Cara Cek Identitas Lewat No Rekening Bank untuk Mengetahui Penipuan

cek identitas lewat no rekening

Di era digital seperti saat ini banyak tindak kejahatan terjadi di dunia perbankan. Salah satu yang sedang marak adalah modus penipuan berkedok hadiah kuis, barang murah dan pinjaman online tanpa ribet. Nah, bagi Anda yang mungkin pernah mengalami hal tersebut tentu wajib mengetahui cara cek identitas lewat nomor rekening bank untuk mengatasinya.

Perlu diketahui, saat ini telah hadir website CekRekening.id untuk melacak nomor rekening. Melalui website tersebut kita bisa mendeteksi nomor rekening penipu, lengkap dengan informasi bank dan nama pemilik rekening. Layanan tersebut tentu bisa menjadi sarana untuk melaporkan tindak kejahatan dengan modus penipuan.

Cekrekening.id merupakan portal yang di bangun oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI). Tujuan dari pembuatan website ini adalah untuk membantu masyarakat yang ingin mengecek apakah sebuah nomer rekening bermasalah atau tidak. Singkat kata, lewat cekrekening.id, kita akan mengetahui sebuah rekening terindikasi tindakan kriminal atau tidak.

Bagaimana Cara Cek Identitas Lewat No Rekening Bank di CekRekening.id?

Cara untuk melakukan cek identitas lewat no rekening bank menggunakan cekrekening.id sangatlah mudah. Anda tinggal mengakses situsnya, lalu pada halaman muka terdapat dua kolom yang bisa diisi. Isi kolom pertama dengan nama bank yang bersangkutan, kemudian isi kolom di bawahnya dengan nomor rekening yang ingin dicek. Terakhir klik “periksa rekening”.

Tunggu sebentar, website akan menampilkan informasi terkait dengan nomor rekening tersebut. Isinya berupa, apakah nomor rekening tersebut pernah dilaporkan atas tindak kriminal atau tidak.

Laporkan Jika Terjadi Tindak Kriminal

719353553 - Cara Cek Identitas Lewat No Rekening Bank untuk Mengetahui Penipuan

Fitur lain yang dimiliki oleh cekrekening.id adalah bisa melaporkan nomer rekening yang telah melakukan tindak kejahatan. Misalnya, Anda mempunyai pengalaman pernah tertipu dengan mengirimkan sejumlah uang ke sebuah nomer rekening, laporkan segera lewat cekrekening.id.

Caranya, pada lama utama website tersebut pilih menu laporkan nomer rekening. Selanjutnya, Anda diminta untuk mengisi data yang tersedia, seperti nomer rekening yang bermasalah, nama pemilik rekening dan kronologi penipuannya.

Selain itu, Anda juga dapat melampirkan bukti kejahatan dalam laporan tersebut dalam bentuk dokumen atau gambar yang dapat diunggah pada laman tersebut.

Untuk memudakan Anda, Kemenkominfo menyediakan kontak yang bisa dihubungi untuk konsultasi di nomor (021) 384.5786 dan 0822-1010-1112. Atau, bisa juga menghubungi lewat e-mail di cybercrimes@mail.kominfo.go.id.

Baca Juga: Begini Cara Cek Rekening Pelaku Scamming atau Penipuan Uang Online

Bagaimana Jika Ingin Melacak dan Mengetahui Alamat Pemilik Rekening yang Menipu Anda?

791b0e5a2135fd34cd66abac6203faf9 - Cara Cek Identitas Lewat No Rekening Bank untuk Mengetahui Penipuan

  • Saat Anda mentransfer sejumlah uang tentu penipu ini memberikan nomor rekening banknya, catat no rekening tersebut, jangan sampai hilang bukti struk pengirimannya.
  • Datang ke kantor polisi lalu jelaskan kronologi masalah bagaimana penipu ini telah menipu Anda, serta lampirkan bukti transfer.
  • Minta kepada kepolisian surat pengantar kepada bank yang bersangkutan untuk mengetahui data informasi penipu tersebut.
  • Lalu datangi bank bersangkutan dengan menceritakan kronologi masalah serta melampirkan bukti dan surat pengantar dari kepolisian.
  • Nanti pihak bank akan langsung memberikan informasi mengenai penipu tersebut, seperti nama lengkap, alamat dan sebagainya.
    Catatan: Biasaya pihak bank juga akan langsung memblokir rekening penipu jika memang terbukti, disisi lain saat orang membuat rekening pasti dengan data diri asli, catat alamatnya.

Nah, Pada Langkah Ini Ada Dua (2) Pilihan yang Dapat Anda Lakukan, Diantaranya:

1. Memberikan alamat tersebut ke kepolisian untuk diusut dan diciduk, agar uang dikembalikan, jika beda daerah biasanya kepolisian yang bertindak dari daerah juga, namun umumnya akan sedikit memakan waktu.

2. Anda bisa langsung mendatangi rumah orang tersebut, lampirkan bukti dan minta agar uang yang Anda kirim dikembalikan secara kekeluargaan.

Pertanyaan Umum Terkait Pelaporan Tindak Penipuan

Bagaimana Jika Struk Pengiriman Hilang?
Anda tetap bisa melakukan cek identitas lewat no rekening bank dan meminta bukti rekening  koran pada teller bank, atau cetak riwayat transaksi, namun pastinya akan dikenakan biaya sekitar Rp1.500 rupiah perlembar.

Bagaimana Jika Polisi Tidak Memberikan Surat Pendukung untuk Cek Alamat Penipu?
Yakinkan kepada polisi bahwa Anda benar-benar ditipu, ceritakan kronologinya dan sertakan buktinya secara lengkap.

Ke Bank Dulu atau ke Kepolisian Dulu?
harus kekepolisian dahulu,

Apakah bisa berlaku pada semua bank ?
Tentu, semua bank akan membantu Anda untuk melakukan cek identitas lewat no rekening bank, jika sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Walaupun modus penipuan dengan nomor rekening marak, tetapi Anda tidak perlu takut untuk bertransaksi secara online. Melakukan transaksi online akan tetap aman, asal Anda tahu bagaimana cara yang tepat. Untuk keperluan bayar tagihan dan kirim uang misalnya, Anda harus mencari aplikasi atau layanan yang terpercaya. Seperti Qelola, yang bisa digunakan di Malaysia untuk kirim uang ke Indonesia dengan mudah, murah, dan tentu saja terjamin keamanannya. Dapatkan informasi selengkapnya mengenai Qelola di sini. Atau Anda juga bisa langsung download aplikasi Qelola di Google Playstore sekarang juga.

 

Tags: , , , , , ,