4 Destinasi Wisata Unggulan di Kota Belud, Sabah Malaysia

bentuk pemerintahan Malaysia

Traveling ke Malaysia jadi ide liburan menarik yang bisa kamu coba bersama keluarga. Selama ini Malaysia hanya dikenal dari kemegahan ibu kotanya yaitu Kuala Lumpur yang terletak di wilayah Malaysia Barat. Padahal ada banyak kota wisata menarik lainnya yang dimiliki negeri Jiran tersebut. Seperti yang kamu ketahui bahwa Malaysia dibagi menjadi dua wilayah yaitu Semenanjung Malaysia atau yang juga disebut Malaysia Barat dan Malaysia Timur.

Bertandang ke Malaysia Barat untuk menghabiskan hari libur sudah jadi hal yang umum bagi sebagian pelancong. Oleh karena itu, saatnya kamu mencoba berwisata ke wilayah Malaysia Timur. Walaupun masih terdengar kurang familier, Namun Malaysia Timur juga punya segudang objek wisata menarik yang bisa kamu eksplor. Salah satunya adalah kota Belud yang ada di Sabah Malaysia. Jika kamu ada rencana untuk bepergian ke kota ini, ketahui berbagai spot wisata menarik yang ditawarkan oleh Kota Belud berikut ini.

Profil Singkat Kota Belud

Wilayah Malaysia Timur juga punya banyak tempat wisata menarik yang tak kalah indahnya dengan berbagai kota yang ada di Malaysia Barat. Wilayah yang terletak di pulau Borneo ini menawarkan berbagai objek wisata keren yang bisa kamu eksplor kapan saja. Salah satu rekomendasi kawasan wisata untuk berlibur di Malaysia Timur adalah Kota Belud.

Kota Belud terletak di Divisi Pesisir Barat, tepatnya ada di tengah Sabah dan sebelah timur Malaysia. Kota ini membentang di perlintasan utama yang menghubungkan Kota Kinabalu dan Kudat. Tercatat pada tahun 2010, penduduk di Kota Belud mencapai 91.272 jiwa.

Jika kamu ingin punya pengalaman liburan seru yang berbeda, cobalah untuk menjelajahi Kota Belud. Kira-kira objek wisata apa saja yang dimiliki kota ini? Informasinya bisa kamu baca di bawah ini.

Spot Wisata Menarik di Kota Belud

Kota Belud mungkin masih terdengar asing di kalangan wisatawan mancanegara. Namun bagi wisatawan domestik, kota ini jadi salah satu tujuan favorit untuk melepas penat saat weekend atau hari libur lainnya. Jika kamu sedang menyusun rencana perjalanan ke Malaysia Timur, jangan lupa untuk mampir ke Sabah dan eksplor berbagai objek wisata menarik di Kota Belud berikut ini.

  • Taman Nasional  Kinabalu

Kota Kinabalu travel blog — The fullest Kota Kinabalu travel guide blog for a great trip for the first timers Page 2 of 2 Living Nomads – Travel tips Guides News Information 700x432 - 4 Destinasi Wisata Unggulan di Kota Belud, Sabah Malaysia

Sumber: pinterest

Taman Nasional Kinabalu adalah salah satu tempat wisata yang bisa kamu jelajahi saat berada di Kota Belud. Tempat ini tepatnya ada di pantai Barat Sabah dan dekat dengan gunung Kinabalu. Luas taman ini mencapai 754 kilometer persegi dan mengelilingi kawasan gunung tertinggi di Malaysia yaitu Gunung Kinabalu. Hebatnya, Taman Nasional Kinabalu dinobatkan sebagai situs warisan dunia pertama yang ada di Malaysia. Selain menikmati kemegahan Pegunungan Kinabalu, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas outdoor saat berkunjung ke taman nasional ini.

  • Gunung Kinabalu

Mount Kinabalu - 4 Destinasi Wisata Unggulan di Kota Belud, Sabah Malaysia

Sumber: pinterest

Pegunungan Kinabalu adalah tempat yang sempurna bagi kamu yang mendambakan petualangan alam yang seru dan menantang. Gunung yang memiliki tinggi mencapai 4.095 mdpl ini adalah yang tertinggi di Malaysia. Bahkan, Gunung ini juga menduduki peringkat 5 sebagai gunung tertinggi yang ada di Asia Tenggara.

