Habiskan Waktu di 10 Wisata Keluarga Terbaik Malaysia Berikut ini

wisata keluarga

Berlibur ke luar negeri bersama keluarga memang sangat menyenangkan. Malaysia menjadi salah satu negara tujuan favorit para wisatawan Indonesia yang ingin berlibur ke luar negeri. Negara ini memiliki banyak sekali destinasi wisata seru yang cocok dikunjungi bersama keluarga dan buah hati Anda tercinta. Simak rekomendasi tempat wisata keluarga di Malaysia yang bisa Anda kunjungi. Check this out!

1. Selami Kehidupan Laut di Aquaria KLCC

Aquaria KLCC merupakan Top 5 Aquarium di Asia yang terletak tidak jauh dari Suria KLCC & Menara Petronas. Aquaria KLCC merupakan aquarium mewah, canggih, dan modern yang dimiliki Malaysia dengan lebih dari 5000 jenis fauna darat dan bawah laut. Pengunjung akan merasakan indahnya suasana bawah laut dari balik kaca tanpa harus menyelam. Pengunjung bisa berjalan di bawah terowongan kaca sepanjang 90 meter dan seakan-akan sedang berada di dalam laut. Aquaria KLCC tidak hanya menyuguhkan pemandangan bawah laut, namun juga mengajak para pengunjung bersama menjaga ekosistem laut melalui gerakan konservasi. Tempat ini sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama anak-anak maupun dewasa untuk mengedukasikan pentingnya kelangsungan kehidupan di bawah laut.

2. Batu Caves, Belajar Budaya dan Religi

batu caves malaysia - Habiskan Waktu di 10 Wisata Keluarga Terbaik Malaysia Berikut ini

Sumber: www.thepoortraveler.net

Batu Caves berlokasi 15 kilometer dari Kuala Lumpur tepatnya di Jalan Batu Caves, off MRR2, 68100 Batu Caves, Selangor, Malaysia. Wisata ini merupakan gabungan antara wisata alam dan wisata religi. Di tempat ini Anda dapat menikmati pemandangan alam Batu Caves, bangunan kuil agama Hindu serta galeri seni yang berada di salah satu gua. Sampai di depan Batu Caves, para turis disambut oleh salah satu icon patung Malaysia, Dewa Muragan, setinggi 42 meter. 

Keunikan yang terdapat di kawasan ini, yaitu terdapat kurang lebih 272 anak tangga yang sengaja dibuat untuk memudahkan akses menuju kuil. Beberapa gua yang dapat Anda kunjungi di antaranya adalah Gua Kuil, Gua Seni, Gua Ramayana, dan Gua Museum. Anda juga dapat melihat aktivitas secara langsung salah satu hewan primata, yaitu monyet. Sebagai wisata religi, ribuan umat Hindu setiap tahun di akhir bulan Januari datang untuk merayakan Festival Thaipusam. Anda dapat mengunjungi lokasi wisata Malaysia terkenal ini tanpa dikenakan tiket masuk setiap hari pukul 06.00-21.00 waktu setempat.

3. Edukasi Flora dan Fauna di Bukit Nanas Forest

Bukit Nanas Forest atau Kuala Lumpur Forest Eco Park merupakan cagar alam hutan di tengah Kota Kuala Lumpur. Bukit Nanas Forest menjadi satu-satunya hutan hujan tropis yang terletak di tengah pusat kota. Kawasan ini resmi dibangun pada 1906 dengan luas mencapai 11.000 meter persegi. Pengunjung disediakan jalur jalan kaki sepanjang 300-500 meter untuk menyaksikan berbagai jenis tumbuhan dan hewan-hewan. Tempat ini menjadi pilihan keluarga untuk edukasi dengan lebih mengenal tentang dunia tumbuhan dan hewan. Selain itu juga disediakan fasilitas umum berupa taman bermain, camping area, gazebo, dan canopy walk, sebuah jembatan udara setinggi 200 meter. Kawasan ini terintegrasi dengan Menara KL sebagai pintu masuk ke Bukit Nanas Forest. Jadi Anda hanya perlu sekali membayar tiket masuk. Menyenangkan bukan?

