Ini Makanan Khas Penang yang Wajib Dicoba, Dijamin Bikin Nagih

laksa Penang

Malaysia merupakan salah negara tujuan wisata. Salah satu ikon terkenal di Malaysia adalah Menara Petronas. Kalau sudah sampai Malaysia jangan sampai tidak mencicipi makanan khas Penang. Salah satu kota destinasi wisata di Malaysia adalah kota Penang Malaysia.

Kota Penang terkenal dengan kota yang memiliki banyak bangunan dengan arsitektur kuno dan bersejarah. Ketika berkunjung ke kota Penang, kamu juga akan dimajakan dengan keindahan arsitektur kuno yang dipadu dengan bangunan modern khas Melayu. Tak hanya memiliki arsitektur yang kuno, Kota Penang juga terkenal akan kulinernya.

Malaysia juga negara tujuan untuk menimba ilmu, serta negara tujuan Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Selagi berada di Malaysia alangkah baiknya mencicipi makanan khas Penang. Berikut rekomendasi makanan khas Penang yang wajib dicoba:

1. Nasi Ulam

Inilah hidangan khas Melayu yang dapat dicicipi saat berada di Malaysia. Nasi ulam ini terdiri dari nasi yang ditambah irisan bawang, daun kaduk, daun jambu muda, daun pegagan atau kadang diganti daun kembangi, kemudian ada rempah-rempah. Hidangan khas Kota Penang ini juga disertai lauk pauk.

2. Pulut Tai Tai

Makanan yang satu ini terbuat dari beras ketan. Pulut Tai Tai atau Pulut Tatai ini rasanya manis. Warna biru pada sebagian beras ketan dicampur dengan perwarna alami biru dari bunga telang atau bunga kupu-kupu. Pulut Tai Tai termasuk jajan tradisional dan mudah ditemukan di daerah Gurney Drive dan George Town.

3. Nasi Kandar

Nasi Kandar merupakan masakan asli India tetapi banyak pula orang India yang bermigrasi ke Malaysia. Hidangan ini tentu saja mirip dengan kuliner India. Nasi disiram dengan kuah kari yang dibuat dari bumbu rempah. Masakan khas Penang ini juga dilengkapi dengan lauk pauk seperti ikan, sotong, udang goreng, ayam, daging sapi atau telur. Nasi Kandar juga dilengkapi dengan olahan pare, okra, dan terong.

4. Asam Laksa

Makanan ini adalah perpaduan mi kuning dengan topping udang atau ikan yang disajikan dengan campuran kuah rasa asam pedas. Kuahnya kental tetapi tidak menggunakan santan.

asam laksa 700x525 - Ini Makanan Khas Penang yang Wajib Dicoba, Dijamin Bikin Nagih

Sumber: Pixabay/ Melvin Chia

4. Lok Lok

Masakan ini termasuk street food yang terkenal di Kota Penang. Ada banyak penjual makanan yang pakai gerobak menjajakan makanan tusuk semacam sate. Kamu dapat memilih aneka macam tusukan Lok Lok, lalu nantinya akan dimasukan ke dalam steamboat untuk dimasak. Angkat kalau sudah matang dan dinikmati dengan saus.

5. Onde-onde Penang

Makanan ini tidak beda jauh dengan jajanan tradisional Indonesia, yakni klepon. Rasa dan bentuknya sama persis dengan klepon yang ada di Indonesia. Tak ada salahnya mencoba buatan Malaysia.

6. Es Kacang

Kurang lengkap rasanya kalau wisata kuliner tapi belum menikmati yang segar-segar. Ada es kacang khas Penang yang disarankan saat berada di Penang. Bahan segar dicampur dalam mangkok kemudian ditambah dengan root beer.

7. Es Cendol

Selain es kacang ada juga es cendol yang wajib dicicipi saat jalan-jalan di Penang. Sebenarnya es cendol ini terbuat dari bahan-bahan yang tak jauh berbeda dengan es cendol di Indonesia. Coba saja untuk membandingkan bagaimana rasanya.

8. Chi Cong Fun

Masakan khas Penang berikutnya adalah Chi Cong Fun. Kuliner ini sebenarnya hidangan khas Katon yang berasal dari Cina Selatan. Chi Cong Fun camilan yang bentuknya berupa gulungan tipis, terbuat dari strip macam fen shake (bihun) yang diiris kecil-kecil.

9. Char Kway Teow

Kamu wajib mencicipi makanan khas Penang, yakni Char Kway Teow. Sebenarnya makanan seperti kwetiaw goreng. Ketika kamu berada di Kota Penang, makanan ini mudah dijumpai di penjual makanan Chinese food. Kekhasan masakan ini, kwetiaw akan digoreng pada kuali panas dan minyak sehingga tercipta aroma yang khas. Kwetiaw goreng ini juga ditambah dengan udang, telur, kerang, taoge, bawang putih. Namun, kamu harus berhati-hati karena beberapa penjual kwetiaw ada menambahkan irisan daging babi. Kalau mau mencicipi hidangan khas Malaysia ini kamu perlu memperhatikan dahulu label halalnya.

hidangan penang 700x1054 - Ini Makanan Khas Penang yang Wajib Dicoba, Dijamin Bikin Nagih

Sumber: Pixabay/poh li ai

10. Murtabah

Sebenarnya makanan ini adalah martabak asin tetapi di Penang lebih dikenal dengan sebutan murtabah. Rasakan kenikmatan murtabah khas Penang yang tentunya diolah dengan bumbu khas.

11. Ban Chang Kuih

Kali ini ada camilan manis yang mirip martabak mini. Penyuka martabak manis wajib mencobanya. Kekhasan martabak manis ini karena ada kulit Ban Chang Kuih yang renyah dan rasa manis pada bagian isinya.

12. Char Koay Kak

Makanan ini sekilas seperti kwetiau goreng yang biasa kita makan. Ternyata bahannya berbeda karena hidangan ini terbuat dari campuran Tauge dan telor serta beberapa rempah khas Malaysia. Char Koay Kak adalah salah satu makanan populer di Malaysia yang patut dicicipi.

Itulah beberapa makanan khas Penang yang wajib dicicip dan masih ada banyak pilihan kuliner lainnya. Nah, untuk mempermudah proses pembayaran saat wisata kuliner di Malaysia, kamu dapat menggunakan aplikasi Qelola. Unduh aplikasi Qelola lewat Play Store dan nikmati kemudahan transaksi dari handphone saja. Keuntungan memakai aplikasi Qelola lainnya dapat digunakan untuk transfer uang dari Malaysia ke Indonesia.

Tags: , , , , , , ,