Terdapat 4 kawasan di dalam objek wisata gunung tersebut yaitu Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Menurut desas desus yang beredar, gunung ini punya cerita misteri karena dipercaya sebagai tempat bertapa para arwah masyarakat Kadazan Sabah saat meninggal nanti. Walaupun menyimpan cerita mistis, nyatanya Pegunungan Kinabalu menjadi lambang kebesaran oleh penduduk yang ada di Sabah.

Baca juga: Deretan Gunung Tertinggi di Malaysia yang Wajib Dikunjungi

  • Desa Cattle Dairy Farm

Desa Cattle Dairy Farm Sabah Malaysian Borneo - 4 Destinasi Wisata Unggulan di Kota Belud, Sabah Malaysia

Sumber: pinterest

Jika kamu datang bersama keluarga atau putra putri tercinta, Desa Cattle Dairy Farm wajib masuk ke dalam daftar objek wisata yang harus dikunjungi di Kota Belud. Desa wisata ini terletak di kaki gunung dengan ketinggian 1515 mdpl. Kawasan wisata dengan latar belakang Pegunungan Kinabalu ini menawarkan suasana sejuk khas pegunungan.

Selain menikmati pemandangan alamnya yang indah, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain di peternakan sapi yang ada di dalamnya. Disini kamu bisa memberi makan sapi, melihat pemerahan susu sapi, atau antre membeli berbagai olahan susu yang dihasilkan dari sapi-sapi di desa wisata tersebut.

Harga tiket masuk ke objek wisata ini adalah 5 RM untuk dewasa dan 4 RM untuk anak-anak. Desa Cattle Dairy Farm buka setiap hari dari pukul 8 pagi hingga 5 sore. Jika kamu ingin memberi makan dan minum sapi, cukup membayar 1,5 RM untuk sebotol susu dan 1 RM untuk seikat rumput. Berbagai olahan susu seperti es krim, susu kemasan, dan pancake yang dijual disana bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk orang-orang tercinta.

  • Mantanani Island

About Mantanani Island - 4 Destinasi Wisata Unggulan di Kota Belud, Sabah Malaysia

Sumber: pinterest

Mantanani island adalah alternatif objek wisata menarik lainnya yang bisa kamu eksplor saat mampir di Kota Belud. Jika ketiga objek wisata di atas mengajak kamu untuk berpetualangan di dataran tinggi, Mantanani Island akan membawamu untuk berpetualangan ke alam bawah laut. Jika kamu berminat untuk jalan-jalan ke pulau ini kamu bisa berangkat dari dermaga Kg Kuala Abai di Kota Belud.

Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan mengendarai speed boat selama 30 menit. Sesampainya disana, bersiaplah untuk menyelami keindahan alam bawah lautnya yang penuh dengan berbagai satwa liar dan terumbu karang yang indah. Bahkan, tempat ini juga disebut-sebut sebagai salah satu tempat scuba diving terbaik di dunia.

Baca juga: Liburan ke Sabah Malaysia? Jelajahi 7 Destinasi Wisata Ini

Sudah tidak sabar untuk berpetualang dan menyusuri tempat-tempat indah di Kota Belud? Segera rencanakan perjalananmu dan siapkan budget terbaik agar bisa menghabiskan waktu liburan sepuasnya. Nah, selain membuat rencana perjalanan wisata, kamu juga harus pintar-pintar dalam mengatur perencanaan keuangan. Bagi kamu yang ada di Malaysia jangan lupa untuk menginstal aplikasi Qelola ya!

Aplikasi Qelola adalah aplikasi keuangan online yang akan memberimu kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi. Mulai dari kirim uang dari Malaysia ke Indonesia, bayar berbagai tagihan seperti listrik, air, BPJS, dan TV kabel, juga beli pulsa dan kuota internet. Semua itu bisa kamu lakukan langsung dari hp secara online lho! Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Qelola dan rasakan manfaatnya sekarang juga!

 

Tags: , , , , , , ,