Komorbid Bisa Berujung Fatal, Simak Arti dan Macamnya!

orang komorbid

Komorbid menjadi kata yang sering didengar dan muncul pada semua tempat selama terjadi pandemi virus Covid-19. Istilah ini menjadi populer karena ternyata hampir semua orang yang meninggal akibat terinfeksi virus corona memilikinya. Sebenarnya apa itu komorbid? Apakah bahayanya cukup tinggi sehingga membuat orang yang terinfeksi berujung pada kematian? Ulasan kali ini akan membahas mengenai pengertian komorbid dan macam-macamnya yang perlu kamu tahu!

Pengertian Komorbid

arti komorbid pexels 700x467 - Komorbid Bisa Berujung Fatal, Simak Arti dan Macamnya!

sumber: Pexels.com

Melansir dari Britannica, komorbid memiliki arti penyakit atau suatu kondisi yang muncul secara bersamaan pada individu. Keberadaan penyakit pernyerta ini meningkatkan risiko status kesehatan seseorang karena berkembang selama beberapa waktu. Kondisi seperti ini juga menghambat proses kesembuhan pada orang tersebut. Seseorang yang memiliki riwayat penyakit penyerta berpotensi lebih besar untuk mendapatkan perawatan intensif ketika terinfeksi virus corona. Oleh karena itu, orang dengan riwayat penyakit penyerta masuk kedalam kategori kelompok rentan pada kasus positif corona.

Macam Komorbid

Mengenali kelompok rentan yang kemungkinan besar membutuhkan pertolongan segera dan perawatan intensif sangat penting untuk dilakukan. Namun, bagaimana mengetahui siapa saja yang memiliki komorbid dan rentan parah ketika terinfeksi? Berikut ini beberapa macam penyakit bawaan yang bisa kamu amati supaya bisa melakukan upaya penyelamatan, apa saja?

Diabetes Mellitus

komorbid diabetes pexels 700x467 - Komorbid Bisa Berujung Fatal, Simak Arti dan Macamnya!

sumber: Pexels.com

Diabetes adalah penyakit metabolisme gula pada tubuh seseorang karena tingkat glukosa dalam darah yang tinggi. Penyakit ini timbul akibat tubuh yang tidak mampu memproduksi insulin dalam pankreas yang mengubah glukosa menjadi sumber energi. Seseorang yang memiliki kondisi penyakit gula adalah kelompok rentan pertama yang mudah kritis sewaktu-waktu. Menderita sakit gula tipe 1 & 2 atau penyakit gula lainnya memerlukan perhatian ekstra agar terhindar dari infeksi Covid-19. Hal ini karena pengidap gula tinggi memiliki komplikasi yang lebih buruk ketika terdiagnosa positif Corona.

Hipertensi

komorbid hipertensi pexels 700x467 - Komorbid Bisa Berujung Fatal, Simak Arti dan Macamnya!

sumber: Pexels.com

Komorbid hipertensi atau tekanan darah yang tinggi masuk menjadi kelompok yang rawan terserang virus Covid-19. Hipertensi adalah kondisi sakit pada seseorang memiliki tekanan darah pada level atas normal yang membuat jantung memompa darah lebih ekstra. Secara kekuatan imun, orang dengan riwayat penyakit hipertensi tidak memiliki imun yang kuat ketika harus menghadapi virus corona. Hal ini karena konsumsi obat yang rutin pada penderita untuk menurunkan tekanan darahnya.

Kanker

komorbid kanker pexels 700x467 - Komorbid Bisa Berujung Fatal, Simak Arti dan Macamnya!

sumber: Pexels.com

Kondisi pandemi Covid-19 sekarang ini menjadi momok untuk semua orang karena penularannya yang masif dan mematikan. Tak terkecuali pada seseorang dengan komorbid kanker. Infeksi corona yang menyerang sistem imun, membuat para pengidap kanker cukup khawatir akan terinfeksi. Pasalnya, sudah jelas bahwa penderita kanker memiliki sistem daya tahan tubuh yang lemah akibat proses pengobatan yang berlangsung lama. Penderita kanker akan berisiko tinggi mengalami komplikasi serius jika sampai terjangkit virus ini.

Kardiovaskular

komorbid kardiovaskular unsplash 700x464 - Komorbid Bisa Berujung Fatal, Simak Arti dan Macamnya!

sumber: Unsplash.com

Orang dengan komorbid penyakit kardivaskular atau sakit terkait jantung memiliki dampak cukup fatal ketika terinfeksi corona. Virus ini mempengaruhi sistem kerja organ-organ tubuh seperti otak, pencernaan hingga sistem jantung. Covid-19 memiliki kecenderungan sebagai penyebab masalah jantung dan radang jantung yang membuat seseorang mengalami serangan jantung dan irama jantung yang tidak teratur yang berujung pada kematian. Ironisnya, hal ini bisa terjadi pada seseorang yang tidak memiliki komorbid jantung.

