Menjaga Kebersihan Diri Perlu Dibiasakan, Lho!

Menjaga Kebersihan Diri

Menjaga kebersihan diri merupakan kewajiban yang perlu dijadikan kebiasaan. Mengapa? Kebersihan diri yang baik menghindarkanmu dari berbagai penyakit seperti demam, gigi berlubang, cacingan, dan masih banyak lainnya. Selain itu, kebersihan diri yang baik bisa membuatmu merasa lebih percaya diri.

Orang lain tentu akan merasa kurang nyaman bertemu jika kamu bau badan, bau mulut, atau bahkan bau ketiak. Hindari hal tersebut dengan rajin merawat diri. Berbagai hal bisa dilakukan secara rutin agar membentuk kebiasaan menjaga kebersihan diri. Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut

toothpaste 3067570 640 - Menjaga Kebersihan Diri Perlu Dibiasakan, Lho!

Sumber: pixabay

Bau mulut bisa sangat mengganggu terutama ketika sedang mengobrol dengan orang lain. Merawat kebersihan gigi dan mulut bisa membantu menghindarkan bau mulut, sakit gigi, penumpukan karang gigi, infeksi mulut, dan lain sebagainya. Rajinlah menggok gigi minimal sehari dua kali. Selain itu, kamu bisa menambahkan cairan kumur untuk membantu membersihkan keseluruhan bagian dalam mulut. Bersihkan juga lidah dengan alat pembersih lidah. Kunjungi dokter gigi 6 bulan sekali juga, ya.

2. Rajin Mencuci Tangan 

Tangan kotor merupakan sumber banyak penyakit. Mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun termasuk dalam menjaga kebersihan diri. Kamu perlu mencuci tangan sebelum makan, setelah dari luar rumah, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, serta setelah mengunjungi lingkungan sakit.

Cuci tangan perlu dilakukan dengan tepat setidaknya selama 20 detik. Pilih sabun cuci tangan antikuman dan bakteri yang lembut di tangan. Apabila tidak memungkinkan untuk mencuci tangan menggunakan air mengalir, hand sanitizer bisa dijadikan alternatif cadangan. Pilih hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%.

3. Perhatikan Kebersihan Ketiak

Ketiak yang tidak terawat kebersihannya bisa menimbulkan bau badan akibat munculnya bakteri yang bercampur dengan keringat. Bersihkan bagian ketiak saat mandi dengan sabun. Penggunaan deodoran juga bisa membantu mengurangi produksi keringat di ketiak. Tak jarang, deodoran yang kamu pakai menawarkan wangi segar sehingga membuat semakin percaya diri. Kamu juga bisa mencoba waxing untuk jika menyukai ketiak bersih tanpa bulu. Namun, merawat bulu ketiak juga sah dilakukan asal tetap bersih dan sehat.

4. Bersihkan Kuku Minimal Seminggu Sekali

hands 4863628 640 - Menjaga Kebersihan Diri Perlu Dibiasakan, Lho!

Sumber: pixabay

Kuku yang tidak terawat dapat memicu penyakit infeksi. Rawat dan bersihkan kuku minimal seminggu sekali. Beberapa hal yang bisa dilakukan seperti memotong kuku jika sudah mulai panjang dengan pemotong kuku bersih. Jaka kamu memilih memelihara kuku panjang, bersihkan lebih sering. Saat mencuci tangan, gunakan sikat untuk membersihkan kuku. Hindari menggigit kuku atau menggarukkannya pada permukaan yang kasar. Hal itu bisa merusak kuku. Tambahkan vitamin khusus kuku agar lebih sehat.

5. Perhatikan kebersihan organ intim

Organ intim sering terlewat dan jarang diperhatikan. Padahal jika tidak dirawat dengan seksama maka bisa menjadi sumber penyakit. Menjaga kebersihan diri termasuk juga organ intim. Rapikan bulu kemaluan agar tidak terlalu panjang dan membuat organ intim menjadi lembap. Khusus untuk perempuan, kamu bisa menggunakan sabun khusus organ intim namun hindari menggunakannya terlalu sering, ya.

6. Mandi Setiap Hari

Meski merasa malas, paksakan untuk mandi rutin setidaknya sehari sekali. Indonesia dengan cuaca tropis seringkali membuat tubuh mudah berkeringat dan memicu bau badan. Selain itu keringat di tubuh yang dibiarkan saja bisa menjadi sarang tumbuhnya bakteri.

Gunakan sabun antibakteri dan gosok secara merata ke seluruh tubuh. Bagian rambut juga perlu diperhatikan. Kamu bisa keramas dengan sampo 2 hari sekali. Saat cuaca sedang dingin atau badan lelah, cobalah mandi dengan air hangat. Efeknya akan membuat tubuh bersih, wangi, dan lebih rileks.

7. Ganti Seprai Secara Berkala

bedroom 405920 640 - Menjaga Kebersihan Diri Perlu Dibiasakan, Lho!

Sumber: pixabay

Tidur nyaman dan nyenyak bisa membuat tubuh lelah kembali segar. Pastikan kasurmu rapi dan bersih agar tidak mengganggu tidur. Menjaga kebersihan diri bisa dilakukan dengan rutin mengganti seprai kasur secara berkala, idealnya seminggu sekali. Cuci seprai menggunakan detergen kemudian jemur hingga kering. Jika seprai terlalu lama digunakan maka debu kotoran bisa bertumpuk. Tubuh bisa menjadi gatal-gatal dan memicu alergi.

 

Meski sudah menjaga kebersihan diri, bukan berarti kamu akan kebal dari penyakit. Jika merasa sakit, segera ke dokter agar tertangani dengan baik. Kini kamu bisa menggunakan asuransi BPJS untuk berobat dengan biaya lebih murah bahkan gratis. BPJS merupakan program asuransi kesehatan dari pemerintah yang mewajibkan masyarakat untuk membayar iuran rutin tiap bulan.

Agar tetap bisa digunakan saat membutuhkannya, pastikan kamu selalu membayar tagihan BPJS tepat waktu. Gunakan aplikasi Qelola untuk mempermudah pembayaran tagihan rutin seperti BPJS, PDAM, listrik, dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga bisa digunakan kirim uang luar negeri tanpa biaya tambahan. Tunggu apalagi? Segera unduh aplikasi Qelola secara gratis di Google Play Store. 

Tags: , , , , , , , , , , , ,