5 Cara Praktis Transfer Uang, Melalui Qelola Salah Satunya!

transfer uang

Transfer uang kini menjadi aktivitas yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Terlebih, bagi masyarakat Indonesia yang menetap di luar negeri atau masyarakat yang gemar bertransaksi online. Transfer uang juga menjadi salah satu rutinitas yang tak pernah luput dilakukan oleh Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Bagi TKI yang bekerja di luar negeri, sebagian besar gaji yang TKI terima pasti akan ditransfer ke Indonesia untuk keperluan keluarga di rumah.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk transfer uang domestik maupun internasional. Mulai dari cara yang konvensional hingga kekinian. Artikel ini akan membahas cara-cara praktis transfer uang yang bisa Anda coba. Cara-cara praktis tersebut bisa dilakukan tanpa perlu memiliki rekening bank. Untuk tahu lebih lanjut apa saja caranya, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Setor Tunai

businessman hand giving money indian rupee currency his partner 8087 2254 - 5 Cara Praktis Transfer Uang, Melalui Qelola Salah Satunya!

Setor tunai memudahkan Anda untuk bisa mengirim uang tanpa harus memiliki rekening. Hanya saja cara ini masih terbilang konvensional. Dalam artian, Anda tetap harus datang ke bank dan melakukan antrean. Namun demikian, cara ini masih dinilai cukup praktis. Anda hanya perlu mengikuti tahapan seperti berikut ini:

  • Pertama, datang ke bank sesuai dengan jenis rekening yang akan dikirimkan uang.
  • Selanjutnya, ambil nomor antrean dan tunggu hingga nomor antrean Anda dipanggil.
  • Sementara menunggu nomor antrean dipanggil, isi formulir setor tunai, biasanya Anda akan diminta mengisi nama pemilik rekening, nomor rekening tujuan, jumlah yang akan dikirim, serta tanda tangan.
  • Setelah nomor antrean Anda dipanggil dan Anda menuju ke tempat teller, serahkan formulir yang telah diisi beserta uang yang akan Anda kirim.
  • Teller akan melakukan penghitungan uang dan pengecekan data kembali, jika telah benar semua teller akan memproses transaksi.
  • Setelah transaksi selesai, maka uang berhasil dikirim ke nomor rekening tujuan.

2. Melalui Minimarket

young woman cash register store welcoming customer 8595 3257 - 5 Cara Praktis Transfer Uang, Melalui Qelola Salah Satunya!

Saat ini, minimarket bukan hanya menjadi tempat untuk belanja saja, melainkan juga bisa digunakan sebagai tempat untuk mengirim dan menerima uang tanpa rekening bank. Misalnya, Indomaret dan Alfamart, kedua minimarket terbesar di Indonesia ini menyediakan layanan pengiriman dan penerimaan uang secara domestik maupun internasional. Jadi, Anda bisa melakukan transfer uang di dalam maupun di luar negeri.

Untuk transfer uang dari luar negeri, Indomaret telah bekerja sama dengan Western Union, sedangkan Alfamart telah bekerja sama dengan BNI Wesel PIN. Dengan kerja sama tersebut, Anda bisa mengirimkan uang dari luar negeri melalui Western Union dan BNI Wesel PIN, kemudian penerima bisa mencairkan uang tersebut di gerai Indomaret atau Alfamart terdekat.

Sementara untuk Anda yang mengirim uang melalui minimarket, caranya praktis, cukup datang ke minimarket tersebut, kemudian katakan pada pelayan bahwa Anda ingin mengirim uang. Kemudian, pelayan tersebut akan meminta kartu identitas seperti KTP atau SIM, nomor HP yang bisa dihubungi, nomor HP penerima, serta uang yang akan Anda kirimkan. Jika transaksi berhasil, penerima akan memperoleh kode pengambilan uang yang dikirim ke nomor HP penerima. Kode pengambilan ini digunakan penerima untuk mencairkan uang di minimarket terdekat atau di pihak yang telah bekerja sama dengan minimarket tersebut seperti Western Union atau BNI Wesel PIN.

