Rekomendasi 7 Pulau di Johor Untuk Snorkeling

snorkeling - Rekomendasi 7 Pulau di Johor Untuk Snorkeling

Malaysia sangat beruntung karena posisi geografisnya yang dikelilingi oleh laut. Pulau-pulau di Malaysia juga masih terjaga dan terpelihara dengan baik. Sebagian besar pulau-pulau yang ada merupakan habitat biota laut dan dipenuhi dengan terumbu karang. Keistimewaan ini membuat Malaysia menjadi surga bagi penyuka snorkeling. Berikut adalah 15 pulau di Johor Semenanjung Malaysia khusus untuk Anda penyuka snorkeling di luar sana!

  1. Pulau Rawa, Johor

pantai johor 700x466 - Rekomendasi 7 Pulau di Johor Untuk Snorkeling

sumber : unsplash

Pulau Rawa terletak di sebelah timur Johor Bahru. Ini adalah pulau kecil yang terletak di dalam Taman Laut Sultan Iskandar. Pulau Rawa sangat menarik untuk dikunjungi karena dasar pantainya yang dipenuhi dengan terumbu karang, terutama di sisi barat pulau. Dasar laut Pulau Rawa sebagian besar berpasir, diselingi bebatuan dan gugusan karang yang dijaga. Bagi yang menyukai kegiatan snorkeling, Anda dapat melihat berbagai jenis spesies ikan seperti ikan kelinci, wrasse, damselfish, dan triggerfish. Peralatan snorkeling juga disediakan gratis di sini.

  1. Pulau Aur

Terletak di distrik Mersing, Pulau Aur meliputi area seluas 76 kilometer dan merupakan bagian dari Taman Laut Sultan Iskandar (Johor Marine Park). Pulau Aur adalah pulau terjauh dari daratan – sekitar 70km. Perjalanan dari Dermaga Mersing ke pulau bisa memakan waktu 3-4 jam. Tiket dapat dibeli di tempat atau dipesan di situs web. Bagian dari pulau di Johor yang satu ini sangat sayang jika dilewatkan.

  1. Pulau Harimau, Johor

pantai 2 700x393 - Rekomendasi 7 Pulau di Johor Untuk Snorkeling

sumber : unsplash

Jauh dari hiruk pikuk kota, ketenangan Pulau Harimau adalah salah satu pulau di Johor yang mampu membuat siapa saja yang datang ke sini jatuh cinta dengan pulau ini! Ini adalah salah satu pulau kecil yang jarang dijelajahi. Meski begitu, pemandangan di sini sangat menakjubkan. Ingin tahu mengapa itu disebut Pulau Harimau? Hal ini dikarenakan bentuk pulau ini yang terlihat seperti harimau dari atas.

Baca Juga : 5 Kuliner Johor Bahru yang Dikenal Enak dan Murah oleh Wisatawan

  1. Pulau Tinggi

Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Pulau Tinggi adalah 30 menit naik perahu dari Dermaga Tanjung Leman. Jika ingin tahu, pulau ini memiliki gunung tertinggi dibandingkan dengan gunung-gunung yang terdapat di pulau-pulau sekitarnya.

Menariknya, gunung ini juga terlihat seperti topi jika dilihat sekali, hingga pernah diberi gelar Pulau Topi Jenderal oleh para pelaut Tiongkok ratusan tahun lalu. Gunung ini adalah Gunung Semadu yang tingginya sekitar 2000 kaki di atas permukaan laut.

Kekayaan biota laut di birunya air laut yang mengelilingi pulau membuat Pulau Tinggi menjadi salah satu lokasi yang terkenal di kalangan para penyelam.

Anda juga tidak boleh melewatkan kesempatan untuk pergi trekking hutan di pulau untuk menuju ke air terjun yang indah dan kolam kecil. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke sana sekitar 35 sampai 40 menit.

  1. Pulau Sibi

Sama seperti Pulau Tinggi, Pulau Sibu hanya bisa diakses dari Dermaga Tanjung Leman. Begitu berada di pulau ini, Anda akan merasa seperti berada di surga yang indah dengan udara yang segar, dan pantai yang cukup seru dengan keindahannya.

Mungkin Anda ingin memulai aktivitas di pulau dengan hanya bersantai di pantai berpasir putih ini untuk menikmati pemandangan sepuasnya, setelah itu anda bisa merencanakan untuk melakukan banyak aktivitas air lainnya yang bisa diatur dengan pihak resort yang tersedia disini baik banana-berperahu, bola pantai, jetski, scuba diving dan sebagainya.

  1. Pulau Besar

pantai 3 700x393 - Rekomendasi 7 Pulau di Johor Untuk Snorkeling

sumber : unsplash

Pulau besar ini adalah salah satu permata tersembunyi di negara bagian Johor. Juga dapat diakses melalui Dermaga Mersing, perjalanan ke Pulau Tengah memakan waktu 30 menit. Anda tidak perlu merogoh kocek lebih untuk merasakan berada di pantai pribadi, karena itu bisa dirasakan di Big Island! Salah satu tempat terbaik untuk snorkeling adalah di Pulau Tengah yang letaknya dekat dengan Pulau Besar. Pengalaman snorkeling bersama ikan sambil menikmati warna-warni terumbu karang pasti akan menjadi kenangan indah bagi yang berkunjung ke Pulau Besar. Apa yang Anda tunggu, segera datang ke sini!

  1. Pulau Penelepon

Pulau Pemanggil terletak di lepas pantai Mersing, Johor. Tempat ini terkenal sebagai salah satu tempat memancing terbaik di Malaysia. Ini terkenal di kalangan nelayan karena merupakan tempat yang ideal untuk memancing di laut dalam. Faktor geografis pulau berbatu ini, menjadikan pulau ini indah dan juga dikenal sebagai pulau snorkeling Malaysia. Snorkeling adalah salah satu cara terbaik untuk berteman dengan terumbu karang selain mengenal pulau lebih dekat. Beberapa jenis ikan seperti makarel, barakuda, kaci dan tarap juga bisa dilihat di sini.

Setelah tahu pulau di Johor yang menarik untuk snorkeling tentu kamu jadi tidak sabar untuk berkunjung. Yuk, mulai menabung dan segera rencanakan liburanmu. Jangan lupa untuk membayar tagihan sebelum berangkat liburan, agar tidak menjadi gangguan. Aplikasi Qelola akan sangat membantu kamu untuk membayarkan tagihan dengan mudah dan cepat. Ada fitur kirim uang dari Malaysia ke Indonesia juga lho!. Tunggu apalagi, segera download aplikasinya dan gunakan fitur-fitur menarik lainnya.

Tags: , , , , , , ,