Butuh Berobat ke Melaka Malaysia? Simak Panduan Lengkapnya!

berobat ke Melaka

Tidak hanya terkenal dengan daya tarik wisatanya, namun Negeri Jiran Malaysia juga menjadi salah satu negara tujuan untuk berobat. Berdasarkan data Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC), terjadi peningkatan jumlah pasien asing dari tahun ke tahun yang ternyata didominasi oleh masyarakat Indonesia. Jika saat ini kamu sedang butuh berobat ke Melaka Malaysia, kamu wajib simak artikel ini sampai habis!

Ada banyak sekali alasan mengapa Malaysia menjadi negara tujuan untuk berobat bagi masyarakat Indonesia. Beberapa di antaranya adalah karena kualitas tenaga medis, kemudahan berkomunikasi dalam berbagai bahasa, atau biaya yang terjangkau. Selain itu, ketersediaan fasilitas medis yang berkualitas juga tersebar di berbagai wilayah Malaysia, seperti Kuala Lumpur, Penang, hingga Melaka. 

Rumah Sakit di Malaysia Jadi Favorit Orang Indonesia

qelola 7 4 - Butuh Berobat ke Melaka Malaysia? Simak Panduan Lengkapnya!

sumber: freepik

Lebih jelasnya, berikut ini beberapa alasan kenapa masyarakat Indonesia berobat ke Melaka:

1. Biaya berobat yang terjangkau

Pada umumnya, pasien asal Indonesia memilih berobat ke Melaka karena kondisi kesehatan yang membutuhkan penanganan cepat dengan teknologi yang menunjang. Di sisi lain, faktor biaya juga menjadi pertimbangan utama. Bisa dikatakan bahwa biaya berobat di Malaysia, khususnya di Melaka cukup terjangkau. Jika dibandingkan dengan Singapura, biayanya bisa lebih murah 30 hingga 50 persen.

Lantas, kenapa biaya berobat di Melaka relatif lebih murah? Salah satu alasan utamanya adalah penerapan biaya standar, baik itu di rumah sakit pemerintah maupun swasta untuk masing-masing jenis penyakit. Biaya hidup di Malaysia juga cukup terjangkau, sehingga pasien dan keluarganya tidak perlu khawatir soal biaya total pengobatan yang membengkak.

2. Peralatan medis yang canggih

Dalam dua dekade terakhir ini, rumah sakit di Malaysia termasuk di Melaka berlomba-lomba dalam menyediakan peralatan medis yang canggih agar pasien lebih cepat sembuh. Peralatan medis yang tersedia di Malaysia mulai dari alat untuk scanning seperti MRI 1.5 Tesla, hingga Tomotherapy (Radixact) untuk radiasi secara presisi dan dapat diterapkan untuk berbagai jenis kanker, seperti kepala, hati, spinal, leher, paru-paru, otak, dan lainnya. Hebatnya lagi, biaya pengobatan dengan menggunakan alat-alat canggih ini juga terbilang cukup terjangkau.

3. Tim medis yang ramah

Satu hal yang menjadi alasan utama kenapa masyarakat Indonesia memilih berobat di Melaka adalah tim medis yang ramah. Ada banyak yang menyebutkan bahwa tim dokter spesialis di Melaka memang ramah dan mudah diajak berdiskusi. Setiap pasien bisa menceritakan keluhan yang dialami, tanya jawab dengan dokter, bahkan ada beberapa dokter yang memberikan e-mail pribadinya. Hal ini memungkinkan para pasien bisa tetap bertanya dan berkonsultasi ke dokter yang menanganinya meskipun sudah kembali ke Indonesia.

Rekomendasi Rumah Sakit Terbaik di Malaka

qelola 8 4 - Butuh Berobat ke Melaka Malaysia? Simak Panduan Lengkapnya!

sumber: freepik

Berikut ini ada beberapa rumah sakit terbaik di Melaka yang bisa jadi pilihan. Simak baik-baik, dan jangan lupa catat alamatnya!

1. Mahkota Medical Centre

Mahkota Medical Centre adalah rumah sakit di Melaka yang memiliki 6 pusat keunggulan, yang didukung dengan lebih dari 90+ dokter spesialis senior dan juga 300 bed rawat inap. Pusat keunggulan Mahkota Medical Centre ini antara lain adalah jantung, ortopedi, kanker, diabetes, lambung & hati, serta saraf & stroke. Hampir semua dokter di rumah sakit ini praktek dari Senin hingga Sabtu dan bisa berbahasa Indonesia atau Melayu. Jadi, bagi masyarakat Indonesia yang hendak berobat ke Melaka tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam berkomunikasi. Setiap pasien juga dapat memperoleh fasilitas jemputan pelabuhan atau bandara Melaka, penitipan koper, dan Wi-Fi gratis di rumah sakit. Tersedia pula kantin yang menyediakan berbagai macam makanan halal.

Lokasi: 3, Jalan Merdeka, Melaka

Telepon: 021 58304291

2. Pantai Hospital Ayer Keroh Melaka

Rekomendasi rumah sakit di Melaka selanjutnya adalah Pantai Hospital Ayer Keroh. Memiliki 3 pusat keunggulan yang didukung dengan lebih dari 80 dokter spesialis senior dan 229 bed rawat inap, rumah sakit ini memiliki pusat keunggulan yaitu jantung, ortopedi, kanker, dan hati. Sama seperti Mahkota Medical Centre, setiap pasien juga dapat memperoleh fasilitas jemputan pelabuhan atau bandara Melaka, jemputan hotel – RS, penitipan koper, hingga Wi-Fi gratis di rumah sakit. Terletak agak jauh dari pusat kota Melaka, di sekitar rumah sakit ini tidak banyak hotel atau tempat makan. Jadi solusinya, setiap pasien bisa tinggal di pusat kota dan menggunakan fasilitas jemputan atau taksi online untuk bolak-balik ke rumah sakit.

Lokasi: 2418-1, KM 8, Lebuh Ayer Keroh, Melaka

Telepon: 021 58304291

3. Oriental Melaka Straits Medical Centre

Oriental Melaka Straits Medical Centre ini adalah rumah sakit di Melaka yang memiliki 2 pusat keunggulan, yang didukung dengan lebih dari 40 dokter spesialis senior dan 300 bed rawat inap. Pusat keunggulan Oriental Melaka Straits Medical Centre antara lain adalah jantung dan ortopedi. Karena terletak di pusat kota Melaka, maka tak heran jika di sekitar RS Mahkota terdapat banyak hotel atau homestay, serta tempat makan.

Lokasi: Pusat Perubatan Klebang, 75200 Melaka

Telepon: 021 58304291

Baca juga: Komorbid Bisa Berujung Fatal, Simak Arti dan Macamnya!

Mau berobat ke Melaka, Malaysia? Kamu bisa langsung menghubungi perwakilan resmi rumah sakit di Melaka untuk mempermudah kamu dalam mendapatkan layanan dan penanganan medis yang dibutuhkan di Melaka. Namun, jika kamu ingin merencanakan keberangkatan ke Malaysia secara pribadi juga tidak masalah. Pastikan kamu mengandalkan aplikasi Qelola untuk setiap kebutuhan transaksi selama berada di Malaysia. Sebaiknya unduh aplikasi Qelola sekarang dan lakukan pendaftaran akun. Dengan begitu, kamu akan langsung bisa menggunakan berbagai fitur Qelola setibanya di Malaysia.

Tags: , , , , , ,