Intip Berapa Biaya Akomodasi yang Diperlukan Mahasiswa di Malaysia

biaya akomodasi

Saat menjadi mahasiswa di luar negeri, ada satu pelajaran hidup paling berharga yang akan Anda dapatkan. Yaitu tentang bagaimana cara Anda mengatur keuangan Anda setiap bulan. Termasuk juga bagaimana cara Anda mengelola biaya akomodasi selama tinggal di luar negeri. Bagi Anda yang memilih Malaysia sebagai negara tujuan untuk menempuh pendidikan, sebenarnya ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Salah satu keuntungan utamanya adalah biaya hidup di Malaysia yang relatif masih masuk akal. Anda penasaran, berapa biaya yang diperlukan mahasiswa di Malaysia? Temukan jawabannya di bawah ini!

Baca Juga: Apa Saja yang Wajib Disiapkan untuk Mendapatkan Beasiswa S2 Luar Negeri?

Biaya Akomodasi Mahasiswa di Malaysia

Biaya hidup Anda sebagai mahasiswa di Malaysia sebenarnya akan bergantung pada gaya hidup pribadi Anda. Lalu bagaimana dengan akomodasi yang diperlukan selama berada di sana? Ketika Anda kuliah di Malaysia, Anda akan memiliki berbagai pilihan akomodasi yang tersedia. Pilihan Anda akan sangat bergantung pada apakah perguruan tinggi atau universitas Anda memiliki asrama mahasiswa, di kota mana Anda berada, dan berapa jumlah keuangan Anda setiap bulan. Nah, setelah Anda diterima di perguruan tinggi atau universitas tertentu di Malaysia, Anda perlu menunjukkan bahwa Anda memerlukan akomodasi. Jangan berasumsi bahwa Anda akan secara otomatis diberikan akomodasi, tetapi sebagai aturan umum, siswa internasional akan diberikan prioritas daripada siswa yang lainnya.

1.  Memanfaatkan Akomodasi Kampus

biaya akomodasi 1 - Intip Berapa Biaya Akomodasi yang Diperlukan Mahasiswa di Malaysia

Setiap universitas dan perguruan tinggi pada umumnya memiliki kantor akomodasi yang berurusan dengan aplikasi, dan melayani pertanyaan untuk akomodasi. Jadi jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah terkait akomodasi, Anda harus menghubungi salah satu dari petugas yang ada. Untuk akomodasi yang disediakan universitas atau perguruan tinggi, Anda harus memperkirakan sekitar RM300 sampai dengan RM600 per bulan. Biaya sewa akan bervariasi, tergantung pada lokasi dan jenis akomodasi yang Anda pilih.

Untuk harga atau biaya akomodasi di kota-kota besar, biasanya akan cenderung lebih mahal. Tetapi universitas biasanya akan menawarkan akomodasi di dalam kampus dengan biaya sekitar RM600 sampai dengan RM3.000 per semester. Akomodasi di dalam kampus ini pada umumnya berupa akomodasi tanpa fasilitas. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena ada juga yang dilengkapi dengan fasilitas bagi mahasiswa untuk menyiapkan makanan sendiri dan mencuci pakaian sendiri. Bahkan ada beberapa universitas yang menyediakan akomodasi yang lengkap. Termasuk menyediakan makanan dengan biaya antara RM10 sampai dengan RM20 per hari. Sebagian besar akomodasi di kampus ini diperuntukkan bagi mahasiswa internasional. Jika Anda membawa keluarga untuk tinggal bersama, maka kecil kemungkinan Anda mendapatkan akomodasi di kampus.

2.  Akomodasi di Luar Kampus

biaya akomodasi 2 - Intip Berapa Biaya Akomodasi yang Diperlukan Mahasiswa di Malaysia

Sementara itu, di luar kampus seperti tinggal di area perumahan juga sangat umum di kalangan mahasiswa lokal maupun internasional. Karena sebagian besar area perumahan memang terletak tidak jauh dari kampus atau universitas. Area perumahan ini biasanya terdiri dari rumah satu atau dua lantai, memiliki 3 atau 4 kamar tidur, ruang tamu, dapur, dan kamar mandi.

Jika Anda memilih untuk menyewa kamar di apartemen, pastikan Anda memeriksa apa saja yang termasuk di dalamnya. Pastikan untuk membaca semua dokumen dengan cermat sebelum menyewa apartemen. Karena pada umumnya pihak yang menyewakan apartemen memiliki biaya serta syarat dan ketentuan yang berbeda. Jadi Anda memang harus jeli, jika tidak ingin menyesal di kemudian hari karena ternyata ada informasi yang tidak Anda ketahui.

Alasan Kenapa Kuliah di Malaysia

biaya akomodasi 3 - Intip Berapa Biaya Akomodasi yang Diperlukan Mahasiswa di Malaysia

Malaysia memang menjadi salah satu negara di kawasan Asia yang seringkali dirujuk pelajar asal Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Ada beberapa faktor kenapa negara yang masih satu rumpun dengan Indonesia ini menjadi lokasi tujuan kuliah. Salah satunya adalah karena rata-rata kuliah di Malaysia memiliki durasi yang lebih pendek jika dibandingkan dengan kuliah di Indonesia. Selain itu, biaya yang dibutuhkan untuk kuliah dan tinggal di Malaysia juga lebih murah dibandingkan dengan negara lainnya.

Keunggulan lain kuliah di Malaysia adalah banyaknya perguruan tinggi atau universitas yang menjalin kerjasama dengan universitas internasional. Seperti Australia, Amerika Serikat, Inggris, hingga Selandia Baru, dan negara lainnya. Hal ini memungkinkan para mahasiswa untuk mendapatkan dua ijazah sekaligus ketika telah lulus kuliah. Di luar itu, kondisi ekonomi yang relatif stabil juga membuat mahasiswa yang kuliah di Malaysia tidak perlu terlalu sibuk memikirkan hal-hal di luar studi. Masyarakat dan budaya Malaysia yang multikultural juga dapat membantu setiap mahasiswa untuk memperkaya pengetahuannya. Menariknya lagi, mahasiswa di Malaysia juga diberikan izin untuk bekerja secara part time selama 20 jam per minggu ketika libur.

Bagaimana, Anda semakin tertarik untuk menjadi mahasiswa di Malaysia? Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, pastikan Anda mempersiapkannya dengan matang. Termasuk soal urusan pengelolaan keuangan. Hal ini mutlak diperlukan, mengingat Anda akan tinggal jauh dari keluarga. Jadi, Anda memang dituntut untuk mandiri dan mampu mengelola keuangan sebaik mungkin. Untuk kemudahan kirim uang antara Malaysia dengan Indonesia, Anda bisa percayakan pada aplikasi Qelola. Fiturnya lengkap, tidak hanya untuk keperluan kirim uang saja. Ajak keluarga dan sahabat Anda pakai Qelola juga! Unduh aplikasi Qelola di sini, ya.

Tags: , , , , , ,