Penyakit Ginjal

komorbid ginjal freepik 700x467 - Komorbid Bisa Berujung Fatal, Simak Arti dan Macamnya!

sumber: Freepik.com

Gangguan kesehatan berupa penyakit ginjal adalah suatu penyakit akibat terjadi gangguan pada kinerja ginjal dalam tubuh. Penyakit ginjal bisa terjadi karena banyak faktor yaitu, memiliki tekanan darah tinggi, mengidap diabetes, kadar kolesterol tinggi, sumbatan saluran air kencing, hingga konsumsi obat-obatan dalam durasi waktu yang lama. Kasus pada beberapa orang, bisa mengalami penyakit ginjal secara tiba-tiba dan sudah akut karena tidak mereka sadari. Beberapa kasus adalah manifestasi dari beragam kondisi medis yang berkembang dalam durasi waktu yang panjang sehingga menjadi kronis. Penyakit ginjal juga menjadi salah satu komorbid yang berbahaya pada seseorang yang terinfeksi virus Covid-19.

Paru-Paru Kronis

komorbid paru pexels 700x467 - Komorbid Bisa Berujung Fatal, Simak Arti dan Macamnya!

sumber: Pexels.com

Penyakit yang menyerang sistem fungsi paru merupakan salah satu risiko terparah ketika sampai terpapar virus corona. Riwayat komorbid pada organ tubuh ini membuat seseorang akan mengalami kegagalan sistem pernapasan yang berujung pada kematian. Jenis-jenis komorbid paru-paru kronis seperti asma, TBC, pneumonia, kanker paru dan lainnya. Adanya riwayat sakit ini, seseorang yang positif membutuhkan suplai alat bantu pernapasan agar tidak mengalami gagal napas karena paru-paru tidak mampu memasok oksigen.

Gangguan Hati

komorbid liver pexels 700x467 - Komorbid Bisa Berujung Fatal, Simak Arti dan Macamnya!

sumber: Pexels.com

Organ hati manusia atau liver merupakan organ yang terletak pada bawah tulang rusuk sebelah kanan sisi perut. Liver memiliki fungsi untuk mencerna makanan dan membersihkan zat beracun dan berbahaya bagi tubuh. Seseorang yang menderita sakit liver memiliki ciri kulit dan mata yang berwarna kuning, perut bengkak, kulit gatal, kelelahan akut, kehilangan nafsu makan, mual dan muntah. Jika sudah pernah memiliki riwayat sakit pada liver, seseorang harus benar-benar menjaga pola makan dan pola hidup. Terutama ketika terjadi pandemi seperti sekarang, komorbid gangguan hati bisa berdampak buruk pada seseorang yang positif corona.

Penyakit Autoimun

komorbid autoimun pexels 700x467 - Komorbid Bisa Berujung Fatal, Simak Arti dan Macamnya!

sumber: Pexels.com

Penyakit autoimun adalah kondisi sistem imun atau kekebalan tubuh justru menyerang sel-sel sehat tubuh kamu sendiri. Kondisi ini menyebabkan kerusakan sel-sel jaringan pada tubuh yang mengakibatkan penderita mengalami gangguan persendian, saraf, kelenjar dan kerusakan fungsi organ lainnya. Kamu tidak dapat mencegah namun kamu bisa mengendalikan dengan bantuan paramedis. Seseorang yang memiliki riwayat penyakit atau komorbid autoimun memiliki potensi mengalami komplikasi pada organ-organ tubuh yang lain dan juga komplikasi akibat terinfeksi virus corona.

Kondisi komorbid pada seseorang harus perlu pengawasan dan juga menghubungi paramedis untuk segara mendapat pertolongan. Hal ini tentu membutuhkan persiapan baik itu mental dan juga finansial. Kunjungi website Qelola karena informasi didalamnya sesuai dengan kebutuhanmu untuk belajar cara dan tips mengelola keuangan. Jangan lupa untuk download aplikasi Qelola di smartphonemu karena bisa kamu gunakan untuk kirim uang ke Malaysia – Indonesia dengan mudah dan pastinya aman. Kamu juga bisa melakukan layanan pembayaran seperti tagihan listrik, telepon, PDAM, BPJS dan masih banyak lagi.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,