Inilah 6 Tips Menjadi Content Creator Pemula Untuk Menambah Penghasilan

content creator

Perkembangan teknologi yang pesat, menjadikan content creator sebagai suatu impian yang diminati oleh banyak orang. Pasalnya, profesi ini tidak terbatas oleh usia. Mulai dari anak kecil, remaja bahkan orang tua pun memiliki kesempatan untuk menjadi content creator. Di sisi lain, profesi ini bersifat fleksibel, bisa dilakukan di rumah dan tidak ada aturan jam kerja. Meskipun bersifat fleksibel, apabila kamu menekuni dengan giat dan bersungguh-sungguh, maka kamu dapat menambah penghasilan kamu. Beberapa sumber penghasilan seorang content creator meliputi:

  • Endorse/paid promote

  • Adsense

  • Event attendant

  • Merchandise

  • Pembicara

Sebagai pemula, tentu kamu bingung harus memulai dari mana, berikut 6 tips yang bisa kamu lakukan untuk memulai langkah menjadi content creator agar penghasilan kamu bertambah:

1. Jadikan Passion sebagai Tema Konten 

product design drawing website graphic 700x467 - Inilah 6 Tips Menjadi Content Creator Pemula Untuk Menambah Penghasilan

Freepik.com

Jika kamu memperhatikan content creator yang sudah berkembang saat ini,  mereka menyajikan tema konten yang berbeda-beda setiap orangnya. Beberapa ada yang fokus dengan gaming, kecantikan, pendidikan, olahraga, parenting dan lain sebagainya. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui tema apa yang ingin kamu bagikan kepada audiens. Dari banyaknya tema, pilihlah yang paling menarik minat atau yang menjadi passion kamu. 

Sebagai content creator pemula, memilih tema sesuai passion merupakan point penting. Hal itu akan membuat kamu lebih fokus untuk mendalami tema dan terus menggali informasi terkait tema tersebut. Sehingga kamu dapat menghasilkan konten-konten yang berkualitas. Ada banyak hal yang bisa kamu eksplor terkait passion yang kamu miliki untuk menjadikannya konten. Mulai saja dari hal kecil seperti hobi kamu. Misalnya kamu hobi memasak, kamu bisa bagikan resep maupun tips-tips untuk mengolah makanan melalui instagram atau youtube. Atau jika hobi membaca, kamu bisa membuat review atau rekomendasi buku menarik yang sudah pernah kamu baca. 

2. Tentukan Target Audiens Kamu 

Setelah menentukan tema konten, selanjutnya kamu harus mengetahui siapa target market mu dan siapa saja yang akan menjadi penikmat konten-konten yang kamu buat nantinya. Lakukan riset mendalam agar konten kamu dapat terarah dengan baik. Mengenal target market dapat dimulai dari menentukan jenis kelamin, rentang usia, pekerjaan dan lain sebagainya. Semakin spesifik target market konten kamu, semakin tinggi kualitas konten yang kamu hasilkan. Penonton atau pembaca  yang sesuai dengan kriteria target kontenmu akan lebih loyal dalam mengikuti semua konten yang kamu buat. 

3. Update Berita Terkini 

elderly man is using mobile phone 11zon 700x467 - Inilah 6 Tips Menjadi Content Creator Pemula Untuk Menambah Penghasilan

Freepik.com

Untuk menjadi content creator, kamu harus selalu update dengan kabar hangat yang sedang menjadi pembahasan banyak orang. Apalagi ruang lingkup profesi ini adalah di media sosial. Sebaiknya kamu mengetahui juga apa yang sedang menjadi trend terbaru. Hal itu perlu dilakukan supaya kamu dapat menjadikannya bahan untuk mengemas konten kamu menjadi lebih menarik namun tetap sesuai dengan tema. Content creator yang relevan menyajikan konten terupdate seringkali mudah menarik perhatian followers. Dengan begitu semakin banyak orang yang melihat konten kamu sehingga konten kamu juga dapat semakin berkembang. 

