Inilah Deretan Tempat Menarik di Muar yang Bikin Penasaran

tempat menarik di muar

Muar, merupakan salah satu kabupaten di negara bagian Johor Darul Takzim (JDT) yang kaya akan keunikan tersendiri. Setelah dinyatakan sebagai Kota Kerajaan pada tahun 2012 lalu, Muar masih menyimpan sejarah berharga yang layak untuk ditinjau kembali. Juga dikenal sebagai Bandar Maharani, kota bersejarah ini memiliki wisata alam dan tempat menarik di Muar yang istimewa. Apalagi jika kamu pecinta makanan, Muar menyajikan makanan lokal yang lezat untuk sarapan hingga makan malam.

Jika kamu masih ragu untuk mengunjungi Muar, berikut ini ada 5 tempat menarik di Muar yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga dan sahabat.

qelola 9 3 - Inilah Deretan Tempat Menarik di Muar yang Bikin Penasaran

1. Menara Jam Muar

Pertama, kamu bisa mengunjungi Jam Gadang Muar, yaitu menara yang dibangun berdasarkan arsitektur Inggris kuno. Ada ruang terbuka hijau di sekitar, sehingga kamu dapat menikmati suasana nyaman di pusat Muar sambil menikmati pemandangan air mancur dan berbaur dengan penduduk setempat. Di area sekitar, kamu juga akan melihat sejarah peninggalan kolonial melalui arsitektur toko yang unik dan khas.

Lokasi: Jalan Yahya, Pekan Muar, 84000 Muar

2. Masjid Sultan Ibrahim

Di kota Muar ada beberapa lokasi yang menyediakan atraksi arsitektur khusus. Di antaranya adalah Masjid Sultan Ibrahim letaknya berada di dekat muara Sungai Muar. Masjid tertua di Muar ini pertama kali dibangun pada tahun 1890-an. Kemudian pada tahun 1930, sebuah bangunan masjid baru selesai dibangun untuk menggantikan bangunan lama. Desain masjid yang memadukan unsur Barat dan Timur Tengah menjadikan masjid ini sangat unik dan indah tepatnya. Sekadar informasi, masjid ini juga bisa dilihat saat kamu berlayar dengan perahu di Sungai Muar.

Lokasi: Jalan Petri, Taman Sri Tanjung, 84000 Muar

3. Gunung Ledang

Bagi penggemar kegiatan outdoor seperti camping atau mendaki gunung, kamu bisa menuju ke Gunung Ledang. Gunung yang terkenal dengan kisah mistis Puteri Gunung Ledang ini akan memberikan pengalaman aktivitas luar ruangan yang sangat menarik dan berbeda dari gunung lain di Malaysia. Pada ketinggian 1.276 mdpl, pendakian biasanya memakan waktu 4 sampai dengan 6 jam. Selain aktivitas pendakian, kamu juga bisa datang ke sini dan menikmati air terjun di kaki Gunung Ledang. Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain seperti camping, jungle trekking, dan lain-lain.

4. Jembatan Sultan Ismail

Kalau kamu masih berada di kota Muar, jangan lewatkan untuk mengunjungi tempat menarik di muar yang satu ini. Yaitu Jembatan Sultan Ismail. Jembatan yang menghubungkan Tanjung Agas dan Bandar Maharani Muar ini pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1967 silam. Diresmikan oleh mendiang Sultan Sir Ismail Al-Khalidi ibni mendiang Sultan Sir Ibrahim Al-Masyhur, jembatan ini menjadi pusat perhatian warga setempat untuk memancing. Bagi pengunjung, kamu bisa menyewa sepeda jika menginap di sekitar kota dan mengayuh melalui jembatan ini untuk menghirup udara segar di kota Muar.

Kalau kamu adalah salah satu penggemar sejarah panjang Malaya, kamu dapat mengunjungi kantor polisi Bukit Kepong. Situs kantor polisi yang sekarang dijadikan sebagai museum ini terkenal dengan peristiwa sejarah yang terjadi pada tanggal 23 Februari 1950 di mana pada saat itu terjadi pertempuran berdarah antara teroris komunis dengan polisi setempat yang dibantu oleh warga sekitar. Peristiwa bersejarah ini diabadikan sebagai museum bagi generasi muda untuk menghargai pengorbanan para leluhur. Dan pada tanggal 23 Februari 2017 lalu, DYMM Sultan Ibrahim Ibni Al-Marhum Sultan Iskandar meresmikan Galeri Darurat Bukit Kepong.

5. Pantai Leka

Masih di sekitar pedesaan Muar, tempat menarik di Muar selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Leka yang terletak di Parit Jawa. Pantai yang memiliki perkampungan nelayan ini menjanjikan pemandangan yang sangat indah, apalagi saat matahari terbenam. Pantai Leka juga merupakan suaka burung tempat burung bermigrasi. Surga bagi mereka yang suka berfoto, Pantai Leka menjanjikan pemandangan desa nelayan dengan latar belakang matahari terbenam, ditambah spesies burung unik yang bisa dijadikan koleksi yang sangat berharga. Selain itu, ada juga kawasan hutan mangrove yang kaya akan satwa liar. Dan jika kamu lapar setelah lelah berjalan seharian, kamu bisa menikmati hidangan asam pedas di food court sambil menikmati angin laut dan pemandangan Selat Malaka.

Lokasi: Jalan Jabbar, 84150 Parit Jawa

Baca juga: 4 Destinasi Wisata Unggulan di Kota Belud, Sabah Malaysia

Sebelum jadwal penerbanganmu ke Malaysia tiba, sebaiknya kamu download aplikasi Qelola di Google Play Store. Jika aplikasinya sudah berhasil terpasang, langsung daftarkan diri. Setelah terdaftar dan terverifikasi, maka kamu sudah bisa menggunakan berbagai macam fitur yang ada begitu sampai di Malaysia. Dijamin, aplikasi Qelola ini akan memudahkan segala urusan transaksimu selama berada di Malaysia. Mulai dari bayar tagihan listrik, PDAM, beli pulsa dan paket data internet, dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Tags: , , , , ,