Mobile Banking: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

mobile banking

Di era digital seperti sekarang, pemakaian mobile banking bukanlah hal baru lagi. Salah satu produk perbankan yang bersinergi dengan teknologi tersebut telah membawa banyak kemudahan kepada nasabah melalui fitur-fitur di dalamnya. Kini, untuk melakukan berbagai transaksi keuangan, kamu tidak perlu datang ke ATM atau bahkan ke bank langsung. Melalui layanan mobile banking yang bisa kamu unduh di perangkat gadget masing-masing, segala urusan perbankan dan pembayaran bisa dilakukan secara online.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum akrab dengan layanan virtual tersebut. Padahal kehadirannya akan memberikan banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Yuk ketahui lebih jauh tentang perbankan seluler, kelebihan dan juga kekurangannya berikut ini.

Pengertian Mobile Banking

qelola 20 - Mobile Banking: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Sumber: pixabay

Mobile banking atau yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti perbankan seluler merupakan salah satu layanan perbankan yang diciptakan untuk melakukan berbagai transaksi keuangan secara online. Kamu diharuskan mengunduh aplikasi perbankan seluler terlebih dulu di ponsel pintar untuk bisa menikmati berbagai fitur yang ada di dalamnya.

Setelah berhasil terunduh, kamu diwajibkan melakukan pendaftaran ke customer service bank terkait untuk mendapatkan username dan juga password. Username dan password tersebut berfungsi untuk login atau masuk ke dalam aplikasi mobile banking.

Setelah berhasil login ke dalam aplikasi, kamu baru bisa menikmati berbagai fitur-fitur yang tersedia di dalamnya. Umumnya, layanan yang bisa kamu akses seperti pengecekan saldo dan mutasi perbankan, transfer uang, pembayaran berbagai tagihan pokok seperti air dan listrik, serta beli pulsa. Hebatnya, semua layanan tadi bisa dilakukan langsung dari ponsel secara online dan real time. Jadi kamu sudah tidak perlu jauh-jauh ke ATM atau bank lagi jika ingin melakukan berbagai transaksi tersebut.

Kenapa Harus Mengunduh Mobile Banking?

internet banking online payment technology concept 700x467 - Mobile Banking: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Sumber: freepik oleh rawpixel.com

Memiliki mobile banking di ponsel saat ini sudah menjadi kebutuhan tersendiri. Hampir segala sesuatu sekarang serba online mulai dari belanja, pembayaran, pendaftaran, dan lain-lain. Kehadiran perbankan seluler tentunya menambah kemudahan dalam setiap transaksi online yang kamu lakukan. Lalu apa saja sebenarnya kelebihan mengunduh perbankan seluler?

  • Praktis dan Mudah

Perbankan seluler tentunya membuat hidupmu menjadi lebih praktis. Kamu tidak perlu pergi ke ATM atau antri ke bank lagi untuk melakukan berbagai transaksi keuangan yang diinginkan. Cukup membuka aplikasi yang ada di ponsel maka segala kebutuhan pembayaran bisa dilakukan saat itu juga. Gaya hidup praktis menjadi kelebihan utama yang dimiliki mobile banking. Segala transaksi keuangan kini bisa dilakukan secara online dan tanpa ribet lagi.

  • Transaksi Real Time

Penggunaan perbankan seluler membuat berbagai pembayaran bisa segera dilakukan saat itu juga. Tanpa adanya jeda waktu, kamu bisa melunasi berbagai tagihan saat itu juga secara real time. Jadi tidak perlu khawatir tagihan yang kamu bayar hari ini baru terverifikasi keesokan harinya. Dengan mobile banking segala transaksi pembayaran langsung terealisasi saat itu juga.

Hebatnya lagi, kamu juga akan menerima bukti pembayaran yang telah dilakukan. Selain itu, segala transaksi juga sudah terekam dalam mutasi rekening, jadi kamu juga bisa melakukan pengecekan sewaktu-waktu.

  • Tanpa Biaya Admin

Berbagai fitur yang ada di dalam aplikasi perbankan seluler bisa dinikmati secara gratis. Kamu tidak perlu khawatir dengan adanya tambahan biaya admin saat menggunakan berbagai fitur di dalamnya. Namun untuk layanan tertentu seperti transfer antar bank, biasanya akan ada biaya administrasi yang harus kamu bayar.

Baca juga: Rincian Biaya Transfer Antar Bank yang Perlu Diketahui

Kekurangan Perbankan Seluler

high angle keyboard with credit cards hook phishing 700x467 - Mobile Banking: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Sumber: freepik

Walaupun hadirnya teknologi lebih banyak memberikan keuntungan dan kemudahan bagi kehidupan sehari-hari, namun kamu juga tidak boleh menutup mata terhadap kekurangan yang menyertainya. Yuk ketahui apa saja kekurangan dari pemakaian perbankan seluler berikut ini.

  • Risiko Pencurian Data

Kemajuan teknologi juga membuat peluang kejahatan di dunia maya ikut meningkat. Salah satu hal yang kerap terjadi saat ini adalah kasus pencurian data. Pemakaian mobile banking sendiri rawan menghadapi hal tersebut, apalagi jika kamu mengaksesnya melalui sambungan internet yang terenkripsi.

Data penting yang tersimpan di dalam aplikasi berisiko untuk dicuri oleh para hacker yang tidak bertanggung jawab. Risiko pencurian data juga mungkin terjadi apabila kamu kehilangan smartphone yang entah hilang atau dicuri. Oleh sebab itu jika kamu mengalami hal tersebut segera hubungi pihak bank untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Modus Smishing

Selain pencurian data, modus kejahatan online lainnya yang bisa terjadi adalah smishing. Saat hal ini terjadi, kamu biasanya akan mendapat sms atau telepon penipuan yang mengatas namakan pihak bank. Selanjutnya penipu akan memintamu untuk memberikan berbagai informasi yang berkaitan dengan detail rekening bank yang kamu miliki. Jika kamu mengalami hal tersebut sebaiknya diabaikan dan melaporkan langsung ke pihak bank yang bersangkutan.

  • Didukung Jaringan Internet yang Stabil

Pemakaian aplikasi perbankan seluler hanya bisa dilakukan jika sinyal internet di tempat kamu berada cukup kuat. Jika sinyal internet tidak stabil, maka aplikasi perbankan di dalam ponsel tidak bisa dijalankan. Selain didukung dengan gawai yang canggih, pastikan untuk memilih provider internet yang sinyalnya kuat dan stabil agar bisa menikmati layanan mobile banking sepuasnya.

Baca juga: Waspada! Ini Pengertian Hingga Cara Menghindari Phising

Selain mobile banking, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Qelola untuk melakukan berbagai transaksi keuangan secara online. Apalagi buat kamu yang saat ini sedang berada di Malaysia, aplikasi Qelola akan membantumu untuk melakukan berbagai pembayaran secara online dan real time.

Melalui aplikasi Qelola kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi. Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu.

Tags: , , ,