7 Manfaat Hidup Sehat Saat Pandemi yang Bisa Dimiliki

pola hidup sehat

Pola hidup sehat adalah salah satu kewajiban kita untuk mengurangi risiko terjangkit berbagai penyakit. Terlebih lagi ketika masa pandemi yang risiko tertular Covid-19 lebih tinggi. Daya tahan tubuh akan cenderung lebih lemah dan virus berkembang lebih cepat jika kita tidak menjaga kesehatan dari sekarang. Oleh karena itu, memiliki kebiasaan baik dan sehat harus dibiasakan meskipun dari hal-hal kecil. Sayangnya, masih banyak orang yang merasa pola hidup sehat itu repot. Padahal tidak sama sekali jika kita mengetahui tipsnya. Berikuti ini adalah 7 manfaat hidup sehat yang akan memotivasi kamu untuk memiliki kebiasaan yang sehat pula.

1.   Mencegah Terserang Penyakit

Tentu saja hal pertama yang akan kamu dapatkan ketika menjalani hidup sehat adalah terhindarnya tubuh kamu dari banyak penyakit. Tidak hanya penyakit COVID-19, kamu juga akan mengurangi bahkan menghilangkan risiko penyakit kronis akibat kebiasaan hidup yang buruk. Tubuh akan memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga tidak mudah terserang penyakit ringan seperti flu, batuk, dan sebagainya.  Bahkan ketika memang terinfeksi COVID-19, gejala yang dialami tidak akan terlalu parah dan dapat pulih lebih cepat.

2.   Meningkatkan Imun Tubuh

Sistem imun manusia memiliki fungsi yang besar dan salah satunya adalah mencegah kamu terserang virus dan bakteri dari luar. Cara kerja imunitas atau daya tahan tubuh sangat bergantung pada cara kamu menjaga gaya hidup sehat. Semakin sehat tubuh kamu, semakin baik pula imunitas mencegah penyakit dari luar. Dengan kata lain, hidup sehat adalah cara kamu menghindari bahaya penyakit menular, salah satunya saat masa pandemi COVID-19 seperti ini.

3.   Lebih Fokus dan Produktif

Tubuh yang sehat akan meningkatkan produktivitas kamu. Karena otak akan memiliki asupan oksigen yang cukup dan berkualitas sehingga konsentrasi dan fokus akan lebih lama. Badan yang sehat juga akan membantu kamu menyelesaikan semua tugas dengan baik. Artinya, kamu juga akan lebih profesional di tempat kerja. Akan lebih banyak mimpi yang bisa kamu raih sekaligus melakukan hal-hal menyenangkan.

4.   Berat Badan Tidak Berlebih

Hidup sehat dengan menjaga pola makan seimbang akan membuat kamu memiliki berat badan yang terkontrol. Tidak perlu ideal karena setiap orang memiliki standar berat badannya masing-masing. Berat badan berlebih sering menjadi gerbang awal berbagai penyakit datang. Mayoritas penyakit yang menyerang orang obesitas adalah penyakit kronis. Jadi, selama kamu bisa menjaga berat badan tidak berlebih, kamu akan terhindar dari banyak penyakit.

5.   Energi dan Stamina Fit

Tubuh yang sehat memungkinkan kamu melakukan banyak kegiatan. Tidak hanya kegiatan profesional, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain diluar itu semua. Energi dan stamina kamu akan tetap fit meskipun faktor eksternal sedang kurang mendukung. Dengan adanya masa pandemi saat ini, kamu mungkin terbatas menjalani aktivitas fisik. Namun, hal itu tidak akan mencegah kamu memiliki kegiatan lain yang tak kalah seru.

6.   Menjauhkan Diri dari Gangguan Kesehatan Mental

meditasi - 7 Manfaat Hidup Sehat Saat Pandemi yang Bisa Dimiliki

Sumber : pexels.com

Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Tentu kamu akan setuju dengan hal ini, bukan? Ketika kamu menjalani hidup sehat, secara berkesinambungan kamu akan memiliki lebih banyak pikiran positif. Dengan begitu, kamu juga akan menjauhkan diri dari gangguan kesehatan mental. Terutama saat masa pandemi seperti ini, semakin banyak pemberitaan negatif yang bisa ditemui dari media informasi manapun. Jadi, salah satu cara membentengi diri dari pengaruh hal negatif tersebut adalah memiliki mental yang sehat melalui tubuh dan hidup yang sehat.

7.   BONUS : Menghemat Biaya Rumah Sakit

Tentu kita semua sudah sadar bahwa sakit membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Baik itu biaya obat maupun biaya rumah sakit. Apalagi jika terinfeksi COVID-19, ada kemungkinan pasien akan membutuhkan bantuan alat pernapasan yang biayanya cukup tinggi. Meskipun ada dana untuk hal tersebut, tentu akan jauh lebih hemat jika menggunakannya untuk menjaga tubuh tetap sehat. Pola hidup sehat juga tidak selalu mahal jika kita tau triknya.

Tidak perlu susah-susah memulai karena banyak cara sederhana sebagai tahapan awal memiliki gaya hidup sehat. Misalnya, perbanyak minum air putih, melakukan aktivitas fisik ringan secara rutin, asupan makanan terpenuhi, dan sebagainya. Dengan memulai kebiasaan sehat secara bertahap, kamu akan mendapatkan pola hidup sehat yang terus meningkat. Pola hidup sehat tidak akan merepotkan jika dimulai dari sekarang dan secara perlahan. Dimulai dari menjaga kesehatan diri sendiri saat pandemi, kamu secara tidak langsung akan menghindarkan penyakit ini dari kamu, keluarga, dan orang-orang terkasih.

Jangan sampai kamu sadar bahwa hidup sehat itu penting setelah kamu mengalami sakit. Jadikan masa pandemi sebagai titik balik kesehatan tubuh kamu. Untuk mendukung kegiatan kamu selama masa pandemi yang terbatas, gunakan aplikasi Qelola. Kamu dapat melakukan transaksi keuangan dengan mudah antara Malaysia dan Indonesia tanpa harus keluar rumah. Dapatkan aplikasi Qelola dengan mengikuti tautan berikut ini.

Tags: , , , ,