Ternyata Manfaat Sarapan Pagi Banyak Sekali, Jadi Jangan Dilewatkan!

manfaat sarapan pagi

Sebagian orang mungkin memiliki berbagai alasan kenapa mereka melewatkan sarapan di pagi hari. Entah karena terlambat datang ke kantor, repot menyiapkan makanan, atau karena sedang menjalani program diet. Padahal, nyatanya ada banyak sekali manfaat sarapan pagi bagi kesehatan tubuh. Sarapan merupakan waktu makan terpenting, karena dapat membantu metabolisme dan membakar kalori sepanjang hari. Penting untuk dipahami, bahwa sarapan bukan hanya sekadar menghilangkan rasa lapar saja. Namun asupan nutrisi yang optimal dan menyehatkan ibarat bahan bakar yang bisa membuat organ tubuh bekerja dengan baik.

Melansir Buku Sarapan Pagi & Produktivitas (2015) oleh DR. dr. Edi Hartoyo, Sp.A (K) dkk., frekuensi makan yang terbaik adalah dibagi menjadi tiga kali sehari. Oleh sebab itu, sarapan yang dilakukan pada pukul 06.00 – 08.00 sebaiknya jangan pernah ditinggalkan. Jika kamu sering melewatkan sarapan pagi, kamu harus tahu bahwa hal ini akan menimbulkan masalah kesehatan. Mulai dari sindrom metabolik, peningkatan kolesterol jahat, penurunan kolesterol baik, hingga peningkatan trigliserida. Melewatkan sarapan secara tidak langsung juga akan membuat jam biologis tubuh menjadi terganggu.

4 Manfaat Sarapan Pagi

qelola 7 - Ternyata Manfaat Sarapan Pagi Banyak Sekali, Jadi Jangan Dilewatkan!

sumber: pixabay

Berikut ini beberapa manfaat sarapan yang perlu kamu ketahui, agar kamu tidak terbiasa melewatkannya. 

1. Memenuhi Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh

Jika terlalu sering melewatkan sarapan, maka vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tidak akan terpenuhi dengan baik. Untuk memperoleh manfaat sarapan, sebaiknya kamu mengonsumsi sereal gandum utuh, buah-buahan, sayuran, daging tanpa lemak, telur rebus, ayam, susu rendah lemak, keju, dan lainnya. Jangan lupa untuk mengombinasikan sarapanmu dengan karbohidrat kompleks, protein, serat, serta sedikit lemak, agar kamu merasa kenyang lebih lama.

2. Melindungi Tubuh dari Penyakit

Seseorang yang terbiasa melewatkan sarapan juga akan memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh, daripada mereka yang mengonsumsi seporsi sereal gandum utuh atau biji-bijian dengan campuran susu. Pasalnya, serat pada makanan tersebut bertugas untuk mengikat kolesterol jahat agar cepat dibuang ke luar tubuh sebelum mencapai arteri. Asupan serat yang tinggi saat sarapan baik dikonsumsi karena dipercaya dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu, saparan juga mampu menyeimbangkan kadar gula darah dan mencegah resistensi insulin. Dengan kata lain, rutin sarapan akan menjauhkan kamu dari penyakit berbahaya, seperti diabetes.

3. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Otak

Manfaat sarapan pagi selanjutnya adalah dapat meningkatkan konsentrasi otak. Sarapan adalah asupan pertama setelah tubuh berpuasa semalaman. Saat sarapan, otak akan kembali mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, dalam bentuk glukosa dan glikogen. Kemudian, otak akan mendapatkan sinyal jika tubuh telah siap melakukan aktivitas seharian. Jika kebutuhan glukosa tidak terpenuhi, maka kamu akan merasa sulit untuk berkonsentrasi, dan merasa cepat lelah.

4. Menjaga dan Menurunkan Berat Badan

Jangan melewatkan sarapan hanya karena takut berat badan bertambah. Pasalnya, alih-alih menambah berat badan, sarapan pagi justru akan menjaga berat badanmu agar tetap ideal. Logikanya, jika kamu sudah sarapan di pagi hari, maka saat menjelang siang, kamu tidak akan kalap untuk makan. Hal ini dipercaya dapat membantu program diet seseorang. 

Yuk, Wujudkan Kebiasaan Sarapan Pagi

qelola 8 - Ternyata Manfaat Sarapan Pagi Banyak Sekali, Jadi Jangan Dilewatkan!

sumber: pixabay

Sarapan sehat setiap pagi dapat diwujudkan dengan bangun pagi, mempersiapkan dan mengonsumsi makanan dan minuman sebelum melakukan aktifitas harian. Sarapan yang baik terdiri dari karbohidrat, lauk-pauk, sayuran atau buah-buahan, dan minuman. Bagi orang yang tidak terbiasa sarapan pagi dan makan siang, maka porsi makanan saat sarapan adalah sekitar sepertiga dari total makanan harian. Sementara bagi orang yang terbiasa sarapan pagi dan makan siang, jumlah porsi makanan sarapan sebaiknya seperempat dari makanan harian.

Ada berbagai menu sarapan sehat yang dapat kamu konsumsi saat pagi hari, antara lain:

  • Nasi uduk, telur, tempe, dan timun
  • Lontong sayur labu, telur bulat, dan tahu
  • Nasi tim ayam, telur, lengkap dengan kuah sayuran
  • Bubur manado dan potongan ikan
  • Bubur ayam, telur rebus, dan kacang. 

Buah-buahan Untuk Sarapan

qelola 4 - Ternyata Manfaat Sarapan Pagi Banyak Sekali, Jadi Jangan Dilewatkan!

sumber: pixabay

Berbagai menu sarapan sehat di atas bisa juga kamu lengkapi dengan buah-buahan, seperti pisang, pepaya, semangka, dan apel. Namun jika kamu tidak ingin mengonsumsi makanan yang terlalu berat, kamu juga dapat menyantap menu sarapan sehat dan praktis berikut ini:

  • Satu butir telur rebus dan sebuah pisang
  • Roti gandum utuh berisi telur dadar, keju, selada, dan juga tomat
  • Jus pisang yang dicampur dengan susu rendah lemak, ditambah satu lembar roti gandum utuh
  • Sereal biji-bijian utuh dicampur dengan susu rendah lemak, dan buah-buahan
  • Yoghurt rendah lemak dicampur buah-buahan
  • Susu coklat, selembar roti yang terbuat dari biji-bijian utuh, serta buah-buahan
  • Jus buah dicampur dengan yoghurt rendah lemak. 

Mengonsumsi sarapan pagi merupakan bagian dari pola hidup sehat. Oleh karena itu, hindari melewatkan sarapan, karena dengan sarapan, kamu juga bisa terbebas dari mengonsumsi camilan tidak sehat yang bisa berdampak buruk pada kesehatan dan berat badan kamu. 

Baca juga: Yuk Ketahui 5 Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi!

Saat tubuhmu sehat dan kuat, tentunya kamu akan lebih bersemangat dalam bekerja. Nah, kalau kamu tidak ingin terlalu boros, kamu bisa memasak dan menyiapkan sendiri sarapan pagi. Jika kamu suka berhemat, kamu tentu akan menyukai aplikasi Qelola. Penggunaan aplikasi ini untuk bertransaksi akan membuat kamu lebih hemat waktu dan biaya. Bagaimana tidak, bertransaksi dengan Qelola akan lebih mudah, murah, dan prosesnya cepat. Tidak percaya? Langsung saja unduh aplikasinya dan daftarkan dirimu sekarang juga.

Tags: , , , ,