4. Legoland Malaysia, Johor Bahru

C8Kj5%2FdCnE75BMxGpYYdcJVuEQbV3CnmF8ONfpQKM2nSWWBIIZYawS1qMa7rEFnfREAefVg3w9SPPqHm4DPBrF2wjrWo%2BMilYnihpeYe1NGxklTDNf2SWOCYdEeU%2BXBux9WD4JOnHCsahVcWw8zxjTtWzfc0Wp4LW8w8P9TaFvF7DRrVlrJiPV2pHEYOMneWq0GaSVrk2kJQDIz4VwKzVpb72x7TSU5Ima5iZxKQr8Y8r%2B%2FYvbZ4m6LsXh6ePvB6B6kEKKc0JBZx6%2F4T1s9bts1EexHQ%2FPnWbUWH5nxBHo0%3D?auto=compress%2Cformat&cs=srgb&ixlib=java 1.1 - Habiskan Waktu di 10 Wisata Keluarga Terbaik Malaysia Berikut ini

Sumber: traveloka.com

Jika Anda berlibur bersama keluarga dan anak-anak, Johor Bahru menjadi tujuan tepat karena memiliki sejumlah theme park yang dijamin seru! Legoland Malaysia merupakan salah satu theme park tersohor di Malaysia bahkan Asia, berada di Iskandar Puteri, Johor Bahru. Karena lokasinya dekat dengan Singapura, Legoland Malaysia bisa dicapai dengan bus dalam waktu kurang lebih 60 menit.

Legoland Malaysia adalah theme park outdoor dengan lebih 40 macam permainan dan menjadi Legoland pertama di Asia. Ketika akan mengunjunginya, Anda dapat memesan tiket secara online dengan membuka website Legoland. Di sini Anda akan menemui berbagai macam wahana permainan yang tentunya seru dan menyenangkan. Legoland menjadi “surga” bagi penggemar lego karena di sini akan menemui banyak miniatur-miniatur yang dibuat menggunakan lego. 

5. Masuk Dunia Fantasi, Thomas Town & Sanrio Hello Kitty Town

Tidak hanya Legoland Malaysia, Johor Bahru memiliki theme park yang tak kalah menarik yang menghadirkan karakter Thomas dan Hello Kitty sekaligus. Beragam wahana bernuansa Thomas si Kereta Api dan Hello Kitty bisa pengunjung temukan di sini, mulai dari taman bermain hingga sejumlah games menarik. Kedua taman bermain ini terletak di Persiaran Puteri Selatan, Puteri Harbour, 79000 Nusa jaya, Johor. Sebenarnya Thomas Town dan Sanrio Hello Kitty ini adalah dua tempat wisata yang berbeda. Pengunjung bisa mengunjungi salah satu atau keduanya sesuai dengan keinginan.

6. Minum Teh dan Menikmati Keindahan Cameron Highland

Cameron Highland menjadi pilihan tepat untuk menjauh sejenak dari suasana hiruk pikuk perkotaan. Dataran tinggi ini menawarkan panorama indah kebun teh, udara bersih dan sejuk, serta berbagai kegiatan seru yang berhubungan dengan alam. Anda bisa menjelajah kebun teh serta mendapat pengetahuan mulai dari cara menanam, memanen, dan mengolah daun teh. Anda juga bisa minum seduhan teh hangat sambil menikmati pemandangan kebun teh yang hijau atau membeli produk teh lokal. 

Selain kebun teh, Cameron Highland juga memiliki hamparan kebun stroberi. Anda juga bisa turut memanen dan membeli buah stroberi segar di sini. Jangan lupa mampir ke Museum Time Tunnel yang menampilkan sejarah Cameron Highland dari tahun 1950-an. Dijamin anak-anak akan senang diajak berwisata alam di Cameron Highland.

7. Trekking Sambil Belajar di Fashion Forest

genting highland malaysia 3 - Habiskan Waktu di 10 Wisata Keluarga Terbaik Malaysia Berikut ini

Sumber: ladypinem.com

Ajarkan anak-anak untuk sejak dini mencintai alam dengan mengunjungi Fashion Forest yang berlokasi di Genting Highland. Mengapa dinamakan Fashion Forest? Karena wisatawan tetap bisa bergaya meskipun masuk ke hutan. Anda harus melakukan trekking ringan saat mengelilingi hutan ini. Menariknya, hutan ini dilengkapi dengan koneksi WiFi 4G. Pengunjung akan menjumpai banyak papan petunjuk yang dilengkapi QR Code dan tag NFC. Anda cukup pindai QR Code dan tag NFC. Secara otomatis akan muncul website atau video informasi tertentu yang berhubungan dengan tumbuhan atau hewan di dalam Fashion Forest. Wow, this is beyond amazing!

