Deretan Gunung Tertinggi di Malaysia yang Wajib Dikunjungi

Gunung Tertinggi Di Malaysia

Berkunjung ke Malaysia, tentu hal pertama yang Anda pikirkan adalah meriahnya Kuala Lumpur yang selalu menjadi tujuan wisata nomor satu. Padahal, wisata Malaysia tidak melulu soal kota dan hiruk pikuknya. Anda bisa saja berkunjung ke beberapa gunung tertinggi di Malaysia yang menawarkan pemandangan yang tidak akan Anda lupakan. Tentu saja, lengkap dengan hawa dingin dan udara segarnya.

Berwisata mendaki gunung memang tidak menjadi agenda semua orang. Padahal wisata seperti ini dapat membuat Anda semakin sehat secara mental dan fisik karena dapat memberikan asupan ‘ketenangan’ dan gerakan tubuh yang aktif. Well, memang perlu usaha yang besar. Ketika sampai di bagian puncak, atau setidaknya di bagian yang sudah cukup tinggi, semua rasa lelah seperti instan akan terbayar.

Nah, jika Anda ingin mencoba wisata mendaki gunung tertinggi di Malaysia, Anda bisa melihat daftar berikut ini. Siapa tahu ada yang menarik perhatian Anda dan ingin segera dikunjungi.

4.095 Meter di Atas Permukaan Laut, Kinabalu

Untitled design315 - Deretan Gunung Tertinggi di Malaysia yang Wajib Dikunjungi

Menjadi salah satu gunung tertinggi di Malaysia, Gunung Kinabalu menawarkan pemandangan dan hawa segar yang sangat khas pegunungan. Gunung Kinabalu, selain populer sebagai gunung tertinggi di Malaysia, ternyata juga mencatatkan namanya di urutan ketiga gunung tertinggi di kawasan Asia.

Terletak di kawasan Sabah, objek ini dianggap oleh warga sekitar sebagai simbol kebesaran. Dan cerita apa yang sekiranya menyertai gunung dengan ukuran sangat masif seperti ini? Tentu adalah cerita mistis dan legenda warga sekitar. Gunung Kinabalu dipercaya sebagai tempat bersemanyamnya jiwa-jiwa dari warga Sabah yang sudah meninggal dunia.

Urutan Kedua Gunung Tertinggi di Malaysia

Pada urutan kedua jika dilihat dari ketinggiannya, ditempati oleh Gunung Trusmadi. Terdengar seperti nama di Indonesia ya?

Gunung ini letaknya tidak terlalu jauh dari gunung Kinabalu. Meski demikian, jika Gunung Kinabalu memiliki ketinggian 4.095 meter di atas permukaan laut, Gunung Trusmadi memiliki ketinggian 2.642 meter di atas permukaan laut. Terpaut agak jauh memang, namun pemandangan yang ditawarkan gunung ini juga memiliki nilai unik dan khas.

Ketika mendaki Gunung Trusmadi, Anda bisa menikmati hamparan hutan hijau yang sangat menyegarkan pemandangan Anda. Untuk orang kota yang biasa melihat ‘hutan’ beton, pemandangan ini akan menjadi asupan kesegaran yang tidak terbantahkan. Disamping itu, Anda juga berkesempatan bertemu dengan berbagai satwa yang ada di hutan tersebut.

Gunung Tambuyukon

Untitled design316 - Deretan Gunung Tertinggi di Malaysia yang Wajib Dikunjungi

Untuk melengkapi deretan gunung di daerah Sabah, masih ada satu gunung lagi yang juga cukup tinggi. Gunung ini adalah Gunung Tambuyukon. Terletak di atas Pegunungan Crocer, yang juga menjadi dataran tinggi Sabah, ketinggian gunung ini mencapai 2.579 meter di atas permukaan laut. Cukup menantang bukan?

Pemandangan utama yang bisa Anda dapatkan dari puncak Gunung Tambuyukon adalah dua gunung sebelumnya, yakni Gunung Trusmadi dan Gunung Kinabalu. Ya, melihat dua gunung tertinggi di Malaysia ini berdiri berdampingan akan jadi satu pengalaman yang memiliki nilai keunikan tersendiri. Gunung Tambuyukon juga masuk dalam satu area taman wisata pegunungan yang disebut dengan Kinabalu Park.

Gunung Murud di Serawak

Bergeser ke daerah Serawak, Anda bisa menemukan satu gunung lagi di sini, yakni Gunung Murud atau juga biasa disebut Gunung Muru. Dengan ketinggian sekitar 2.423 meter di atas permukaan laut, landscape yang ditawarkan adalah pemandangan alam dengan hamparan hijau di bawahnya.

Keunikan dari gunung ini adalah bahwa Anda bisa menemukan banyak tumbuhan buah yang bisa dimakan. Jadi, Anda bisa tetap mendapatkan tenaga dari buah yang tersedia di jalur pendakian. Selain itu gunung ini juga terkenal dengan keberadaan Batu Lawi yang tidak ditemukan di area gunung lain. Jadi, berminat mendatangi Gunung Muru dalam waktu dekat?

Bebatuan Gunung Mulu yang Cantik

Untitled design317 - Deretan Gunung Tertinggi di Malaysia yang Wajib Dikunjungi

Selanjutnya, masih di Serawak, Anda bisa menemukan pemandangan batu yang menjulang tinggi di Gunung Mulu. Dengan ketinggian mencapai 2.376 meter di atas permukaan laut, Anda akan merasakan udara yang segar serta pemandangan yang sangat unik ketika sampai di bagian puncaknya.

Tercatat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, gunung ini memiliki banyak gua bersejarah yang beberapa di antaranya bisa disusuri untuk mendapatkan pengalaman baru. Tentu, melihat setiap keunikannya, salah satu gunung tertinggi di Malaysia ini harus masuk dalam itinerary yang Anda buat ketika berkunjung ke Malaysia.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Terbaik di Johor Malaysia 

Itu tadi beberapa rekomendasi gunung tertinggi di Malaysia yang bisa Anda kunjungi dan taklukkan. Satu hal yang sangat mengganggu ketika Anda berwisata tentu adalah jatuh tempo tagihan rutin seperti listrik, atau PDAM, atau BPJS. Nah, untuk memaksimalkan waktu liburan Anda tanpa harus terganggu dengan hal ini, Anda bisa menggunakan layanan Qelola. Layanan remitansi yang satu ini selain dapat membantu Anda mengirimkan uang dari Malaysia ke Indonesia, juga dapat membantu pembayaran tagihan tersebut secara langsung ke dinas terkait. Segera unduh aplikasinya di sini, dan selamat berlibur!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,