Hai Calon TKI, Ini Cara Pertama Kali Naik Pesawat

check in penerbangan

Naik pesawat saat ini bukan lagi menjadi suatu hal yang langka. Hampir semua orang menggunakan moda transportasi lewat udara ini karena waktu tempuh yang dibutuhkan lebih sedikit daripada moda transportasi lainnya. Selain itu, banyak sekali diskon tiket pesawat yang ditawarkan sehingga harganya sudah mulai terjangkau bagi banyak kalangan. Baik itu untuk perjalanan antar kota maupun ke luar negeri. Khususnya bagi Anda TKI yang akan berangkat ke negara tujuan dan harus naik pesawat untuk pertama kalinya. Karena bukan hal baru juga para TKI yang akan bekerja ke luar negeri akan merasakan naik pesawat untuk pertama kalinya. Tidak perlu khawatir jika Anda belum tau cara naik pesawat. Hal yang terpenting adalah Anda harus mengetahui informasi mengenai cara naik pesawat yang benar. Ini dia langkah-langkahnya:

a.  Beberapa Hari Sebelum Berangkat

Tentu sebelum naik pesawat, Anda harus memiliki tiket pesawat. Pembelian tiket pesawat dapat dilakukan melalui berbagai cara. Mulai dari cara konvensional melalui jasa travel hingga cara yang kekinian melalui berbagai aplikasi pemesanan tiket pesawat. Setelah memiliki tiket, Anda harus menyimpannya dengan baik. Jangan sampai rusak, basah, bahkan hilang. Nantinya, tiket tersebut yang akan Anda gunakan untuk melakukan pendaftaran (check in) di bandara.

Kemudian persiapkan barang bawaan Anda dengan mengepaknya secara efisien. Jangan membawa terlalu banyak barang karena ada batas berat barang gratis yang diperbolehkan maskapai penerbangan. Jika melebihi batas tersebut, Anda harus membayar biaya tambahan. Begitu juga dengan barang-barang yang tidak diperkenankan masuk kabin pesawat. Salah satunya adalah botol yang berisi cairan tidak boleh lebih dari 100 ml, dan masih banyak lagi ketentuan lainnya.

Setelah semuanya siap, perhatikan letak terminal keberangkatan sesuai dengan maskapai penerbangan yang akan digunakan. Terminal keberangkatan masing-masing maskapai dibedakan berdasarkan lingkup penerbangannya, yaitu apakah domestik atau antar negara (internasional). Letaknya pun berbeda untuk setiap bandara. Sehingga jangan ragu untuk mencari tau di mesin pencari google.

b.  Hari Keberangkatan

  1. Datang lebih awal sebelum waktu keberangkatan. Karena ini penerbangan pertama bagi Anda, setidaknya Anda harus sudah sampai bandara 2 jam sebelumnya.
  2. Lalu segeralah melakukan check in dengan menunjukkan tiket pesawat (elektronik maupun cetak) dan e-KTP. Nantinya Anda akan diminta juga untuk mendaftarkan bagasi jika membawa koper. Setelah selesai check in, Anda akan mendapatkan boarding pass.
  3. Kemudian langsung menuju gerbang (gate) sesuai dengan yang tertera di boarding pass Anda. Di sanalah tempat Anda akan menunggu penerbangan.
    jeshoots com mSESwdMZr A unsplash - Hai Calon TKI, Ini Cara Pertama Kali Naik Pesawat
  4. Ketika mendekati jam penerbangan Anda, akan ada pengumuman yang mempersilahkan penumpang untuk naik pesawat. Perhatikan sekali lagi nomor penerbangan yang tertera di boarding pass.
  5. Setelah masuk pesawat, duduklah di kursi sesuai dengan yang tertulis di boarding pass. Anda tidak perlu terburu-buru karena setiap penumpang memiliki kursi mereka masing-masing. Lalu letakkan barang-barang yang Anda bawa ke kabin pesawat di atas kompartemen (bagasi atas) tepat di atas tempat duduk Anda. Barulah Anda duduk dan memasang sabuk pengaman.
    toa heftiba DdFnqbvPuOE unsplash - Hai Calon TKI, Ini Cara Pertama Kali Naik Pesawat
  6. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan instruksi dari awak kabin agar Anda nyaman dan selamat sampai tujuan. Biasanya informasi yang akan dibagikan adalah seputar larangan di dalam kabin, letak pintu darurat, letak toilet, cara menggunakan masker oksigen darurat, dan masih banyak lagi.
  7. Tetap tenang selama penerbangan dan jangan panik jika terjadi guncangan-guncangan di dalam pesawat. Hal itu biasa disebut dengan turbulensi dan merupakan hal yang sangat wajar dalam setiap penerbangan.

c.  Sampai di Bandara Tujuan

  1. Jangan terburu-buru berdiri jika pesawat belum benar-benar berhenti. Serta perhatikan tanda pasang sabuk pengaman sudah dimatikan. Setelah melepas sabuk pengaman dan berdiri, lalu ambil barang bawaan Anda di kompartemen.
  2. Berjalan dan keluar dari kabin pesawat dengan tertib menuju bandara tujuan. Jika Anda memiliki koper yang ada di bagasi, segeralah menuju tempat pengambilan bagasi. Perhatikan informasi maskapai dan nomor penerbangan pada layar terdekat agar Anda tidak salah tempat.
  3. Baru setelah itu Anda bisa langsung menuju pintu keluar bandara. Semoga penerbangan Anda menyenangkan.

Apakah penjelasan cara naik pesawat di atas mudah untuk dipahami? Jika masih ada beberapa hal yang membingungkan, jangan malu untuk bertanya kepada orang-orang yang bertugas di bandara. Karena bagaimanapun juga tidak akan lucu jika Anda salah naik pesawat atau salah masuk terminal keberangkatan. Jangan sampai usaha Anda untuk bekerja menjadi TKI menjadi berujung masalah karena ketidaktahuan Anda terkait langkah naik pesawat.

Ketika telah sampai ke negara tujuan nantinya dan sudah mulai bekerja, tentu Anda akan menerima gaji pertama Anda sebagai TKI. Hal yang harus diperhatikan adalah manajemen keuangan Anda untuk hidup di negara tersebut sekaligus untuk membiayai kehidupan keluarga di tanah air. Gunakan aplikasi Qelola sebagai teman manajemen keuangan Anda selama di sana. Download aplikasi Qelola sekarang juga untuk kemudahan transfer uang ke Indonesia.

Tags: , , ,