Kalau Ingin Terhindar dari Penipuan, Coba 5 Tips Belanja Online Ini!

belanja online

Ternyata belanja online bisa memberikan banyak kemudahan dan manfaat yang sering kali tidak disadari bahkan oleh pembeli online. Tentunya, kemudahan dan manfaat tersebut bisa didapatkan jika kamu paham tips belanja online yang aman. Lantas, apa sajakah manfaat belanja online? Kemudahan dan manfaat berbelanja online yang  jika dibandingkan dengan membeli langsung ke toko, jelas belanja online lebih murah biaya dan hemat waktu.

Tapi, bagaimana soal harga? Memang biaya pengiriman dibebankan penjual pada pembeli. Tapi ongkos tersebut umumnya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mendatangi sebuah toko. Selain itu, online shop biasanya akan menekan harga karena mereka tidak perlu biaya operasional buka toko dan gaji karyawan. Hebatnya lagi beberapa toko online seringkali memberikan fasilitas ongkos kirim gratis.

Kemudahan lainnya adalah belanja online bisa dilakukan serentak di beberapa toko online untuk membandingkan produk dan harga hanya melalui gadget. Selain itu, toko online biasanya juga banyak yang memberikan peluang bisnis baru untuk tambahan pendapatan kamu dengan sistem dropship atau reseller berbagai produk tanpa harus meninggalkan rumah.

5 Tips Belanja Online dengan Aman dan Nyaman

qelola 7 2 - Kalau Ingin Terhindar dari Penipuan, Coba 5 Tips Belanja Online Ini!

sumber: unsplash

Tips belanja online ini bisa kamu gunakan jika ingin berbelanja online dengan aman dan terhindar dari penipuan. 

  1. Tips belanja online yang pertama adalah pastikan kamu selalu bertransaksi pada marketplace atau toko online yang mempunyai reputasi bagus. Jika marketplace tersebut menawarkan fasilitas pembayaran setelah barang diterima atau pembayaran ditempat atau COD (cash on delivery), maka sebaiknya kamu memilih cara tersebut.
  2. Setelah memilih toko yang paling recommended dan meyakinkan, tips belanja online selanjutnya adalah dengan memerhatikan rincian produk atau barang yang akan kamu beli. Rincian produk menjadi salah satu hal penting yang jangan sampai terlewatkan begitu saja. Rincian produk lah yang akan memberikan gambaran umum mengenai barang yang akan kamu beli. Beberapa rincian produk yang harus kamu perhatikan adalah ukuran, bahan, baru atau tidaknya, dan adakah jaminan toko jika barang tersebut rusak dalam jangka waktu tertentu.
  3. Berhati-hatilah terhadap penawaran atau promosi yang tidak masuk akal, misalnya harga yang ditawarkan terlalu murah di luar kewajaran. Biasanya para penipu online akan menjebak calon pembeli untuk segera membayar dengan iming-iming harga murah.
  4. Tips selanjutnya adalah jangan memberikan informasi sensitif seperti PIN ATM hingga password untuk akun di e-commerce yang ada. 
  5. Jadilah pembeli yang cerdas dan cermat. Memang zaman sekarang cara pembelian suatu barang sangat dimudahkan dengan bantuan internet yaitu adanya toko online. Tetapi jangan sampai terbuai dengan kemudahan tersebut, dan jangan sampai kamu terbawa suasana untuk belanja online barang-barang yang bukan merupakan kebutuhan utama.

Tips Menjaga Keamanan Data Kartu Kredit

qelola 12 3 - Kalau Ingin Terhindar dari Penipuan, Coba 5 Tips Belanja Online Ini!

sumber: unsplash

Kamu mungkin menggunakan kartu kredit untuk melakukan pembayaran saat belanja online. Jika iya, kamu patut berhati-hati karena kartu kredit merupakan modus paling populer pencurian dana nasabah dengan teknik phishing. Nah, untuk meminimalkan risiko terjadinya kejahatan online tersebut ada baiknya kamu mencoba cara berikut ini:

  1. Pastikan kamu melakukan transaksi menggunakan kartu kredit di merchant atau website yang terpercaya dan sudah punya reputasi bagus. 
  2. Perlu diingat bahwa pihak bank tidak pernah meminta data pemegang kartu kredit melalui email, telepon ataupun sms. Jadi, segera laporkan setiap ada kejanggalan dari seseorang yang memintamu untuk memberikan data di luar kantor cabang bank tersebut.
  3. Saat kehilangan dompet, segera hubungi bank penerbit kartu kredit untuk melakukan pemblokiran.
  4. Jangan pernah menyimpan data dan password dalam gadget. Hal ini berbahaya jika sampai gadget kamu rusak kemudian di-service maka data Anda akan rawan untuk dicuri.

Belanja Online di Tempat yang Tepat

qelola 12 2 - Kalau Ingin Terhindar dari Penipuan, Coba 5 Tips Belanja Online Ini!

sumber: unsplash

Transaksi atau belanja online memang mudah dan nyaman dilakukan. Namun sebelum mulai berbelanja, ada baiknya kamu juga mencari informasi tambahan terkait website tersebut untuk menghindari kamu bertransaksi di tempat yang tidak tepat. Beberapa website sudah dilengkapi dengan fitur keamanan yang bagus. Biasanya memiliki beberapa ciri sebagai berikut:

  1. URL website pada umumnya adalah “http:www…”, namun di beberapa website atau setidaknya halaman bertransaksi dari website tersebut mungkin kamu pernah temui beralamat “https://www…”. Perhatikan huruf ‘s’ yang berarti secure atau aman. Website dengan tampilan https ini telah memiliki fitur keamanan yang bagus.
  2. Di sisi kiri “https://www…” biasanya akan terdapat gambar gembok atau anak kunci.
  3. Terdapat logo electronic certificate dari perusahaan pihak ketiga yang secara khusus mengamankan saluran transaksi online.

Baca juga: Penting! Ketahui Bahaya Scam dan Cara Menghindarinya

Saat ini, belanja online memang sudah menjadi gaya hidup baru bagi sebagian besar masyarakat. Kemudahan dalam bertransaksi, bebas macet, dan tawaran fitur yang menarik dari berbagai penyedia layanan transaksi online membuat pertumbuhan jumlah pengguna marketplace semakin meningkat dari waktu ke waktu. Nah, untuk melengkapi kemudahan kamu dalam bertransaksi online, unduh dan pasang Qelola di smartphone-mu! Dengan Qelola, kamu bisa kirim uang dari Malaysia ke Indonesia dengan mudah dan cepat. Menariknya lagi, kamu juga bisa bayar tagihan dan lainnya hanya melalui satu aplikasi saja. Download Qelola GRATIS! Yuk, bergabung dengan ribuan pengguna Qelola lainnya.

Tags: , , , , , ,