Ketahui 3 Jenis Paspor Indonesia untuk Perjalanan ke Luar Negeri

aplikasi antrian paspor online

Ada berbagai alasan bagi seseorang untuk pergi ke luar negeri seperti kuliah, bekerja, jalan-jalan, dan lain-lain. Sebelum berangkat ke negara yang ingin dituju Anda harus mempersiapkan beberapa dokumen penting, contohnya adalah paspor. Ya, paspor adalah syarat wajib yang harus dimiliki jika ingin pergi ke negara lain. Tanpanya, mustahil Anda bisa bepergian ke mancanegara. Bagi Anda yang ingin membuat paspor baru kini bisa dilakukan secara online tanpa harus mengantri dari pagi ke Kantor Imigrasi. Namun tahukah Anda bahwa paspor Indonesia memiliki tiga jenis yang berbeda? Jika belum, simak informasi tentang jenis paspor Indonesia melalui artikel berikut ini.

Mengenal Lebih Dekat Tentang Paspor Indonesia

paspor 5 - Ketahui 3 Jenis Paspor Indonesia untuk Perjalanan ke Luar Negeri

Sebelum menginjak ke jenis-jenis paspor yang dimiliki Indonesia ketahui dulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan paspor. Paspor adalah dokumen perjalanan yang diterbitkan oleh pemerintah kepada warga negaranya untuk bisa melakukan perjalanan ke luar negeri. Paspor sendiri berisi identitas, kewarganegaraan, hak perlindungan, dan hak untuk kembali ke negara asalnya. Pemilik paspor diwajibkan untuk menjaga paspor miliknya dengan sebaik mungkin karena paspor merupakan dokumen negara. 

Sedangkan Paspor Indonesia adalah dokumen perjalanan yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, serta perwakilan Indonesia di luar negeri. Paspor Indonesia memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antarnegara. Paspor Indonesia berfungsi sebagai tanda pengenal atau identitas dari warga negara Indonesia di luar negeri, oleh karena itu paspor ini hanya diberikan pada warga negara Indonesia saja. Paspor Indonesia harus diperpanjang/diperbaharui setiap lima tahun setelah paspor tersebut habis masa berlakunya. Paspor dapat diperpanjang sebelum habis masa berlakunya jika halaman paspor tersebut penuh, rusak berat atau hilang.

Jenis-Jenis Paspor Indonesia

paspor 6 - Ketahui 3 Jenis Paspor Indonesia untuk Perjalanan ke Luar Negeri

Setelah mengetahui apa itu paspor dan paspor Indonesia, kini Anda juga harus jenis-jenis paspor yang ada di Indonesia. Berikut ulasannya:

  1. Paspor Biasa

Paspor biasa adalah dokumen perjalanan Republik Indonesia yang diberikan kepada WNI yang akan pergi ke luar negeri atau kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia. Paspor biasa dibagi menjadi dua yaitu paspor elektronik dan paspor non elektronik. Paspor elektronik memiliki beberapa kelebihan dibandingkan yang non elektronik sehingga biaya pembuatannya juga lebih mahal. Paspor elektronik memiliki chip di dalamnya yang memuat kelengkapan data, sidik jari, dan bentuk wajah pemilik paspor. 

  1. Paspor Diplomatik

Nah, bagi WNI yang akan pergi ke luar negeri dan punya kepentingan tugas yang sifatnya diplomatik harus memiliki paspor diplomatik. Paspor diplomatik ini biasanya dimiliki oleh PNS, anggota TNI/Polri, serta anggota DPD, DPR, dan MPR. Adanya paspor diplomatik ini juga sudah diatur dalam UU 6/2011 tentang Keimigrasian, dan PP 31/2013 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011. Pembuatan paspor diplomatik ini memiliki proses yang berbeda dengan pembuatan paspor biasa. Jika pembuatan paspor biasa Anda harus pergi ke Kantor Imigrasi setempat, lain halnya dengan permohonan paspor diplomatik.

Pertama-tama Anda harus mengajukan permohonan ke petugas yang ditunjuk di setiap kementerian atau lembaga secara online melalui aplikasi Exit Permit. Selanjutnya adalah mengisi data pribadi serta mengupload dokumen yang diperlukan lewat aplikasi. Jika disetujui maka Anda akan mendapatkan notifikasi persetujuan oleh Direktorat Konsuler. Untuk pengambilan paspor diplomatik bisa dilakukan di Loket Pelayanan Kekonsuleran dengan membawa dokumen asli. 

  1. Paspor Dinas

Paspor Dinas adalah surat perjalanan yang diperuntukan bagi WNI yang akan keluar wilayah Indonesia untuk kepentingan dinas yang tidak bersifat diplomatik. Perihal paspor dinas ini juga diatur dalam UU 6/2011 tentang Keimigrasian, dan PP 31/2013 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011. Pengajuan paspor dinas juga memiliki alur yang sama dengan pengajuan paspor diplomatik.

Demikian informasi yang bisa Anda simak tentang jenis-jenis paspor Indonesia. Bagi Anda WNI yang akan bekerja di negara Malaysia ada hal lain yang juga harus diperhatikan. Guna memudahkan Anda dalam melakukan transaksi keuangan di Indonesia, disarankan untuk mengunduh aplikasi Qelola. Aplikasi ini adalah aplikasi keuangan yang didesain khusus untuk tenaga kerja Indonesia yang ada di Malaysia.

qelola app 2 - Ketahui 3 Jenis Paspor Indonesia untuk Perjalanan ke Luar Negeri

Aplikasi Qelola adalah cara baru untuk kirim uang dari Malaysia ke Indonesia secara online. Bagi Anda WNI dan TKI yang ada di Malaysia yang akan melakukan transfer dana ke tanah air bisa mencoba aplikasi ini. Selain untuk mengirim uang, aplikasi Qelola juga bisa digunakan untuk bayar-bayar tagihan di tanah air. Tagihan ini meliputi listrik, PDAM, BPJS Kesehatan, dan TV Kabel. Pembelian pulsa dan kuota internet juga bisa melalui aplikasi ini. 

Bahkan bagi Anda yang hobi main game online bisa beli voucher game lewat aplikasi Qelola langsung dari HP.  Info tambahan, penggunaan aplikasi Qelola gratis biaya transfer sampai dengan 15 April 2020. Selanjutnya Anda hanya akan dikenakan 1 ringgit per transaksi. Download segera aplikasinya di sini.

 

Tags: , , , ,