Apa Itu Jet Lag? Bagaimana Cara Mudah untuk Mengatasinya?

jet lag

Apakah Anda sering kali mendengar istilah jet lag? Lalu, apakah Anda sudah mengetahui apa itu jet lag? Istilah ini digunakan untuk menggambarkan gangguan tidur yang bisa dialami oleh seseorang saat sedang bepergian jauh menggunakan pesawat. Saat Anda terbang melintasi sejumlah negara dengan zona waktu yang berbeda, maka tubuh Anda juga ikut berubah dan beradaptasi. Hal ini merupakan kondisi fisiologis yang menghasilkan gangguan dalam ritme sirkadian tubuh, yang juga dikenal sebagai jam biologis tubuh. Kondisi inilah yang juga digolongkan sebagai gangguan ritme sirkadian. Langsung saja simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui apa itu jet lag, apa saja gejala yang muncul, dan bagaimana cara mudah untuk mengatasinya.

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Pola Makan Sehat Agar Daya Tahan Tubuh Terjaga

Apa Itu Jet Lag?

jet lag 1 - Apa Itu Jet Lag? Bagaimana Cara Mudah untuk Mengatasinya?

Jika Anda mengalami masalah tidur untuk sementara waktu setelah melakukan penerbangan melintasi zona waktu yang berbeda, maka kondisi inilah yang disebut jet lag. Kondisi ini juga dikenal sebagai sindrom perubahan zona waktu. Pergerakan zona waktu yang sangat cepat, akan membuat jam internal tubuh Anda harus perlahan-lahan menyesuaikan diri. Padahal tubuh memiliki jam internal sendiri dengan siklus yang sama seperti perputaran bumi, yaitu 24 jam.

Kemudian, saat jam tubuh dengan waktu baru di tempat tujuan Anda tidak sinkron, maka akan terjadi jet lag. Dengan kata lain, penyebab jet lag adalah ketidakmampuan tubuh Anda dalam menyesuaikan diri dengan waktu di daerah Anda berada, di mana zona waktunya berbeda. Semakin banyak zona waktu yang dilintasi, maka akan semakin besar kemungkinan Anda mengalami jet lag. Dan pada umumnya, masalah jet lag akan sangat mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Apalagi saat Anda melakukan perjalanan ke arah timur, karena akan lebih sulit untuk memperpanjang waktu tidur Anda. Anda akan merasakan kantuk di siang hari, dan sulit tidur di malam hari. Bukan hanya pada orang dewasa saja lho, namun gangguan ini juga bisa terjadi pada anak-anak.

Apa Saja Gejala Jet Lag?

jet lag 2 - Apa Itu Jet Lag? Bagaimana Cara Mudah untuk Mengatasinya?

Ketika Anda sedang mengalami gangguan ini, maka Anda akan merasakan gejala-gejala tertentu yang tentu saja dapat mengganggu keseharian Anda. Apalagi jika Anda sedang berlibur. Adapun gejala jet lag yang mungkin Anda rasakan, di antaranya adalah:

  1. Mengalami gangguan tidur, insomnia, lesu, dan kelelahan.
  2. Kepala terasa berat dan terasa nyeri.
  3. Lebih cepat marah, kebingungan, dan sulit fokus.
  4. Mengalami depresi ringan.
  5. Selera makan menjadi berkurang atau bahkan hilang.
  6. Merasa gelisah.
  7. Mengalami gangguan pencernaan, seperti diare atau sembelit.

Bagaimana Cara Mengatasi Jet Lag?

jet lag 3 - Apa Itu Jet Lag? Bagaimana Cara Mudah untuk Mengatasinya?

Munculnya gejala-gejala seperti yang telah disebutkan di atas juga dapat dipengaruhi oleh jumlah zona waktu yang dilewati, usia, serta kondisi kesehatan masing-masing orang. Namun, Anda tidak perlu takut karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jet lag yang bisa Anda coba. Ke manapun destinasi penerbangan Anda, Anda bisa mengikuti tips di bawah ini untuk mengurangi atau memperbaiki ritme sirkadian tubuh:

  1. Beberapa hari sebelum berangkat, secara bertahap sesuaikan kebiasaan tidur Anda dengan zona waktu di negara tujuan Anda.
  2. Begitu naik ke pesawat, segera atur jam tangan Anda dengan zona waktu yang baru.
  3. Saat menempuh penerbangan dengan jarak yang jauh, cobalah untuk tidak tidur terlalu lama.
  4. Perbanyak minum air mineral karena dehidrasi justru akan semakin menyulitkan tubuh untuk menyesuaikan diri dengan ritme yang baru.
  5. Jika Anda membutuhkan waktu tidur setelah mendarat, maka batasi maksimal 2 jam saja untuk tidur.
  6. Dapatkan sinar matahari di pagi hari untuk membantu menyesuaikan tubuh agar terjaga secara alamiah.
  7. Cobalah untuk berolahraga di luar ruangan seperti jogging atau berjalan kaki.
  8. Hindari terlalu banyak minum kafein atau alkohol, dan hindari nikotin.
  9. Cobalah untuk tetap beraktivitas dan bergerak secara aktif, serta bersosialisasi dengan orang-orang baru.
  10. Terapkan rutinitas tidur yang baik sebelum Anda kembali ke negara asal.

Persiapan Matang Sebelum ke Luar Negeri

Dengan mengetahui apa itu jet lag, apa saja gejalanya, dan bagaimana cara mengatasinya, maka Anda akan memiliki kesempatan untuk mempersiapkannya sejak awal. Anda bisa mencoba beberapa tips di atas untuk  mengatasi gangguan tidur yang sering dialami saat bepergian dengan pesawat ini.

Jika urusan jet lag sudah beres, Anda juga perlu memikirkan urusan pengelolaan keuangan selama berada di luar negeri. Di Malaysia, ada aplikasi berbasis e-wallet yang bisa Anda manfaatkan untuk kemudahan bertransaksi. Aplikasi tersebut adalah Qelola. Dengan aplikasi ini, Anda akan lebih mudah untuk kirim uang antar negara dengan biaya yang murah. Selain itu, keperluan bayar tagihan hingga beli pulsa juga bisa diselesaikan dengan aplikasi ini. Coba deh, unduh Qelola di Google Play sekarang.

Tags: , , , , ,