Catat! 6 Destinasi Liburan Malaysia Paling Menarik Selain Kuala Lumpur

destinasi wisata malaysia

Malaysia memang termasuk salah satu negara yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan yang berasal dari Indonesia. Alasannya karena jarak ke Malaysia cukup dekat dan biaya liburan relatif aman di kantong. Sebagian besar destinasi wisata yang paling populer di negeri jiran ini memang berada di ibu kotanya, yaitu Kuala Lumpur. Namun siapa kira, banyak sekali destinasi liburan Malaysia selain Kuala Lumpur yang harus masuk daftar rekomendasi wisata dan wajib dikunjungi. Simak daftar 6 destinasi liburan Malaysia selain Kuala Lumpur selengkapnya berikut ini.

1. Pulau Langkawi

metallic structure mountains 1122 2204 - Catat! 6 Destinasi Liburan Malaysia Paling Menarik Selain Kuala Lumpur

Pulau Langkawi yang terletak di bagian barat laut Semenanjung Malaysia, merupakan destinasi liburan selain Kuala Lumpur yang menyuguhkan aneka pesona pulau dan pantai tercantik yang berderetan. Laut yang indah dengan hamparan pasir putih serta pemandangan berbukit-bukit yang hijau dan teduh di pulau ini. Anda juga bisa berkeliling di beberapa pulau sekitar Langkawi, seperti Pulau Beringin, Pulau Singa Besar, dan Pulau Rebak yang tak kalah mempesona. 

Di sini Anda bisa berkunjung ke Telaga Tujuh Waterfalls, bermain air dengan snorkeling atau diving, island hopping, birdwatching, dan lain-lain. Nah, jika Anda ingin menikmati pemandangan Langkawi dari ketinggian, gunakan fasilitas cable car di sana. Akses jalan menuju Pulau Langkawi mudah ditempuh dan banyak pilihan jalur darat, laut, dan udara. 

2. Kuala Terengganu

Apabila Anda ingin mendapatkan suasana pantai barat Malaysia selain Langkawi, Kuala Terengganu bisa menjadi pilihan tepat. Kota ini terletak di bagian timur dari Semenanjung Malaysia. Kuala Terengganu bisa dicapai dengan menggunakan bus atau pesawat via Kuala Lumpur. Beberapa destinasi liburan favorit di kawasan ini adalah Pulau Duyung, Seberang Takir, Masjid Terapung, dan Istana Maziah. Masih di sekitar area Terengganu, jika Anda ingin snorkeling atau diving, Pulau Redang menjadi tujuan utama.

3. Perhentian Islands

canoe beach sand 1137 145.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1796391982 - Catat! 6 Destinasi Liburan Malaysia Paling Menarik Selain Kuala Lumpur

Bagi Anda yang memiliki hobi snorkeling, tak ada salahnya mendatangi Perhentian Islands dan menjadikannya ke dalam daftar most visited. Pulau indah yang berada di negara bagian Terengganu ini memang letaknya cukup jauh dari Kuala Lumpur. Akan tetapi, dijamin perjalanan panjang Anda ke Perhentian Island tidak akan sia-sia karena pemandangan lautnya yang sangat biru dan indah.

4. Penang, Surga Dunia Para Pecinta Kuliner

 

chinese pastries display showcase 53876 41724 - Catat! 6 Destinasi Liburan Malaysia Paling Menarik Selain Kuala Lumpur

Penang memang terkenal dengan pemandangan menakjubkan Kota Georgetown dari atas Penang Hill. Akses ke salah satu destinasi liburan Malaysia tersohor ini bisa langsung dicapai menggunakan pesawat dari Indonesia, lho! Penang termasuk “World Heritage City” dengan suasana kental bangunan berarsitektur unik peninggalan kolonial Inggris yang bernilai sejarah tinggi. 

Soal kuliner tak perlu diragukan lagi. Anda bisa berburu kuliner di sebagian besar sudut kota. Saking banyaknya pusat kuliner di Penang, kota ini dijuluki the best street food. Coba datangi Gurney Hawker Centre tempat berkumpulnya para pedagang kaki lima. Anda bisa mencicipi aneka makanan khas Malaysia, China, dan India dengan harga murah meriah. Manjakan lidah Anda dengan mencicipi asam laksa, pesambur, oyster omelette, dan mi sotong alias mi cumi.

5. Kota Ipoh, Perak

Berwisata ke Ipoh bisa menjadi salah satu alternatif tujuan Anda selanjutnya ketika mengunjungi negeri jiran Malaysia. Ipoh merupakan salah satu kota di Malaysia yang cukup populer di telinga para traveler. Kota ini adalah ibu kota negara bagian Perak dan menjadi kota transit karena letaknya berada di tengah-tengah Kuala Lumpur dan Penang, Malaysia. Ipoh juga menjadi pintu masuk utama menuju Cameron Highlands. Aneka bangunan bersejarah yang bisa Anda kunjungi adalah Goa Tambun Paintings, Birch Memorial Clocktower, dan Ipoh Heritage Trail. Ipoh juga banyak memiliki street art seperti di area Ipoh Old Town dan Ipoh Newtown yang memamerkan beragam karya seni bernilai tinggi.

6. Little France Bukit Tinggi, Pahang

Untitled design 2020 07 15T121029.335 - Catat! 6 Destinasi Liburan Malaysia Paling Menarik Selain Kuala Lumpur

Sumber: pinimg.com

Bukit Tinggi atau Berjaya Hills terletak di Bentong, Pahang sering kali dilupakan karena keberadaan Genting Highland dan Cameron Highland lebih dikenal dahulu oleh para wisatawan. Bukit Tinggi memang bukanlah tempat yang penuh dengan hiburan seperti di Genting Highland, melainkan tempat untuk mencari kedamaian dan ketenangan bagi wisatawan. Bukit Tinggi dirancang menyerupai kota di Prancis, sehingga dikenal sebagai little France oleh warga lokal. Di sini Anda bisa menikmati pertunjukkan jalanan dan beragam kafe bernuansa Eropa. Pengunjung juga dapat belajar membuat teh ala Jepang di Zen-inspired Japanese Village.

Baca Juga: Alasan Mengapa Wisata ke Malaysia Selalu Menjadi Rekomendasi

Demikian ulasan mengenai beberapa destinasi liburan Malaysia selain Kuala Lumpur yang bisa Anda kunjungi untuk mendapat pengalaman seru dan tak terlupakan. Saat mempersiapkan segala keperluan berlibur ke luar negeri nantinya, jangan lupa persiapkan juga dompet digital di smartphone Anda, yaitu aplikasi Qelola. Aplikasi keuangan ini akan membantu mengelola keuangan selama di luar negeri serta menyelesaikan transaksi online berupa pembayaran tagihan dan kirim uang ke Indonesia. Aplikasi Qelola juga bisa Anda gunakan untuk bertransaksi antar sesama pengguna Qelola saat berada di negeri jiran Malaysia. Unduh dan install aplikasi Qelola di smartphone sekarang juga! Dapatkan informasi selengkapnya di sini.

Tags: , , , , , , , , ,