Persebaran Bahasa Indonesia di Malaysia dan Tips Belajar Bahasa Melayu

kbri di malaysia

Indonesia dan Malaysia adalah negara tetangga yang berbatasan secara langsung, baik dari darat maupun laut. Sebagai negara yang dekat tidak hanya lokasinya namun juga hubungan kenegaraannya, kedua negara tersebut memiliki budaya yang hampir sama pula. Salah satu persamaan yang paling kentara adalah segi penggunaan bahasa, Indonesia dengan Bahasa Indonesia dan Malaysia dengan Bahasa Melayu sebagai bahasa nasional. Bila ditelaah dari segi sejarah kebahasaan, Bahasa Indonesia dan Bahasa Melayu memiliki akar yang sama, yaitu bahasa Melayu modern. Karena faktor geografis dan pengaruh politik, kedua bahasa tersebut berkembang dengan arahnya masing-masing. Bahkan Bahasa Indonesia di Malaysia juga mengalami persebaran pada beberapa daerah.

Bahasa Indonesia di Malaysia

Sebenarnya tidak banyak perbedaan di antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Melayu. Secara garis besar perbedaan antara kedua bahasa tersebut terletak pada penyerapan diksi dari bahasa lain. Misalnya karena Indonesia pernah dijajah oleh Belanda dalam tempo yang lama, maka banyak kosakata dari Bahasa Belanda yang diserap oleh Bahasa Indonesia. Demikian pula dengan Malaysia yang pernah dijajah oleh Inggris, sehingga banyak kata serapan Bahasa Melayu yang diambil dari kosakata Bahasa Inggris. Itulah kenapa kamu mungkin akan heran ketika datang ke Malaysia karena di beberapa tempat, Bahasa Indonesia banyak dituturkan di sana. Ambil salah satu contohnya adalah Kota Kinabalu di Negeri Sabah. Di sana terdapat sebuah sekolah yang secara wajib mengajarkan Bahasa Indonesia kepada peserta didiknya. Kemudian apabila berkunjung ke daerah perindustrian di Malaysia pun kamu akan menemukan Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan banyaknya TKI yang merantau di sana, sehingga memengaruhi persebaran Bahasa Indonesia.

bahasa malaysia sehari hari 3 - Persebaran Bahasa Indonesia di Malaysia dan Tips Belajar Bahasa Melayu

Tips Belajar Bahasa Melayu

Saat kamu berbincang-bincang dengan penutur Bahasa Melayu, hanya dengan sedikit adaptasi kamu akan dapat memahami apa yang menjadi maksud dari setiap tuturan lawan bicara. Meskipun begitu, alangkah baiknya apabila kamu juga membekali diri dengan kemampuan berbahasa Melayu yang mencukupi. Selain menambah kompetensi diri, tentu saja dengan menggunakan Bahasa Melayu di tanah Malaysia akan menjadi sarana untuk menunjukkan rasa hormat bagi lawan bicara. Untuk dapat mempelajari Bahasa Melayu dengan baik, ada beberapa hal yang musti kamu perhatikan terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu simak untuk mempermudah pembelajaran Bahasa Melayu.

1.       Hafalkan kosa kata

Mungkin terdengar sepele, namun salah satu hal yang paling krusial untuk mempelajari Bahasa Melayu bagi kita sebagai penutur Bahasa Indonesia adalah menghafalkan kosa kata terlebih dahulu. Di samping terdapat perbedaan perbendaharaan kosa kata, beberapa kata yang terdengar sama bagi kita memiliki arti yang berbeda di dalam Bahasa Melayu, seperti pada kata ‘pusing’ yang dalam Bahasa Melayu memiliki arti ‘berputar’, sedangkan dalam Bahasa Indonesia berarti ‘sakit kepala’.

2.       Mengikuti Komunitas Penutur Bahasa Melayu

Bila dulu untuk dapat bergabung dengan sebuah komunitas tertentu bukanlah perkara mudah, terlebih apabila berbeda negara karena adanya keterbatasan dalam teknologi informasi. Namun saat ini setelah kemajuan teknologi informasi berkembang dengan signifikan, bergabung dengan komunitas penutur bahasa lain, dalam hal ini penutur Bahasa Melayu, bukan lagi hal yang sulit. Dengan adanya internet, kamu dapat mencari channel komunitas berbahasa Melayu yang sesuai dengan apa yang kamu sukai. Misalkan kamu menyukai game, maka carilah komunitas penyuka gam yang secara aktif menggunakan Bahasa Melayu sebagai sarana berkomunikasi dalam kelompok tersebut.

3.       Menonton Film dan Mendengarkan Lagu

Belajar bahasa tak melulu harus dengan cara yang melelahkan dan membosankan, salah satu cara yang menyenangkan dalam belajar bahasa adalah dengan menonton film dan mendengarkan lagu dengan bahasa yang sedang dipelajari, dalam konteks ini adalah Bahasa Melayu. Malaysia sebagai salah satu negara berkembang di kawasan Asia Tenggara tak pernah absen dari kancah hiburan. Malaysia selalu aktif memproduksi film dan lagu berkualitas yang menggunakan Bahasa Melayu. Dengan demikian secara bertahap saat menonton film dan mendengarkan lagu kamu akan dimudahkan dalam memahami setiap pengucapannya. Adapun bila menemui kesulitan saat menonton film, kamu dapat menggunakan bantuan subtitle agar dapat memahami kosa kata di dalamnya lebih baik. Hal ini juga akan mendukung tips nomor 1.

4.       Berkunjung langsung ke Malaysia

Ya, cara terbaik untuk belajar sebuah bahasa adalah secara langsung mengunjungi tempat asal bahasa tersebut. Dengan berkunjung ke Malaysia, kamu dapat secara aktif melatih kemampuan berkomunikasi menggunakan Bahasa Melayu kepada penduduk lokal. Tidak hanya sebatas teori, kamu akan dihadapkan pada situasi nyata bagaimana menempatkan setiap kata dan menyusun kalimat dalam Bahasa Melayu untuk berpartisipasi dalam sebuah percakapan.

Demikian beberapa tips bagi kamu untuk dapat mempelajari Bahasa Melayu dengan cepat dan mudah. Meskipun Bahasa Indonesia telah dikenal oleh masyarakat Malaysia dan dapat dipahami dengan baik oleh mereka, bukan berarti kamu tidak perlu mengembangkan kemampuan berbahasa Melayu. Terlebih lagi bagi kamu yang ingin menempuh pendidikan atau bekerja di Malaysia.

Langkah persiapan lain yang juga tak kalah penting adalah mempersiapkan aplikasi keuangan untuk memudahkan kamu melakukan transaksi dan pembayaran tagihan antara Malaysia dan Indonesia. Qelola hadir dengan berbagai macam fiturnya yang akan memudahkan kamu menerima dan mengirim uang dari rupiah ke ringgit. Download Qelola dan nikmati fiturnya sekarang juga.

Tags: , , , , ,