Waspada Modus Penipuan, Begini Cara Cek Identitas Lewat No Rekening Bank

cara cek identitas lewat no rekening bank

Banyaknya kasus kejahatan yang melibatkan nomor rekening bank membuat kecemasan bagi sebagian besar masyarakat. Khususnya mereka yang sering bertransaksi dengan menggunakan rekening bank. Ada kekhawatiran tersendiri apakah transaksi yang dilakukan aman atau tidak. Namun kini Anda patut merasa lega, karena Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia telah memberikan solusi atas kekhawatiran tersebut. Yaitu dengan meluncurkan website cekrekening.id yang akan memeriksa apakah suatu nomor rekening terindikasi tindak kriminal atau tidak. Selanjutnya, bagaimana cara kerja website tersebut? Apakah cekrekening.id memang bisa mengurangi tingkat kejahatan siber di Indonesia? Daripada penasaran, yuk langsung simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Begini Cara Cek Rekening Pelaku Scamming atau Penipuan Uang Online

Tips Waspada Terhadap Penipuan dengan No Rekening

cara cek identitas lewat no rekening bank 1 - Waspada Modus Penipuan, Begini Cara Cek Identitas Lewat No Rekening Bank

Karena maraknya tindak kriminal dengan nomor rekening, sebaiknya Anda lebih berhati-hati lagi setiap kali melakukan transaksi online dan transaksi lainnya yang menggunakan nomor rekening. Simak juga tips berikut ini untuk mewaspadai penipuan dengan nomor rekening.

1.  Jangan mudah tergoda dengan barang murah di internet

Sebagai makhluk ekonomi, hampir semua manusia akan mencari harga murah untuk membeli sesuatu. Akan tetapi, awal dari terjeratnya seseorang ke perangkap penipu di ranah jual beli online adalah karena tergoda dengan harga miring dari barang yang dijual si pelaku. Contoh barang yang biasanya ditawarkan dengan harga murah adalah gadget, laptop, hingga kamera digital. Tidak tanggung-tanggung, biasanya perbedaan harga dengan harga pasar selisih hingga 50%. Hal tersebut tentu saja membuat siapapun yang melihatnya akan tergoda.

2.  Cek kredibilitas penjual atau toko online

Sebelum melakukan transaksi pembayaran, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu kredibilitas dari penjual barang ataupun toko online yang akan Anda beli barangnya. Cari tahu informasi tentang penjual di internet, apakah dia pernah melakukan penipuan atau tidak. Toko online yang kredibel biasanya akan bersih dari testimoni yang buruk. Namun, Anda juga jangan mudah termakan dengan testimoni-testimoni baik dalam toko online tersebut. Karena bisa jadi hal itu merupakan salah satu trik penipu untuk menjerat Anda sebagai calon korbannya. Anda harus tahu bahwa testimoni tersebut bisa saja dibuat sendiri oleh jaringan penjual.

3.  Cek nomor rekening dan nomor telepon

Sebelum melakukan transaksi pembayaran, sebaiknya cek identitas lewat no rekening bank penjual terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga perlu mengecek nomor telepon penjual. Bagaimana caranya? Untuk cek identitas lewat no rekening bank, Anda bisa menggunakan website cekrekening.id. Sementara untuk cek nomor telepon, Anda tinggal mengetik nomor telepon tersebut pada laman mesin pencarian di internet. Jika nomor tersebut bermasalah, maka biasanya hasil pencarian akan mengaitkan nomor tersebut ke suatu berita kriminal. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan kata “penipu” di belakang nomor telepon penjual untuk melakukan penelusuran lebih mengerucut.

Apa Itu Cekrekening.id?

cara cek identitas lewat no rekening bank 2 - Waspada Modus Penipuan, Begini Cara Cek Identitas Lewat No Rekening Bank

Cekrekening.id merupakan portal yang diluncurkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI). Tujuan dari pembuatan portal ini adalah untuk membantu para masyarakat yang ingin mengecek apakah sebuah nomor rekening bermasalah atau tidak. Melalui cekrekening.id, Anda akan mengetahui sebuah rekening terindikasi tindakan kriminal atau tidak. Dengan begitu, Anda akan lebih nyaman saat melakukan transaksi setelah berhasil cek identitas lewat no rekening bank.

Cara menggunakan cekrekening.id sangat mudah, yaitu Anda tinggal mengakses situsnya, lalu pada halaman muka terdapat dua kolom yang bisa Anda isi. Isi kolom pertama dengan nama bank yang bersangkutan, kemudian isi kolom di bawahnya dengan nomor rekening yang ingin Anda cek identitasnya. Kemudian yang terakhir, klik “periksa rekening”. Tunggu beberapa saat, dan website akan menampilkan informasi terkait dengan nomor rekening tersebut. Isinya adalah berupa, apakah nomor rekening tersebut pernah dilaporkan atas tindak kriminal atau tidak.

Bagaimana Jika Mendapati Rekening Bermasalah?

cara cek identitas lewat no rekening bank 3 - Waspada Modus Penipuan, Begini Cara Cek Identitas Lewat No Rekening Bank

Anda tidak perlu bingung harus melakukan apa saat Anda mendapati bahwa nomor rekening tujuan Anda ternyata bermasalah. Cekrekening.id telah menyediakan fitur di mana Anda bisa melaporkan nomor rekening yang telah melakukan tindak kejahatan tersebut. Misalnya, Anda mempunyai pengalaman pernah tertipu dengan mengirimkan sejumlah uang ke sebuah nomor rekening, maka Anda bisa melaporkan segera lewat cekrekening.id. Caranya sangat mudah. Pada halaman utama website tersebut, Anda harus memilih menu “laporkan nomor rekening”. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi data yang tersedia, seperti nomor rekening yang bermasalah, nama pemilik rekening, dan kronologi penipuannya. Selain itu, Anda juga dapat melampirkan bukti kejahatan dalam laporan tersebut dalam bentuk dokumen, atau gambar yang dapat Anda unggah pada laman tersebut. Untuk memudahkan Anda, Kemenkominfo juga telah menyediakan kontak yang bisa dihubungi untuk konsultasi di nomor (021) 384-5786 dan 0822-1010-1112. Atau, Anda juga bisa menghubungi lewat e-mail di cybercrimes@mail.kominfo.go.id.

Jangan Takut Bertransaksi Online

Jika Anda sudah terlanjur melakukan transaksi, maka simpanlah segala macam bukti transaksi Anda dengan penjual. Baik itu bukti transfer di ATM, maupun screenshot percakapan dengan penjual di smartphone Anda. Tindakan tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Walaupun modus penipuan dengan nomor rekening marak, tetapi Anda tidak perlu takut untuk belanja secara online. Belanja online atau melakukan transaksi online akan tetap aman, asal Anda tahu bagaimana cara yang tepat. Untuk keperluan bayar tagihan dan kirim uang misalnya, Anda harus mencari aplikasi atau layanan yang terpercaya. Seperti Qelola, yang bisa digunakan di Malaysia untuk kirim uang ke Indonesia dengan mudah, murah, dan tentu saja terjamin keamanannya. Dapatkan informasi selengkapnya mengenai Qelola di sini. Atau Anda juga bisa langsung download aplikasi Qelola di Google Playstore, dan jangan lupa ajak teman Anda pakai Qelola juga!

Tags: , , ,