Penggemar Staycation Unik, Temukan Pengalaman Antimainstream di Malaysia

staycation di Malaysia

Saat ini, banyak sekali konsep liburan baru yang bermunculan. Bahkan mungkin sedang menarik minat banyak anak muda. Salah satu yang menawarkan pengalaman baru saat liburan adalah staycation. Staycation berasal dari kata “stay” yang berarti menetap atau tinggal di tempat tertentu, dan “vacation” yang berarti liburan. Jadi staycation adalah liburan yang dilakukan di rumah atau tempat tertentu tanpa pergi atau melakukan perjalanan ke tempat lain.

Pada awal ditemukannya aktivitas staycation antara tahun 2007 – 2010, staycation dilakukan di rumah atau di hotel yang masih ada di daerah sekitar rumah. Pada umumnya memang menghabiskan waktu di dalam negeri. Namun akhir-akhir ini, mulai banyak yang ingin merasakan staycation yang berbeda dari biasanya. Bahkan hingga rela ke luar negeri karena tawaran menginap yang tak hanya menginap. Malaysia menjadi salah satu negara tetangga Indonesia yang menawarkan konsep wisata ini. Terdapat beberapa destinasi staycation yang patut dicoba jika Anda ingin merasakan staycation unik di luar negeri. Berikut ini rekomendasi tempat staycation unik yang dekat dengan alam di Malaysia yang harus dicoba.

1. Berkemah Glamor di Semenyih

off grid glamping adventure semenyih know before you go 7 700x467 - Penggemar Staycation Unik, Temukan Pengalaman Antimainstream di Malaysia

Sumber: lokalocal.com

Salah satu kegiatan dalam staycation yang paling banyak digemari adalah glaming atau glamour camping, yaitu melakukan perkemahan di area yang memiliki fasilitas lengkap dan pengunjung tinggal menempati dan menikmati suasananya. Sehingga Anda akan merasakan kenyamanan di tengah alam yang masih asli. Jika Anda hanya ingin menghabiskan waktu di dalam tenda, telah disediakan kasur yang hangat dengan ukuran besar di dalam tenda yang menghadap sungai. Sehingga tidak hanya nyaman, Anda juga bisa merasakan suara air mengalir yang menenangkan.

Tapi jika tetap ingin melakukan aktivitas, supir van sekaligus pemandu wisata Anda akan mengarahkan Anda pada berbagai aktivitas seperti memancing, berenang di bawah air terjun, bersepeda, berendam di kolam air hangat. Lalu pada malam hari, Anda dan teman-teman dapat berkumpul di depan api unggun untuk barbeque dan menikmati indahnya langit berbintang. Menarik bukan?

2. Camping Mewah Pemandangan Pantai di Johor

6600267 19022113280072424928 - Penggemar Staycation Unik, Temukan Pengalaman Antimainstream di Malaysia

Sumber: agoda.com

Merasa kurang jika di pinggir sungai? Maka cobalah untuk merasakan glaming di pinggir pantai di Johor ini, tepatnya di Pulau Satu, Gelang Patah, 81550 Johor Bahru. Fasilitas di dalam tenda tidak kalah nyaman dan mewah dengan pilihan pertama tadi. Bedanya, Anda dapat menikmati matahari terbit dan terbenam di pinggir pantai. Sembari menunggu pemandangan momentum tadi, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti menjelajah hutan mini di pinggir pantai, menikmati taman bermain dan kolam renang di sekitar pantai, dan sebagainya. Kemudian pada malam hari Anda dan teman-teman dapat menyewa alat barbeque dan menyiapkan makan malam sambil melihat pemandangan bintang di langit. Semua aktivitas alam pantai dan fasilitas tenda yang termasuk mewah ini dapat Anda nikmati hanya dengan RM99 per malam per orangnya. Cukup terjangkau bukan?

3. Rumah Pohon di Kulai, Johor

maxresdefault - Penggemar Staycation Unik, Temukan Pengalaman Antimainstream di Malaysia

Sumber: youtube.com

Di sini Anda akan menikmati nyamannya rumah pohon yang dekat sekali dengan pepohonan hijau yang masih rimbun. Terdapat 4 rumah pohon kecil dan 2 rumah pohon besar yang dapat Anda sewa bersama teman atau pasangan. Tidak hanya itu, juga ada 1 aula besar yang disediakan khusus untuk menyantap makan malam dan sarapan yang menunya vegetarian dan dimasak di atas bara api. Sangat cocok bagi Anda yang ingin sekali kembali ke alam dengan seutuhnya. Beberapa rumah pohon yang satu ini dapat Anda dapatkan di alamat Gunung Pulai, Taman Gunung Pulai, 81000 Kulai, Johor.

Pada siang hari Anda dapat menikmati aktivitas seperti jelajah hutan, berenang di air terjun, belajar bercocok tanam, hingga mengikuti diskusi terkait hidup ramah lingkungan. Kemudian di sore hari Anda dapat bermalas-malasan di hammock sambil membaca buku yang Anda bawa atau bisa juga Anda pinjam dari ruang baca di sana. Bahkan Anda juga akan merasakan mandi dengan air yang dialirkan langsung dari saluran air pegunungan. Semua kenyamanan dan pengalaman dekat dengan alam tersebut dapat Anda nikmati hanya dengan RM144 per orang per malam.

4. Payung Hujan di Taiping, Perak

543af4e9 0f4e 440f 8c87 8852f9a45ad1 - Penggemar Staycation Unik, Temukan Pengalaman Antimainstream di Malaysia

Sumber: airbnb.com

Pilihan tempat staycation berikutnya adalah Payung Hujan beralamat di Lot 3644 Pejabat Rekreasi, Jalan Air Terjun, Bukit Larut, Taiping, Perak. Di sana, Anda akan menikmati aktivitas utama berupa menjelajah Sungai Burmese dengan naik ATV. Ada yang lebih menantang, yaitu hiking di sepanjang Lereng Maxwell atau kegiatan sederhana seperti menikmati pemandangan menakjubkan di Taman Danau Taiping yang hanya berjarak 5 menit berjalan kaki. Untuk penginapan, Anda bahkan bisa memilih 3 tipe. Pertama, menginap di Van atau Minibus Maxwell yang cocok untuk pillow talk dengan maksimal 3 orang. Kedua, Anda dapat juga menyewa pondokan atau gubuk jika Anda ingin bersantai dengan teman sambil minum kopi. Ketiga, Anda dapat merasakan glamping juga di sini yang tepat sekali dipilih jika menyewa untuk keluarga kecil dengan maksimal 4 orang. Bagaimana? Pilihan yang lengkap bukan?

Baca Juga: Liburan Anti Mainstream dengan Mengunjungi Ipoh Malaysia

Bagaimana? Apakah Anda tidak sabar merasakan staycation unik yang dekat dengan alam di Malaysia? Staycation biasanya sangat digemari oleh orang-orang yang tinggal di perkotaan dan butuh tempat baru yang nyaman untuk menghindari kepadatan dan bisingnya suasana kota. Sehingga meskipun ke luar negeri, alternatif liburan ini tetap sangat direkomendasikan. Untuk menyempurnakan waktu rileks Anda selama staycation di Malaysia, gunakan aplikasi Qelola untuk mempermudah urusan membayar tagihan rutin di Indonesia. Hanya dengan beberapa klik, Anda bisa membayar tagihan di Indonesia meskipun sedang berada di Malaysia. Yuk mulai rasakan manfaatnya dengan download Qelola di sini.

Tags: , , , ,