Catat! Itinerary Adalah Panduan yang Buat Liburanmu Lancar

itinerary adalah

Ternyata liburan itu bukan hanya sekedar memilih tujuan, membeli tiket pesawat, dan memesan hotel untuk menginap saja. Melainkan ada satu rahasia yang bisa membuat liburan Anda bisa jauh lebih menyenangkan. Caranya adalah dengan membuat itinerary perjalanan liburan Anda. Mengapa Anda perlu membuat itinerary? Itinerary adalah perencanaan perjalanan yang boleh dibilang sangat penting terutama bagi para wisatawan mandiri yang tidak menggunakan jasa tour. Karena itinerary akan membuat perjalanan Anda memiliki tujuan, budget, dan kegiatan yang jelas. Namun begitu, menyusun itinerary terkadang bukan hal yang mudah, terlebih jika Anda belum pernah melakukan sebelumnya. Simak tips dan trik membuat itinerary di bawah ini.

Baca juga: Simak Biaya Pengeluaran Perjalanan ke Penang Malaysia

Apa itu Itinerary?

itinerary adalah 1 - Catat! Itinerary Adalah Panduan yang Buat Liburanmu Lancar

Jadi, itinerary adalah jadwal kegiatan selama Anda liburan beserta dengan estimasi biaya yang akan dikeluarkan. Di dalam itinerary yang akan Anda buat, harus ada daftar destinasi, jadwal kegiatan per hari, tempat menginap, transportasi, hingga keperluan lainnya seperti membeli oleh-oleh. Buatlah rencana perjalanan selengkap dan sedetail mungkin. Agar liburan Anda berjalan lancar, ikuti 5 trik menyusun itinerary berikut ini.

  1. Mendata tempat “must visit”. Anda bisa membuat list seluruh tempat hiburan, hingga restoran, dan jangan sampai ada yang terlewat. Anda bisa mencarinya di peta wisata kota tersebut atau mencarinya melalui internet.
  2. Setelah mendata tempat wajib yang harus dikunjungi, maka selanjutnya adalah menentukan lama perjalanan Anda. Lama perjalanan Anda akan menentukan agenda liburan, mulai dari lokasi hingga banyaknya tempat wisata yang akan Anda kunjungi.
  3. Tahap ketiga membuat itinerary adalah membagi lokasi wisata berdasarkan kawasan atau wilayah. Hal ini berguna agar perjalanan Anda bisa lebih efektif. Jadi, Anda tidak perlu bolak-balik lokasi hanya karena tidak tahu secara pasti tempat wisata yang berada di dalam satu kawasan.
  4. Langkah selanjutnya adalah mulai menyusun destinasi dengan benar. Tentukan tempat pertama yang akan Anda kunjungi. Pastikan lokasi wisata yang akan Anda kunjungi tersebut berada dalam satu wilayah yang sama untuk menghemat waktu dan tenaga.
  5. Waktu untuk membeli oleh-oleh bisa diletakkan setelah seluruh susunan perjalanan selesai. Anda bisa menyelipkan agenda belanja oleh-oleh di sela perjalanan yang sekiranya melalui lokasi penjualan souvenir. Atau jika ingin menjadwalkan secara khusus, Anda bisa meletakkannya di satu hari khusus.

Menggunakan Website dan Aplikasi

itinerary adalah 2 - Catat! Itinerary Adalah Panduan yang Buat Liburanmu Lancar

Di era teknologi informasi seperti saat ini, banyak tersaji situs dan aplikasi yang dapat membantu Anda dalam membuat itinerary. Misalnya situs Triplt.com yang memungkinkan Anda sebagai pengguna membuat itinerary secara online dan mengirimkan secara otomatis pada Anda sendiri maupun untuk teman atau keluarga. Situs tersebut akan secara otomatis memasukkan informasi yang terkait dengan perjalanan Anda seperti peta, arah, dan cuaca ke dalam itinerary. Selain itu, ada juga Tripcase.com yang juga serupa dengan Triplt.com. Situs ini akan mengirimkan jadwal penerbangan, alat transportasi, daftar hotel, dan konfirmasi lainnya.

Sedangkan situs lain adalah TripHobo.com yang bekerja untuk mengorganisir itinerary dan membantu Anda mengumpulkan informasi. Anda hanya perlu memasukkan titik awal dan akhir perjalanan Anda. Kemudian situs tersebut akan memberikan rekomendasi bagaimana cara mencapai tempat tersebut, kegiatan apa saja yang dapat dilakukan, informasi obyek wisata seperti jam buka, harga tiket, dan estimasi waktu jika ingin mengunjungi tempat wisata tersebut.

Menetapkan Rencana Liburan Terbaik

itinerary adalah 3 - Catat! Itinerary Adalah Panduan yang Buat Liburanmu Lancar

Asyiknya liburan memang bisa ditentukan oleh susunan itinerary yang pas. Karena bisa jadi liburan Anda malah berantakan tanpa rencana yang pasti. Namun, itinerary yang Anda susun adalah rencana yang tidak mengikat secara hukum. Karena hal itu adalah sebuah konsep kasar yang dapat berubah sesuai dengan situasi dan kondisi di lapangan. Semua yang telah Anda rencanakan dengan baik juga bisa saja meleset. Anda dapat memasukkan hari bebas ke dalam itinerary Anda, untuk kemungkinan Anda menemukan hal-hal menarik selama perjalanan yang tidak diketahui sebelumnya. Terkadang, itinerary terbaik adalah yang bersifat fleksibel. Hal-hal yang dapat Anda lakukan lainnya adalah membuat rincian setiap detail perjalanan. Misalnya waktu-waktu yang Anda gunakan untuk beristirahat maupun untuk ke kamar mandi.

Yang tidak kalah pentingnya adalah persiapkan dana yang cukup untuk perjalanan liburan Anda. Rencana biaya yang matang akan memungkinkan Anda dari resiko pemborosan. Agar tidak kerepotan, sebaiknya Anda menukarkan uang Anda ke mata uang negara tujuan. Jika Malaysia adalah negara tujuan Anda, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Qelola. Dengan aplikasi ini, Anda dapat melakukan berbagai macam transaksi dengan proses yang cepat dan murah. Unduh dan install aplikasinya di Google Play atau App Store juga gratis. Lakukan pendaftaran terlebih dahulu, lalu isikan saldo dan Anda bisa mulai menggunakan fitur-fitur menariknya. Kehabisan pulsa saat sedang berlibur di Malaysia? Jangan khawatir, beli pulsa pakai Qelola aja!

Tags: , , , , , , , ,