bisa mendapatkan kedamaian batin ketika berada di air terjun. Selain Thompson Falls, terdapat Parit Waterfall juga di Cameron Highlands. Namun, air terjun ini tidak bisa Kamu nikmati ketika musim penghujan. Selain itu Kamu juga harus sedikit melakukan pendakian untuk mencapainya. Air terjun lokal lainnya yaitu Robinson Waterfall yang dekat dengan Tanah Rata.

Manfaatkan aplikasi Qelola untuk melakukan transaksi pembayaran selama berada di Malaysia dan kirim uang keluar negeri tanpa tambahan biaya. Cara mendapatkannya? Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Qelola secara gratis di Google Play Store. Setelah itu, tinggal menikmati beragam fasilitasnya yang memudahkan kebutuhan finansialmu. Kunjungi website Qelola karena informasi didalamnya terbukti akurat dan resmi untuk kebutuhanmu belajar terkait TKI, kesehatan, pendidikan, wisata, cara dan tips mengelola keuangan.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,