Hal Penting Soal Operasi Katup Jantung dan Cara Mendaftar di Malaysia

operasi katup jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu masalah yang dialami oleh banyak orang dari berbagai usia. Begitu pentingnya peran jantung bagi manusia, jalur operasi pun akan ditempuh untuk mendapatkan kesembuhan. Beberapa dekade terakhir, jenis operasi jantung yang banyak dicari adalah operasi katup jantung. Operasi ini bertujuan untuk memperbaiki atau mengganti katup jantung yang mengalami kerusakan berupa kaku atau kebocoran. Malaysia menjadi negara tetangga yang menawarkan fasilitas operasi katup jantung lengkap dan berkualitas. Sudah banyak pasien dari Indonesia yang mengakses fasilitas kesehatan, khususnya berkaitan dengan jantung. Berikut ini adalah berbagai informasi penting seputar operasi katup jantung dan cara mendaftarnya di Malaysia.

A.  Operasi Katup Jantung

1.       Teknik Operasi

Pertama, operasi katup jantung dengan memperbaiki kelainan yang terjadi atau harus diganti jika terlalu parah. Untuk memperbaikinya, ada 2 cara, yaitu menutup katup yang mengalami kebocoran dengan cincin katup jantung (annuloplasty). Atau dengan memperlebar saluran katup yang menyempit atau terlalu kaku dengan balon khusus (valvuloplasty).

Kedua, ketika katup jantung tidak lagi dapat diperbaiki, dokter akan menyarankan untuk mengganti katup jantung yang rusak tersebut. Katup pengganti juga ada 2 pilihan, yaitu berasal dari plastik atau logam yang biasa disebut dengan katup prostetik. Atau dengan katup biologis dari jaringan tubuh pendonor atau hewan.

2.       Peringatan dan Persiapan

Ada beberapa hal yang harus diwaspadai sebelum melakukan operasi katup jantung. Jika kamu pernah terdiagnosa mengalami salah satu keluhan di bawah ini, segera sampaikan kepada dokter. Baik akan menjalani operasi maupun saat konsultasi.

  • Baru saja mengalami serangan jantung.
  • Muncul gumpalan darah di jantung.
  • Mengalami kardiomiopati, hipertensi pulmonal berat pada paru-paru, lemah jantung ventrikel kiri, atau gagal ginjal stadium akhir.

Kemudian jika kamu sudah mendapat persetujuan dan pemeriksaan lanjutan untuk dilakukan operasi katup jantung, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan.

  • Biasanya pihak rumah sakit akan meminta salah satu keluarga untuk menerima penjelasan prosedur operasi dan diminta mendampingi saat masa pemulihan.
  • Melakukan tes darah untuk mengukur tingkat pembekuan darah.
  • Screening jika pasien memiliki alergi terhadap obat bius atau alat-alat yang digunakan untuk operasi. Termasuk apabila pasien memiliki alat pacu jantung di dalam tubuh.
  • Pasien akan diminta berpuasa 8 jam sebelum operasi. Termasuk puasa mengonsumsi obat tertentu dan rokok.
surgery 1822458 640 - Hal Penting Soal Operasi Katup Jantung dan Cara Mendaftar di Malaysia

Sumber : freepik.com

B.  Cara Mendaftar Pemeriksaan dan Operasi di Malaysia

Memilih rumah sakit atau dokter tujuan

Rumah sakit jantung di Malaysia memiliki kualitas yang sudah terkenal baik. Kamu  bisa mengikuti saran dokter dari Indonesia untuk memilih rumah sakit jantung yang paling sesuai. Bahkan jika perlu, mintalah rekomendasi dokter terbaik. Bisa juga menggunakan rekomendasi dan testimoni langsung dari teman atau kerabat yang pernah berobat ke rumah sakit tersebut.

Perhatikan jadwal praktek dokter dan buat janji

Setelah itu, kamu harus segera membuat janji bertemu dengan dokter tersebut. Tanyakan terlebih dahulu jadwal dokter selama beberapa minggu ke depan karena bisa jadi beliau dalam masa cuti atau sudah full book dengan pasien lain. Biasanya pihak rumah sakit akan meminta rekam medis atau hasil pemeriksaan sebelumnya dari pasien.

Menyewa layanan penjemputan di bandara

Hampir semua rumah sakit di Malaysia memiliki pelayanan yang sangat bermanfaat, yaitu penjemputan pasien dari bandara atau hotel tempat kamu menginap. Jadi, tidak perlu lagi bingung mencari transportasi atau ambulance yang harus disewa. Kamu harus booking terlebih dahulu minimal 3 hari sebelum keberangkatan. Maka kamu tidak akan dikenakan tarif tambahan alias gratis.

Jangan lupa untuk menyewa hotel sekitar rumah sakit dan memesan tiket pesawat

Setelah janji bertemu dokter dan tanggal keberangkatan ke rumah sakit tujuan ditentukan, selanjutnya adalah menyewa hotel di sekitar rumah sakit. Begitu juga dengan tiket pesawat.

Catatan tambahan bagi kamu yang membutuhkan operasi katup jantung mendesak atau harus dilakukan selama masa pandemi ini, ada beberapa protokol yang harus kamu patuhi. Berobat ke Malaysia saat masa pandemi membutuhkan syarat yang lebih detail dan hanya diperbolehkan bagi kasus yang darurat, termasuk operasi katup jantung.

Operasi katup jantung memang terdengar menakutkan. Namun setelah mengetahui banyak informasi di atas, kami berharap tidak ada yang perlu ditakutkan oleh pasien. Fasilitas kesehatan di Malaysia akan memberikan pelayanan yang terbaik. Sekarang tinggal rumah sakit mana di sana yang akan kamu pilih. Malaysia memiliki beberapa rumah sakit jantung yang sudah terkenal.

Saat melakukan pengobatan dan operasi katup jantung di Malaysia, kamu harus mempersiapkan segalanya. Salah satu hal yang penting adalah urusan transaksi uang antara Malaysia dan Indonesia. Untuk mendapatkan kemudahan ini, gunakan aplikasi Qelola. Bahkan kamu juga bisa menikmati fitur e-wallet selama ada di sana. Dapatkan aplikasi Qelola dengan mengikuti tautan ini.

Tags: , , , , ,