4. Kuasai Keahlian Seorang Content Creator 

Content creator pemula memang tidak harus memiliki semua keahlian, tapi alangkah lebih baik jika tetap menguasai keahlian yang dasar. Beberapa keahlian yang perlu dimiliki adalah: 

  • Mengambil gambar, merekam audio dan video 

Jika kamu belum memiliki cukup dana untuk membeli kamera, kamu dapat memanfaatkan smartphone untuk belajar menguasai 3 keahlian tersebut. Terlebih sudah banyak smartphone yang kualitasnya tidak jauh beda dengan kamera. 

  • Menulis 

Menuliskan ide, menuangkan gagasan, memberi caption hingga membuat konten artikel blog harus kamu kuasai. Walaupun terlihat sederhana, keterampilan macam ini dapat membuat konten kamu semakin berkembang.

  • Editing 

Sebelum akhirnya konten kamu tayang, tentunya kamu harus mengedit dulu apakah konten kamu layak. Keahlian mengedit tidak hanya untuk foto atau video tapi juga naskah dan tulisan. Cari tau dan pelajari aplikasi bagus yang dapat mensupport kualitas editing kamu. 

  • Marketing 

Keahlian marketing tentu penting bagi seorang content creator untuk mempromosikan kontennya agar menarik banyak audiens. Manfaatkan media sosial dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan followers kamu. 

Baca juga: Daftar Kursus Online Untuk Meningkatkan Keterampilan, Bekal Dunia Kerja

5. Perbanyak Networking dan Kolaborasi

two young caucasian male bloggers casual clothes with professional equipment camera recording video interview home blogging videoblog vlogging talking while streaming live indoors 700x486 - Inilah 6 Tips Menjadi Content Creator Pemula Untuk Menambah Penghasilan

Freepik.com

Content creator pemula sebaiknya memperluas jaringan networking dengan pegiat konten lainnya. Membangun jaringan dapat menambah wawasan dari berbagai macam perspektif dan inspirasi untuk membuat konten. Jangan ragu untuk memberi komentar pada media sosialnya dan berdiskusi membahas banyak hal. Sesekali mintalah saran dan kritik yang membangun untuk konten kamu. Selain itu, kamu juga bisa mengajak kolaborasi dengan content creator yang lainnya. Dengan memperbanyak kolaborasi, kamu dapat mengetahui cara kerja dari banyak pegiat konten dan menjadikan itu sebagai pembelajaran terlebih kamu masih pemula. 

6. Tetap Konsisten 

Konsisten adalah satu hal yang menjadi dasar penting dari semua langkah untuk meraih kesuksesan. Termasuk jika kamu ingin menjadi content creator yang sukses dan menghasilkan uang. Konsisten ini meliputi kualitas dan kuantitas konten yang kamu ciptakan. Konten yang bagus adalah yang dapat memberikan manfaat untuk audiens dan juga tersedia secara berkala. 

Untuk dapat konsisten membuat konten, setidaknya kamu harus mempunyai planning konten yang akan kamu ciptakan untuk sebulan kedepan, serta jadwal kapan kamu akan mempostingnya. Selalu tuliskan ide-ide kamu dalam bentuk jurnal untuk jadi panduan. Setiap content creator apalagi jika pemula tentu akan mengalami kondisi dimana konten tidak ramai dan sedikit yang melihat. Jangan cepat menyerah dan tetaplah konsisten pada planning kamu. 

Itulah beberapa tips jika kamu ingin menjadi content creator untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Satu hal yang perlu diingat bahwa, tidak ada yang instan. Segala sesuatu membutuhkan proses, termasuk menjadi content creator yang sukses. Jangan mudah menyerah dan merasa rendah diri, content creator yang sekarang memiliki nama besar dulunya juga menjalani proses seperti yang kamu lakukan. Tetaplah berusaha sembari meningkatkan skill dan ingat kuncinya, konsisten. 

Nah, seperti mengingat aplikasi Qelola kalau kamu hendak mengirimkan uang kepada sanak keluarga di Indonesia. Aplikasi yang juga memberikan kemudahan untuk mengurus pembayaran tagihan listrik, air, maupun BPJS. Kamu bisa memasang aplikasinya di handphone melalui tautan ini. 

 

 

Tags: , , , ,