3. Transfer Uang Melalui Weselpos

rsz pos indonesia - 5 Cara Praktis Transfer Uang, Melalui Qelola Salah Satunya!

Sumber: www.swa.co.id

Weselpos merupakan layanan transfer uang untuk domestik dan luar negeri dari Pos Indonesia. Selama ada cabang kantor pos di tempat Anda, maka Anda bisa mencairkan setiap kiriman uang menggunakan surat wesel. Jangkauan Weselpos merupakan yang terluas di dalam negeri. Hal itulah yang membuat banyak orang menggunakan cara ini jika ingin transfer uang dari dan ke dalam negeri.

Bagi Anda yang ingin mengirimkan uang ke luar negeri, jangan khawatir, Weselpos juga memiliki layanan transfer uang internasional. Hanya saja jangkauannya lebih terbatas. Sementara ini Weselpos hanya melayani transfer uang ke Malaysia, Singapura, Jepang, Brunei Darussalam, Hongkong, Filipina, Korea Selatan, Arab Saudi, Austria, Brazil, Taiwan, Thailand, Qatar, dan Iran.

Cara transfer uang menggunakan Weselpos masih terbilang praktis, Anda hanya perlu datang ke kantor pos, kemudian mengisi formulir dan menyerahkan uang ke teller, setelah proses berhasil Anda akan mendapatkan bukti pembayaran dan nomor resi untuk melacak pengiriman uang Anda. Pihak penerima pun akan menerima notifikasi kiriman uang melalui e-mail. Kelebihan Weselpos adalah Anda bisa melacak transaksi dari penyetoran hingga sampai ke tangan penerima. Sementara kekurangannya, hingga saat ini Weselpos belum bisa digunakan untuk mengirim uang dari luar negeri.

Baca Juga: 4 Tren Transfer Uang ke Luar Negeri Secara Online Langsung dari Hp

4. Western Union

rsz western union earnings pandemic - 5 Cara Praktis Transfer Uang, Melalui Qelola Salah Satunya!

Sumber: www.pymnts.com

Jika Weselpos merupakan andalan untuk transfer uang dalam negeri, maka Western Union bisa menjadi andalan untuk transfer dari luar negeri. Hal ini dikarenakan Western Union mudah ditemui di berbagai negara. Hanya saja, untuk melakukan pengiriman uang menggunakan Western Union, Anda perlu datang ke tempat agen Western Union terlebih dahulu. Anda harus membawa identitas diri dan memenuhi beberapa syarat untuk melengkapi formulir pengiriman. Meski cukup praktis, cara ini masih terbilang konvensional dan cukup mahal. Biaya setiap transaksinya berkisar antara Rp45.000 hingga Rp90.000 tergantung jumlah yang Anda kirimkan.

5. Transfer Uang Melalui Aplikasi Qelola

Jika Anda menginginkan cara transfer uang yang praktis dan kekinian, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola. Qelola sendiri merupakan layanan keuangan yang berfokus pada layanan transfer uang, e-wallet, serta pembayaran berbagai tagihan dari Malaysia ke Indonesia. Jadi untuk Anda yang berada di Malaysia, pastikan Anda menggunakan aplikasi Qelola untuk mengirim uang atau membayar BPJS, PDAM, dan listrik ke Indonesia.

Cara transfer uang melalui Qelola sangat praktis dan efisien, Anda tidak perlu ribet keluar rumah dan antre panjang di bank. Cukup dengan mengunduh aplikasi Qelola, registrasi, dan verifikasi data, Anda sudah bisa melakukan transaksi keuangan dengan mudah. Melalui Qelola, kiriman uang akan diproses secara cepat dengan biaya yang terjangkau. Jadi tidak perlu khawatir kantong jebol hanya karena biaya administrasi transfer uang. Ayo, segera unduh aplikasi Qelola dan nikmati beragam manfaatnya sekarang juga!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,