Penting! Ketahui Bahaya Scam dan Cara Menghindarinya

apa itu scam

Bagi sebagian orang, istilah scam mungkin masih terlalu asing. Namun, jika ditanya apakah mereka pernah mendapatkan telepon atau kiriman pesan dari nomor tidak dikenal yang menginformasikan tentang menang undian, tentunya banyak yang menjawab pernah. Kamu mungkin juga pernah mengalaminya. Nah, kamu patut berhati-hati karena kasus seperti ini sangat marak terjadi dan dalam skala yang lebih parah bisa menjadi scam.

Ramainya dunia maya memang membuat fenomena ini menjadi marak dan menjamur. Ada yang melalui email, pesan SMS, telepon, dan lainnya. Para pelaku atau yang disebut scammer biasanya adalah mereka yang pandai memanfaatkan kelengahan pengguna sosial media. Scammer ini bisa saja terdiri dari individu atau kelompok, dan tersebar di berbagai wilayah. Untuk lebih paham tentang apa itu scam dan bagaimana cara menghindarinya, langsung saja intip ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Scam?

qelola 21 - Penting! Ketahui Bahaya Scam dan Cara Menghindarinya

sumber: pixabay

Scam adalah salah satu bentuk penipuan yang dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan uang. Dalam bahasa Inggris, scam juga diartikan sebagai confidence trick or confidence game, sehingga pada awalnya penerima berita merasa yakin dan tidak mencurigai bahwa hal ini adalah bentuk penipuan. Biasanya fenomena penipuan ini dilakukan dengan memanfaatkan keluguan korban. Tidak hanya itu, penipuan ini juga dilancarkan dengan memanfaatkan keinginan korban untuk mendapatkan sesuatu yang maksimal dari usaha yang minimal, sehingga korban akan dijerumuskan oleh sang pelaku dalam keluguan dan ketidaktahuan mereka.

Biasanya yang banyak terjadi praktek penipuan berbasis scam ini dapat dilihat pada bisnis afiliasi, referral, atau reseller. Pasalnya, cara inilah yang mampu memperluas jaringan bisnis dan pemasaran mereka. Ditinjau dari segi biaya juga terhitung murah, karena para korbannya yang akan memperluas jaringan induk pelaku scam ini, sehingga pelaku tidak perlu repot-repot untuk turun tangan dan bisa meminimalisir biaya pemasaran seperti iklan.

Bagaimana Cara Kerjanya?

qelola 20 - Penting! Ketahui Bahaya Scam dan Cara Menghindarinya

sumber: pixabay

Jika kamu sudah terlanjur teperdaya sebuah situs scam, terkadang konsekuensinya bisa beragam. Mulai dari yang paling ringan, seperti misalnya kamu hanya akan dipancing untuk mengisi survey terlebih dahulu, sebelum mengunduh program “fiktif” yang menarik minatmu. Hingga yang paling berbahaya adalah ancaman bobolnya data pribadimu di ranah online. Oleh karena itu, agar bisa menghindari bahaya scam, kamu harus paham terlebih dahulu bagaimana cara kerja pelaku dalam mencuri data targetnya. Berikut ini penjelasannya:

  • Para pelaku alan mengaku-ngaku sebagai lembaga resmi.
  • Kemudian, pelaku akan mengiming-imingi hadiah dan menginginkan username serta password korban..
  • Setelah itu, pelaku akan mengirimkan link untuk masuk ke website tertentu dengan desain dan tampilan yang mirip dengan aslinya.
  • Apabila korban tidak sadar, mereka akan memasukkan username dan password dengan mudahnya.
  • Dan pelaku berhasil untuk mendapatkan data pribadi korban yang akan disalahgunakan.

Bagaimana Cara Menghindari Scam?

qelola 22 - Penting! Ketahui Bahaya Scam dan Cara Menghindarinya

sumber: pixabay

Supaya kamu tidak menjadi salah satu korban scam, cobalah beberapa cara menghindari scam berikut ini.

  1. Karena scam adalah tindak kejahatan yang dapat merugikan banyak pihak, maka kamu bisa mengatasinya dengan mengaktifkan laman incognito ketika melakukan pencarian di internet, terlebih ketika bertransaksi. Pastikan juga halaman yang kamu kunjungi bertuliskan ‘https://’ dan bukan ‘http://’. Pasalnya, huruf ‘s’ pada tulisan tersebut menandakan bahwa website itu aman alias secure dan memiliki sertifikat SSL.
  2. Jangan pernah membagikan informasi akun bank di media sosial. Meskipun hanya nomor rekening, tapi nyatanya tetap rentan untuk diretas. Jadi, sebaiknya kirimkan data bank melalui pesan gambar lalu hapus.
  3. Jangan pernah membagikan kode OTP atau one time password pada siapa saja dengan alasan apapun.
  4. Pastikan kamu tidak klik link apapun di pesan SMS, WhatsApp, atau email yang mencurigakan.
  5. Cara lain untuk mencegah bahaya scam adalah dengan mengubah kata sandi akun secara berkala, baik itu kata sandi handphone maupun email. Selain itu, gunakan variasi password seperti angka, huruf kapital, dan huruf kecil sehingga scammer akan sulit menemukan pola kata sandimu.
  6. Kamu juga patut waspada setiap kali menerima panggilan dari orang tidak dikenal. Baik itu yang mengaku-ngaku sebagai lembaga resmi maupun yang mengaku sebagai keluarga terdekat. Apalagi mereka yang meminta data diri atau informasi akun bank.

Ternyata scam benar-benar berbahaya!

Itulah bahaya scam dan 6 cara menghindarinya yang perlu kamu pahami. Scam adalah bentuk kejahatan yang kadang sulit untuk ditindaklanjuti karena korban dianggap ‘terlibat’ dalam memberikan informasi, meskipun dilakukan tanpa sengaja. Jadi mulai sekarang, kamu harus lebih berhati-hati. Untuk keperluan transfer uang, beli pulsa, dan bayar tagihan, kamu bisa pakai aplikasi Qelola. Qelola bisa kamu andalkan untuk memenuhi segala kebutuhanmu dalam bertransaksi. Kamu bisa kirim uang dari Malaysia ke Indonesia kapan dan di mana saja dengan proses yang cepat dan aman. Hanya dalam satu aplikasi, kamu juga bisa bayar tagihan listrik, PDAM, beli pulsa dan kuota internet dengan mudah. Tunggu apa lagi? Segera download aplikasinya di Playstore secara gratis, dan kamu sudah bisa menikmati beragam fiturnya.

Tags: , , , , , , ,