Pentingnya Memiliki Asuransi Perjalanan Ketika ke Luar Negeri

Asuransi Perjalanan

Memiliki asuransi mungkin sudah jadi hal yang biasa. Namun pernahkan Anda berpikir untuk memiliki asuransi perjalanan ketika Anda melakukan kunjungan ke luar negeri? Baik untuk keperluan bisnis atau sekedar liburan, ternyata asuransi ini cukup penting untuk dimiliki. Pada beberapa aplikasi visa kunjungan bahkan asuransi untuk perjalanan menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi.

Asuransi perjalanan sendiri adalah perlindungan yang diberikan oleh perusahaan penyedia jasa untuk melindungi Anda dari resiko perjalanan yang mungkin terjadi. Tentu tidak ada orang yang ingin menggunakan asuransi ini, namun setidaknya dengan memiliki salah satu diantaranya, perjalanan Anda akan lebih terjamin dari resiko keselamatan dan kerugian selama perjalanan.

Lalu Apa Saja yang Akan Di-cover Produk Asuransi Perjalanan?

Untitled design1017 - Pentingnya Memiliki Asuransi Perjalanan Ketika ke Luar Negeri

Kecelakaan yang Mungkin Terjadi

Salah satu fungsi utama dari asuransi perjalanan adalah memberikan jaminan pada keselamatan Anda selama melakukan perjalanan dan jika terjadi kecelakaan. Sama seperti asuransi jiwa yang bisa ditemui di Indonesia, asuransi ini akan memberikan sejumlah uang santunan untuk kematian, kehilangan salah satu anggota badan, atau kelumpuhan total selama Anda melakukan perjalanan.

Biaya Pengobatan

Beberapa biaya pengobatan juga akan diberikan ketika Anda harus berobat ke rumah sakit atau dokter yang sudah bermitra dengan produk asuransi yang Anda beli. Tentu ada batas atas atau plafon yang ditentukan, namun untuk membantu mengurangi resiko pengeluaran, produk asuransi ini cukup disarankan.

Pemulangan Jenazah

Asuransi perjalanan juga memberikan jaminan pada penanggungan biaya pemulangan jenazah, kremasi, atau penguburan. Memang tidak semua memberikan ‘fitur’ ini mengingat resiko terjadinya kematian cukup kecil. Namun jika Anda ingin proteksi maksimal, Anda wajib memasukkan fasilitas ini di dalam asuransi yang Anda pilih.

Asuransi Perjalanan Menanggung Keterlambatan Keberangkatan

Ketika Anda menggunakan penerbangan tertentu, terkadang pesawat datang terlambat dan menyebabkan agenda Anda berantakan. Produk asuransi perjalanan juga memberikan kompensasi dalam kejadian ini. Meski tidak selalu dalam bentuk uang tunai, klaim bisa dilakukan dan kompensasi akan diberikan sesuai dengan kesepakatan awal yang disetujui.

Kerusakan Bagasi dan Barang Pribadi

Salah satu fasilitas yang banyak bermanfaat untuk pelancong dan orang yang ke luar negeri untuk berbisnis adalah tanggungan kerusakan barang di dalam bagasi dan kehilangan barang pribadi. Ya, fasilitas ini sangat bermanfaat untuk membantu mengurangi kerugian yang Anda alami jika terjadi kedua hal tersebut. Terdapat batasan nilai penggantian, yang biasanya didasarkan pada nilai bagasi yang Anda bayarkan.

Dokumen Perjalanan

Kehilangan atau kerusakan dokumen perjalanan juga bisa menjadi salah satu hal yang ditanggung oleh perusahaan penyedia jasa asuransi perjalanan. Meski mungkin tidak seluruhnya, namun tentu akan membantu banyak untuk mengatasi masalah tersebut.

Selalu Berhati-Hati dan Cermat Ketika Melakukan Perjalanan

Untitled design1018 - Pentingnya Memiliki Asuransi Perjalanan Ketika ke Luar Negeri

Salah satu hal yang wajib diterapkan dan dipegang ketika melakukan perjalanan adalah tetap berhati-hati dan cermat. Setiap barang bawaan yang Anda bawa wajib didata dan dicatat ketika akan berangkat atau meninggalkan suatu tempat. Selain itu, jangan sampai ada barang yang tertinggal atau hilang, terlebih untuk surat dan dokumen perjalanan karena akan banyak menyita waktu berharga Anda selama melakukan perjalanan.

Satu tips kecil yang bisa Anda gunakan, adalah memasukkan setiap barang ke dalam pouch kecil sesuai dengan ukuran atau jenisnya. Dengan begini, setiap perlu memeriksa barang Anda bisa memeriksa pouch tersebut satu per satu, dan memastikan setiap barang sudah ada pada tempatnya.

Pastikan Memilih Produk Asuransi Perjalanan yang Tepat

Untitled design1019 - Pentingnya Memiliki Asuransi Perjalanan Ketika ke Luar Negeri

Berbagai variabel bisa dijadikan acuan ketika perlu memilih produk asuransi perjalanan yang tepat. Mulai dari segi harga yang tetap masuk akal, fasilitas dan tanggungan yang banyak dan menyeluruh, hingga prosedur pembelian yang tidak memakan waktu. Keberadaan produk asuransi ini diperlukan untuk mengurus visa kunjungan ke beberapa negara, jadi Anda sebaiknya melakukan riset kecil sebelum berkunjung ke negara tersebut.

Anda juga perlu mencermati syarat dan ketentuan yang berlaku pada setiap poinnya agar Anda tidak merasa ‘terjebak’ karena hal yang seharusnya sudah Anda pahami. Luangkan waktu untuk membaca detail agar Anda paham benar produk yang akan Anda beli tersebut.

Baca Juga: Penggemar Staycation Unik, Temukan Pengalaman Antimainstream di Malaysia

Mempersiapkan perjalanan yang akan dilakukan memang satu hal wajib yang tidak boleh terlewat. Persiapan tiket, pemilihan tanggal, pemilihan hotel, itinerary perjalanan, hingga asuransi perjalanan, semua harus dipilih dengan pertimbangan matang dan cermat. Tujuannya sederhana, agar perjalanan yang Anda lakukan berjalan lancar dan menyenangkan.

Nah, setelah memahami sedikit mengenai asuransi perjalanan, kini Anda sudah selangkah lebih siap untuk berkunjung dan berwisata ke luar negeri. Sebagai persiapan tambahan yang tak kalah penting, Anda bisa mengunduh aplikasi Qelola. Layanan remitansi yang satu ini dapat membantu Anda melakukan pembayaran tagihan bulanan dengan cepat, mudah, dan murah. Unduh aplikasinya di sini, dan selamat bersenang-senang!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,