8. Menikmati Pantai-Pantai Indah di Langkawi

pulau langkawi 2 - Habiskan Waktu di 10 Wisata Keluarga Terbaik Malaysia Berikut ini

Sumber: langkawi.sg

Bagi pecinta suasana pantai dan pulau, liburan ke Langkawi adalah pilihan tepat ketika berkunjung ke Malaysia bersama keluarga. Langkawi merupakan sebuah kepulauan yang berada di Laut Andaman dan memiliki julukan “The Jewel of Kedah”. Ya, meski bukan negara kepulauan, Malaysia juga memiliki deretan pantai indah yang bisa menambah vitamin bagi Anda pencari aroma laut. Wisatawan dapat memilih berbagai moda transportasi mulai udara, darat, dan laut untuk mencapai Langkawi. Beberapa pantai yang wajib dikunjungi adalah Pantai Beringin, Pantai Rebak, dan Pulau Singa Besar.

Rekomendasi tempat snorkeling terbaik berada di Pulau Payar. Anda akan dibuat takjub akan keindahan dan keragaman biota laut. Atau Anda bisa melakukan trekking ringan di Sky Bridge yang berada di puncak Gunung Mat Cincang. Untuk mencapai Sky Bridge bisa juga menggunakan Langkawi Cable Car yang akan membawa Anda menyaksikan pemandangan dari atas.

9. Little France Bukit Tinggi, Pahang

Bukit Tinggi atau Berjaya Hills terletak di Bentong, Pahang sering kali dilupakan karena keberadaan Genting Highland dan Cameron Highland lebih dikenal oleh wisatawan. Bukit Tinggi memang bukanlah tempat yang penuh dengan hiburan seperti di Genting, melainkan tempat untuk mencari kedamaian bagi wisatawan. Anda bisa datang sendiri ke sini atau dengan mengajak keluarga Anda untuk bersama menikmati ketenangan. Bukit Tinggi dirancang menyerupai kota di Prancis, sehingga dikenal sebagai little France oleh warga lokal. D sini Anda bisa menikmati pertunjukkan jalanan dan kafe bernuansa Eropa. Pengunjung juga dapat belajar membuat teh ala Jepang di Zen-inspired Japanese Village.

10. Wisata Malam di Changkat Bukit Bintang

Untitled design 2020 07 01T112029.833 - Habiskan Waktu di 10 Wisata Keluarga Terbaik Malaysia Berikut ini

Sumber: kuala-lumpur.ws

Changkat Bukit Bintang bisa dikatakan mirip Times Square New York City dan Piccadilly Circus London. Letaknya berada tepat di belakang Jalan Bukit Bintang Malaysia. Kawasan ini didominasi dengan bangunan bar dan restoran khas Asia hingga Eropa. Secara keseluruhan bangunannya bergaya kolonial dan kental akan nuansa klasik. Lokasi ini bisa dijadikan objek wisata malam Kuala Lumpur bersama keluarga dan orang tersayang. Anda dapat menghabiskan waktu dengan bersenang-senang sambil menikmati festival musik dan DJ Performance.

Baca Juga: List Oleh Oleh Malaysia yang Wajib Anda Borong saat Travelling

Rekomendasi tempat wisata keluarga di Malaysia di atas bisa Anda jadikan pertimbangan saat akan berlibur ke Malaysia bersama keluarga dan anak-anak. Untuk kemudahan mengelola keuangan selama berlibur di Malaysia, percayakan aplikasi Qelola. Qelola merupakan dompet elektronik (e-wallet) yang menyediakan fitur transaksi pembayaran tagihan dan transfer uang ke Indonesia. Nikmati keseruan wisata keluarga di Malaysia tanpa pusing memikirkan masalah keuangan di rumah. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk menikmati berbagai layanan keuangan. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , ,