Cara Naik Pesawat Terbang untuk Pemula, Lihat di Sini!

Cara Naik Pesawat

Bepergian menggunakan pesawat terbang kini bisa dilakukan oleh siapa saja. Ketersediaan bandara, maskapai yang melayani banyak penerbangan, hingga harga terjangkau yang diberikan untuk destinasi favorit, semua bisa didapatkan dengan mudah. Tentu saja, untuk menikmatinya Anda harus tahu terlebih dahulu cara naik pesawat terbang sesuai prosedur yang berlaku.

Syarat pertama dan utama, setelah memiliki paspor dan visa untuk berkunjung ke luar negeri, tentu adalah tiket pesawat yang akan digunakan. Anda bisa mendapatkan tiket pesawat ini melalui banyak platform dan aplikasi. Pastikan tiket yang Anda beli berangkat di hari dan waktu yang tepat sesuai dengan rencana. Setelah memiliki tiket, Anda bisa menyimak prosedur di bawah ini.

Datang Lebih Awal

Untitled design1012 - Cara Naik Pesawat Terbang untuk Pemula, Lihat di Sini!

Sangat direkomendasikan untuk datang lebih awal dari waktu keberangkatan karena ada beberapa hal yang terlebih dahulu harus dilakukan. Setidaknya, datanglah 2 jam sebelum waktu keberangkatan. Selama 2 jam ini Anda akan melakukan hal administratif seperti check in, mengurus bagasi, dan menunggu pesawat yang akan Anda gunakan.

Persiapkan dokumen dan berkas yang diperlukan (paspor, visa, surat izin terkait, kartu tanda pengenal, tiket pesawat, surat terkait yang mungkin wajib dibawa) dan pastikan setiap dokumen tersebut mudah diambil. Anda bisa mengantri pada gerbang keberangkatan yang disediakan dan menunggu giliran pemeriksaan oleh petugas.

Pemeriksaan Keamanan

Setelah setiap data dan dokumen diperiksa, Anda akan menjalani pemeriksaan keamanan pertama. Anda akan diminta meletakkan koper dan barang bawaan lain pada mesin pemindai, dan melewati pintu keamanan yang akan memindai keberadaan logam di tubuh Anda. Sebelum melewati pintu ini, Anda harus melepaskan semua benda yang mengandung logam dan meletakkannya di nampan yang disediakan.

Pemeriksaan ini ditujukan untuk memastikan tidak ada barang terlarang yang dibawa di dalam penerbangan, baik di dalam bagasi atau di dalam kabin. Hal ini penting agar keamanan setiap penumpang bisa dipastikan dan penerbangan berjalan dengan selamat.

Lakukan Check In

Untitled design1013 - Cara Naik Pesawat Terbang untuk Pemula, Lihat di Sini!

Untuk mengkonfirmasi kedatangan Anda di bandara dan akan melakukan penerbangan, Anda harus melakukan check in terlebih dahulu. Caranya juga beragam dan bisa Anda pilih sesuai dengan kemauan Anda.

Untuk check in online, Anda bisa melakukannya 24 jam sebelum keberangkatan. Anda bisa membuka aplikasi penyedia jasa perjalanan atau masuk ke situs maskapai langsung utnuk melakukan check in online. Cara ini banyak dipilih untuk menghindari antrian panjang di loket check in manual yang tersedia di bandara.

Selanjutnya Anda bisa menggunakan layanan check in dengan mesin yang disediakan di area bandara. Check in mandiri ini juga memiliki proses yang mudah, tinggal memasukkan nomor KTP Anda, kemudian masukkan kode penerbangan yang Anda miliki yang tercantum di tiket pesawat Anda. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan boarding pass untuk masuk ke area ruang tunggu.

Terakhir adalah check in manual yang bisa dilakukan di loket yang akan dilayani oleh petugas bandara. Cara ini lebih sederhana dan klasik, serta banyak dipilih oleh orang yang baru akan melakukan penerbangan pertamanya. Bukan tanpa sebab, karena biasanya ketika pertama kali melakukan penerbangan, orang cenderung akan mudah kebingungan. Cara ini dinilai paling aman dan jelas untuk sekaligus mempelajari alur cara naik pesawat yang benar.

Penimbangan Barang yang Masuk Bagasi

Setelah melakukan check in pada tiket dan identitas Anda, petugas akan mengarahkan Anda untuk melakukan penimbangan barang bawaan yang akan masuk ke dalam bagasi. Setiap orang akan memiliki kuota yang disesuaikan dengan kebijakan maskapai. Ketika kuota beban ini terlewati, maka Anda harus membayar sejumlah ongkos sesuai dengan selisih yang muncul di layar loket.

Anda juga akan mendapatkan keleluasaan membawa barang dalam bobot tertentu ke dalam kabin, dengan syarat dan ketentuan berlaku. Barang yang masuk ke bagasi akan diberikan tanda sesuai dengan tiket dan penerbangan Anda, dan bisa diambil ketika nanti sudah sampai pada negara tujuan.

Pemeriksaan Paspor Imigrasi

Untitled design1014 - Cara Naik Pesawat Terbang untuk Pemula, Lihat di Sini!

Siapkan paspor, kartu identitas, dan boarding pass yang tadi sudah didapatkan dan ikutin antrian di meja imigrasi. Pemeriksaan ini hanya prosedur tetap, jadi Anda tak perlu merasa tegang atau takut. Selama Anda membawa setiap dokumen yang diperlukan maka pemeriksaan akan berjalan lancar.

Pemeriksaan Tahap 2

Setelah selesai melewati pemeriksaan di bagian imigrasi, Anda akan kembali menjalani pemeriksaan keamanan untuk memastikan tidak ada barang terlarang yang masuk ke dalam kabin. Setiap logam harus dilepas dan diletakkan di dalam tray yang tersedia, kemudian Anda akan melakukan proses yang hampir sama dengan pemeriksaan tahap pertama tadi.

Masuk Ruang Tunggu, Boarding, dan Selamat Liburan!

Untitled design1015 - Cara Naik Pesawat Terbang untuk Pemula, Lihat di Sini!

Setelah semua proses diselesaikan, Anda bisa memasuki ruang tunggu untuk menantikan panggilan untuk masuk ke dalam pesawat. Panggilan akan disuarakan dengan pengeras suara, sehingga memastikan tidak ada penumpang yang tertinggal. Naik pesawat sesuai dengan waktu dan maskapai, dan Anda bisa menikmati penerbangan sesuai durasi yang ditentukan.

Baca Juga: Apa Itu Jet Lag? Bagaimana Cara Mudah untuk Mengatasinya?

Memang jika dilihat cara naik pesawat cukup panjang dan rumit. Padahal nyatanya, Anda tinggal berjalan saja mengikuti rombongan dan antrian yang ada di bandara. Jika kurang jelas Anda bisa langsung menanyakannya pada petugas keamanan yang Anda temui, dan Anda akan diarahkan dengan baik. Untuk memaksimalkan liburan Anda, tentu Anda tak memerlukan gangguan masuknya tagihan bulanan bukan? Untuk mengatasi hal ini Anda bisa mengunduh aplikasi Qelola, yang bisa membantu membayarkan setiap tagihan bulanan (listrik, PDAM, BPJS) secara cepat dan murah. Unduh aplikasinya di sini, dan selamat berlibur!

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,