6 Tempat Menarik Pilihan di Taiping Malaysia yang Harus Dikunjungi

tempat menarik di Taiping

Taiping sebagai salah satu wilayah di Perak, Malaysia menjadi destinasi wisata yang harus dipertimbangkan. Jika kamu sedang menjelajahi Malaysia, maka wilayah Taiping sebagai kota terbesar kedua di Perak harus menjadi salah satu destinasi wisata kamu. Tidak hanya wisata alamnya yang menyenangkan, kamu juga dapat menikmati berbagai macam bangunan bersejarah di sana. Berikut ini adalah beberapa tempat menarik di Taiping yang kami rekomendasikan untuk kamu kunjungi.

1. Spritzer EcoPark

Spritzer EcoPark merupakan salah satu taman rekreasi menyenangkan di Taiping. Sesuai dengan namanya, taman ini memiliki lingkungan yang asri dan terjaga ekosistemnya. Bahkan, taman ini juga menjadi salah satu faktor yang menjadikan Taiping terpilih sebagai 3 Besar Kota Terbaik dalam menjaga keberlanjutan alam yang diadakan di Berlin. Jadi, tak perlu diragukan lagi kebersihan udara dan lingkungannya. Bagi penggemar golf, kamu bisa bermain di lapangan golf mini di sini.

2. Bukit Larut

Tempat menarik berikutnya adalah Bukit Larut, wisata alam yang sejuk dan menakjubkan. Ketika sampai di atas bukit, kamu akan melihat pemandangan Kota Taiping dan Malaysia yang memukau. Kamu tidak hanya menikmati pemandangan di sana, namun juga udara yang bersih dan sejuk khas pegunungan. Karena akses yang mudah menuju Bukit Larut, kamu bisa naik dengan kendaraan pribadi. Tapi untuk menambah keseruan, kamu dan teman-teman juga bisa menyewa mobil jeep yang dikelola warga sekitar. Hanya butuh waktu kurang lebih 3 jam untuk sampai puncak. Tempat wisata ini lokasinya dekat dengan Taiping Lake Gardens, jadi kamu juga harus mengunjunginya sekaligus.

3. Matang Mangrove Forest Reserve

bfe2c7d57824d66e268694c360fc61b2 - 6 Tempat Menarik Pilihan di Taiping Malaysia yang Harus Dikunjungi

Sumber : pinterest.com

Tempat berikutnya juga memiliki keindahan yang tak kalah menarik. Matang Mangrove Forest Reserve tidak hanya sekedar hutan mangrove seperti namanya. Kamu akan melihat hutan mangrove skala besar yang memiliki berbagai macam jenis pohon dan tumbuhan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menjelajahinya tanpa susah payah karena pengelola menyediakan jalan khusus yang sangat nyaman dilalui semua kalangan pengunjung. Bahkan pengunjung dengan keterbatasan fisik (difabel) dapat ikut menjelajahi dan menikmatinya di atas kursi roda. Penggemar fotografi atau bukan harus mengunjungi tempat wisata ini.

4. Perak Museum

Wisata sejarah pun bisa kamu nikmati di Taiping. Perak Museum menjadi museum tertua di Malaysia yang dibangun tahun 1883. Jadi, tak perlu diragukan lagi koleksi bersejarah yang ada di dalamnya. Tidak hanya barang peninggalan Orang Asli Perak, museum ini juga memiliki koleksi sejarah etnografi, botani, hingga zoologi. Melihat budaya negara lain juga akan membuat liburanmu lebih bermakna dan Perak Museum adalah tempat yang tepat.

5. Taiping War Cemetery

Tempat bersejarah berikutnya adalah Taiping War Cemetery, pemakaman khusus bagi pahlawan Malaysia pada masa Perang Dunia II. Meskipun namanya pemakaman, kamu tidak akan menemukan kengeriannya di sini. Kamu akan melihat pemandangan penuh rerumputan hijau dan batu nisan seragam yang berjejer dengan jarak yang teratur. Terdapat lebih dari 850 kuburan di sini dan sayangnya 500 diantaranya tidak teridentifikasi. Hal penting yang harus diingat ketika berkunjung di sini adalah jangan mengambil foto atau video di sekitar makam untuk menghormati para pahlawan.

6. Taiping Lake Gardens

Ketika berbicara soal wisata di Taiping, maka Taiping Lake Gardens harus muncul di dalamnya. Danau ini menawarkan suasana menenangkan yang mudah diakses. Objek wisata ini merupakan gabungan antara taman dan danau buatan. Tidak tanggung-tanggung, terdapat 10 danau buatan yang akan memanjakan mata dan pikiran kamu karena suasananya yang asri. Beberapa diantaranya adalah South Lake, Swan Lake, West Lake, Jungle Lake, dan masih banyak lagi. Bahkan dari semua jenis taman ini, salah satunya akan memberikan kamu pemandangan kebun bunga tulip yang indah. Kebun bunga tulip pertama di Malaysia ini menerapkan tarif masuk, yaitu RM3 ketika musim tulip dan RM2 diluar musim. Sangat murah untuk menikmati 10 danau buatan yang unik. Tempat wisata yang lengkap bagi hampir semua usia.

Melihat berbagai tempat unik di Taiping Malaysia tersebut tentu kamu tidak akan lagi meremehkan wilayah ini. Taiping mungkin menjadi salah satu destinasi yang kurang populer dibandingkan Kuala Lumpur, namun keindahannya tak bisa diremehkan begitu saja. Apalagi masih banyak tempat wisata lain di Taiping yang juga menjadi favorit banyak pengunjung. Karena situasi yang kurang mendukung untuk liburan saat ini, kamu harus memanfaatkannya untuk merencanakan perjalanan menyenangkan agar semakin matang. Berlibur di Malaysia akan jauh lebih lancar jika kamu membuat itinerary dari sekarang. Persiapan lain yang juga harus diperhatikan adalah kemudahan melakukan transaksi. Untuk urusan transaksi dan membayar tagihan antara Malaysia dan Indonesia, serahkan pada aplikasi Qelola. Dengan Qelola, kamu tidak perlu lagi sibuk mencari ATM saat liburan. Yuk download aplikasi Qelola disini.

Tags: , , , ,