Simak Biaya Pengeluaran Perjalanan ke Penang Malaysia

tempat oleh-oleh khas di penang

Perjalanan untuk liburan ke luar negeri memang masih jarang dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Bayangan tiket pesawat yang mahal, penginapan yang mahal membuat sebagian banyak orang masih berpikir beberapa kali untuk berlibur ke luar negeri. Padahal banyak destinasi wisata luar negeri yang favorit dan masih terjangkau biayanya. Salah satunya adalah perjalanan liburan ke Penang, Malaysia. Maka dari itu, perlu perencanaan matang terkait biaya pengeluaran ke Penang, Malaysia.

Penang merupakan salah satu negara bagian Malaysia. Negara dengan kepadatan penduduk tertinggi di Malaysia ini, memiliki kota utama yang terkenal yaitu George Town. George Town merupakan salah satu pusat pariwisata di Pulau Pinang. Banyak objek wisata dan makanan khas yang patut untuk dicoba di sana. Maka dari itu, tidak ada salahnya Anda mengetahui biaya pengeluaran ke Penang, Malaysia.

1.  Tiket Pesawat

Tiket pesawat untuk pergi ke Penang relatif murah, yaitu kurang lebih antara Rp650.000 hingga Rp1.100.000 untuk 1 orang. Namun, ketika Anda bisa merencanakan liburan ke Penang beberapa bulan sebelumnya, kemungkinana besar bisa mendapat lebih banyak diskon. Ada beberapa pengalaman yang bahkan bisa mendapat tiket langsung ke Penang Rp1.100.000 untuk 2 orang tanpa transit. Murah bukan?

Tiket pesawat menuju Penang biasanya akan menggunakan pesawat Citilink atau Air Asia. Karena tidak banyak maskapai yang menyediakan perjalanan ke Penang, sehingga saingan tidak terlalu banyak. Alhasil untuk diskon dan voucher menjadi jarang ditemukan. Meskipun begitu, Anda tetap bisa mengakalinya dengan sering update harga tiket pesawat ke Penang. Trik lainnya adalah dengan mengumpulkan banyak voucher dari berbagai aplikasi pemesanan tiket.

2.  Penginapan

penginapan malaysia - Simak Biaya Pengeluaran Perjalanan ke Penang Malaysia

Untuk penginapan di Penang yang murah Anda dapat menggunakan guest house (kamar tamu) atau resort. Guest house akan cocok bagi Anda yang pergi berlibur dengan 1 atau 2 orang teman atau anggota keluarga. Sementara resort sangat tepat bagi Anda yang berlibur bersama keluarga besar atau banyak teman. Resort di Penang bisa Anda sewa kurang lebih Rp700.000 – Rp1.500.000 tiap malamnya. Sedangkan kamar tamu yang murah untuk 2 orang hanya butuh Rp170.000 hingga Rp300.000 per malamnya. Fasilitas yang diberikan sudah cukup bagus, karena ada dapur yang digunakan bersama. Beberapa guest house memang memiliki kamar mandi bersama, namun ada juga yang kamar mandi dalam. Meskipun kamar mandi digunakan bersama penghuni lain, kebersihan tetap terjaga.

3.  Transportasi Lokal

Transportasi lokal akan sangat membantu Anda dalam menghemat anggaran biaya pengeluaran selama di Penang. Selain itu, kesempatan untuk mengenal sosial budaya Penang menjadi lebih besar. Jika penginapan Anda dekat dengan berbagai objek wisata di Penang, jalan kaki menjadi solusi murah untuk bepergian. Alternatif lainnya adalah dengan naik bus Rapid Penang yang penggunaannya hampir sama dengan busway di Jakarta. Nantinya Anda bisa turun di titik halte yang rata-rata memang ada di dekat objek wisata. Biayanya tergantung dengan jarak antar halte yang diambil. Meskipun begitu, biaya paling mahal masih termasuk sangat terjangkau. Anda akan dikenakan salah satu dari 4 tarif ini, yaitu RM1,4, RM2, RM2,4, atau paling mahal RM2,7. Anda juga bisa membeli tiket paket jika memang memiliki rencana berlibur selama 1 minggu. Biayanya hanya sebesar RM30 dan dapat digunakan sepuasnya. Ketika membayar, usahakan dengan uang pas karena banyak juga petugas yang tidak memberikan kembalian saat uang Anda lebih dari tarif sesungguhnya.

4.  Wisata Kuliner

Jika ingin mencoba jajanan Penang yang murah meriah dan beragam, Anda dapat pergi ke kawasan Love Lane atau Chulia Street. Di sepanjang jalan, Anda akan menemukan banyak sekali penjual makanan. Mulai dari makanan India, makanan cepat saji ala Barat, bahkan makanan Cina. Rata-rata harga makanan di sana RM4 – RM6 dan minumannya dari RM1,5 sampai RM2,2. Sedangkan jika Anda ingin merasakan menu restoran biasanya hanya akan menghabiskan Rp150.000 hingga Rp200.000 per orang untuk menu all you can eat.

5.  Oleh-oleh

oleh oleh penang - Simak Biaya Pengeluaran Perjalanan ke Penang Malaysia

Untuk oleh-oleh, Anda dapat membeli beberapa makanan ringan khas Penang. Salah satunya yang terkenal adalah Penang White Curry Mee, mie instan favorit di Penang. Bisa juga dengan berbagai produk milik merek Milo yang banyak direkomendasikan. Anda bisa menuju kawasan Little India atau tempat belanja lain yang bisa ditawar harganya. Anda bisa mendapat banyak oleh-oleh hanya dengan biaya RM50 hingga RM100. Terjangkau bukan?

Setelah mengetahui biaya-biaya tersebut, apakah Anda tertarik melakukan perjalanan ke Penang? Tentunya ajak orang terkasih tanpa ragu akan biaya. Ketika Anda mengetahui trik untuk mencari promo dan voucher, biaya pengeluaran ke Penang bisa semakin murah. Apalagi dengan konsep liburan backpacker yang bisa dijadikan alternatif liburan ke Penang. Selain itu, tantangan untuk menciptakan momen tak terlupakan juga menjadi lebih besar.

Semua aktivitas terkait biaya perjalanan, baik ke Penang maupun negara bagian lain di Malaysia tentu akan membutuhkan mata uang ringgit sebagai alat tukar. Untuk kemudahan Anda dalam bertransaksi selama liburan di Malaysia, Qelola menjadi salah satu aplikasi yang sesuai. Qelola adalah aplikasi pembayaran dan transfer uang antara negara Malaysia dan Indonesia. Download sekarang juga untuk mengetahui banyak manfaatnya.

Tags: , , , , ,