Ternyata Kebiasaan Ini yang Menyebabkan Buruknya Postur Tubuh

postur tubuh

Menjaga postur tubuh itu bukan sekadar estetika saja. Namun juga terkait dengan aspek kesehatan secara keseluruhan. Pasalnya, postur tubuh yang buruk bisa berdampak pada beberapa area tubuh.  Postur tubuh adalah posisi saat tubuh melakukan berbagai gerakan, mulai dari duduk, berbaring, berdiri, hingga gerakan lainnya. Berikut ini ada beberapa aktivitas yang biasa dilakukan sehari-hari, yang ternyata menyebabkan postur tubuh menjadi rusak.

1. Terlalu sering menggunakan ponsel

Saat menggunakan ponsel, seringnya leher lebih condong ke depan. Postur kepala yang mengarah ke depan dapat meningkatkan ketegangan pada otot leher dari waktu ke waktu, sehingga dapat menyebabkan rasa sakit di leher, bahu, dan juga punggung atas. Postur kepala ke depan ini juga dapat menyebabkan perubahan jaringan lunak serta penurunan rentang gerak melalui tulang belakang leher. Parahnya, hal ini dapat menyebabkan perubahan postur tubuh yang lebih membungkuk. Jadi, sangat penting untuk melakukan peregangan otot-otot leher secara menyeluruh untuk memastikan bahwa otot-otot ini tidak bekerja lebih dari yang seharusnya. 

2. Terlalu lama duduk

qelola 1 6 - Ternyata Kebiasaan Ini yang Menyebabkan Buruknya Postur Tubuh

sumber: freepik

Duduk untuk waktu yang lama juga dapat menyebabkan semua jenis masalah punggung. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya perubahan jaringan lunak seperti glutes yang memanjang dan melemah, fleksor pinggul yang memendek, hingga kelengkungan yang meningkat di punggung atas. Selain itu, duduk terlalu lama juga akan menekankan otot punggung, leher, dan tulang belakang membungkuk menghadap komputer sehingga membuatnya semakin buruk.

Oleh karena itu, bangun dan bergeraklah selama beberapa menit setiap setengah jam untuk memberikan istirahat bagi tubuh. Batasi pula jumlah waktu duduk secara ideal, istirahatlah secara teratur, lakukan peregangan dan berjalan-jalan.

3. Terlalu lama menggunakan sepatu hak tinggi

Mengenakan sepatu hak tinggi dalam jangka waktu yang lama juga dapat memengaruhi postur dan gaya berjalan. Hal ini terjadi karena adanya pemendekan struktur kaki dan pergelangan kaki. Sepatu hak tinggi akan menempatkan kaki pada posisi plantar memanjang ke bawah. Hal ini dapat meningkatkan tekanan pada kaki depan. Pasalnya, saat menggunakan hak tinggi, tubuh akan memakasa untuk mengimbangi pergeseran keseimbangan. Ketika tubuh bagian bawah condong ke depan untuk mempertahankan pusat keseimbangan, maka tubuh bagian atas harus bersandar sebagai penyeimbang. Dan akibatnya, pelurusan tubuh rusak, menciptakan postur kaku dan tidak alami.

Semakin tinggi hak sepatu maka akan semakin tinggi pula risiko postur yang rusak. Bahkan di antara pemakai yang berpengalaman, stiletto ekstra tinggi akan memaksa tubuh untuk menurunkan pusat gravitasi di pinggul, menyebabkan lengkungan yang tidak alami di punggung bawah. Maka sangat disarankan untuk tidak mengenakan sepatu hak tinggi untuk waktu yang lama.  

4. Membawa tas dengan beban terlalu berat

Membawa tas tangan di lekukan lengan juga dapat memperburuk masalah postur tubuh. Tas tangan dengan beban yang besar akan membuat pemiliknya berisiko terkena nyeri leher dan bahu. Jadi, sangat penting untuk diingat bahwa segala sesuatu yang ada di dalam tas menekan bahu dan leher. Selain itu, orang yang membawa ransel berat kadang-kadang juga akan condong ke depan. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan bahu membulat dan punggung atas menjadi melengkung.

Oleh karena itu, cobalah untuk tidak terlalu membebani diri. Sangat dianjurkan untuk mengganti lengan yang digunakan untuk membawa tas tangan secara teratur untuk menghindari menempatkan tubuh di bawah tekanan jangka panjang dalam posisi melentur secara lateral. Tinggalkan buku-buku berat di rumah, dan pastikan untuk membersihkan benda-benda tidak penting yang bisa memperberat tas yang kamu bawa.  

5. Posisi tidur yang salah

qelola 22 - Ternyata Kebiasaan Ini yang Menyebabkan Buruknya Postur Tubuh

sumber: freepik

Tidur secara tengkurap berarti menghabiskan sepanjang malam dengan kepala diputar ke samping. Hal ini tentu saja sangat tidak baik untuk postur tubuh. Ketika kepala diputar dan otot-ototnya rileks, maka ketegangan asimetris ditempatkan pada ligamen dan otot leher yang menyebabkan ketidakseimbangan. Untuk itu, cobalah untuk tidur dengan posisi menyamping. Posisi ini dapat menghindarkan rasa sakit pada punggung, dan mencegah rusaknya postur tubuh. Selain itu, kamu juga bisa menyelipkan bantal di antara kaki untuk mengambil tekanan dari pinggul dan punggung bagian bawah. Lalu tekuk sedikit kaki ke arah dada. Posisi ini bisa sangat nyaman bagi orang yang sudah mengalami sakit punggung, atau untuk wanita hamil.

Nah, sekarang sudah tahu kan aktivitas apa saja yang bisa menyebabkan postur tubuh menjadi rusak? Meskipun seringkali disepelekan, namun nyatanya kebiasaan tersebut bisa berdampak buruk pada kondisi fisik kamu. Penting untuk diingat, bahwa menjaga postur tubuh merupakan hal yang harus dilakukan agar tubuh selalu sehat

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Nyeri Otot Bagi Pekerja Harian

Jika tubuhmu sehat, maka kamu akan lebih bersemangat untuk beraktivitas dan kinerja akan semakin meningkat. Bukan tidak mungkin, kamu akan lebih mudah dalam mendapatkan bonus jika kinerjamu baik. Jangan lupa disiplin untuk menabung dari sebagian gaji yang kamu terima selama menjadi TKI, ya! Jika butuh kirim uang untuk keluarga di Tanah Air, kamu bisa pakai aplikasi Qelola. Caranya sangat mudah, biayanya murah, aman, dan prosesnya cepat. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah unduh aplikasinya di Play Store, gratis!

Tags: , , , , , ,