Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri?

Cara Mendapatkan Beasiswa Ke Luar Negeri

Tidak sedikit calon mahasiswa atau orang tua yang mencari cara mendapatkan beasiswa ke luar negeri agar pendidikan yang ditempuh memiliki kualitas lebih baik. Jumlah beasiswa yang ditawarkan setiap tahun memang tidak bisa dibilang sedikit jumlahnya. Namun jika dibandingkan dengan animo calon mahasiswa dan orang tua yang mencari beasiswa ini, maka Anda, baik sebagai calon mahasiswa atau orang tua, harus benar-benar mempersiapkan diri dan berusaha sebaik-baiknya.

Informasi mengenai beasiswa sendiri bisa didapatkan pada situs resmi universitas yang diinginkan. Di sana, Anda akan mendapatkan informasi terkait beasiswa, cara pengajuan, syarat yang diperlukan, hingga tahap demi tahap prosedur yang harus dijalani. Ada beberapa tips yang akan berguna jika Anda mencari cara mendapatkan beasiswa ke luar negeri, dan Anda bisa menyimaknya pada bagian berikut ini!

Modal Utama: Yakin dan Motivasi Kuat

Untitled design968 - Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri?

Tanpa keyakinan dan motivasi yang kuat, cara mendapatkan beasiswa ke luar negeri yang Anda pilih dan perjuangkan tentu akan sia-sia. Proses yang panjang, tahapan yang cukup rumit, serta banyaknya berkas yang diperlukan, semua ini harus disiapkan dengan modal utama keyakinan dan motivasi.

Selanjutnya, Anda juga wajib melakukan persiapan, utamanya persiapan kemampuan akademik karena tes yang akan diberikan terbilang cukup berat. Terlebih jika melihat persaingan yang terjadi, maka dapat dipastikan hanya orang-orang dengan usaha terbaik dan keberuntungan yang bisa lolos beasiswa ini. Bagaimana tidak, Anda akan bersaing dengan pencari beasiswa dari seluruh penjuru dunia untuk mendapatkan satu kursi di kampus yang Anda inginkan.

Target yang Jelas dan Riset Mendalam

Selanjutnya Anda perlu paham universitas mana yang akan Anda tuju, fakultas apa yang menawarkan program studi yang Anda inginkan, dan jurusan apa yang ingin Anda masuki. Semua informasi ini akan jadi landasan kuat untuk mempersiapkan diri dari sisi akademik dan dari sisi mental Anda.

Dengan mengetahui benar target yang Anda inginkan, usaha dan persiapan bisa dilakukan lebih maksimal dan terfokus. Anda bisa belajar materi yang sekiranya berhubungan dengan jurusan yang Anda inginkan, sehingga waktu yang digunakan akan menjadi lebih efektif. Semakin banyak informasi yang Anda ketahui mengenai kampus yang diinginkan, maka idealnya semakin baik pula persiapan yang akan Anda lakukan.

Syarat Administrasi

Untitled design966 - Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri?

Yang juga tidak boleh ketinggalan untuk dipersiapkan adalah syarat-syarat administrasi yang jumlahnya tidak sedikit. Mulai dari paspor, visa pelajar (ketika sudah diterima), surat kuasa asuh, surat tanda diterima di universitas, dan masih banyak lagi, wajib dipersiapkan dengan baik dan jangan sampai ada yang tertinggal.

Persiapkan urusan administrasi jauh-jauh hari agar Anda tidak terburu-buru dan beresiko membuat urusan ini berantakan. Memahami cara mendapatkan beasiswa ke luar negeri juga wajib hukumnya untuk memahami berkas apa saja yang harus disiapkan. Jadi, pastikan Anda mengunjungi situs resmi dari kampus yang Anda inginkan untuk mengetahui detail administrasi yang dibutuhkan.

Tentukan Pilihan Beasiswa dan Ajukan Permohonannya

Jenis dari beasiswa ke luar negeri sendiri cukup banyak dan menawarkan apa yang diperlukan oleh calon mahasiswa. Mulai dari jenis beasiswa penuh, lengkap dengan akomodasi sampai dengan tempat tinggal dan uang makan, hingga beasiswa yang hanya mencakup biaya pendidikan saja.

Pastikan Anda memilih jenis beasiswa yang sesuai dengan kebutuhan agar Anda tidak mengambil porsi orang lain yang juga membutuhkan. Persaingan harus dilakukan secara sehat dan sesuai dengan kebutuhan agar setiap calon mahasiswa memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh satu kursi beasiswa yang diinginkan.

Cara Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri: Belajar, Belajar, Belajar

Untitled design965 - Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri?

Pada akhirnya acuan utama yang digunakan untuk diterima atau tidak program beasiswa yang diajukan adalah hasil tes yang akan Anda lakukan. Untuk itu, persiapan materi pelajaran yang sesuai dengan bidang yang diinginkan mutlak harus dilakukan. Sederhana, agar Anda semakin siap mengerjakan tes yang diberikan dan bisa mendapat nilai terbaik dari seluruh peserta.

Anda bisa mencari semacam ‘bantuan’ dari lembaga bimbingan belajar atau kursus privat. Akan diperlukan biaya yang lebih besar tentu saja, tapi ini juga akan memperbesar kesempatan Anda diterima. Meski demikian jika dirasa cukup dengan belajar secara mandiri dan memanfaatkan informasi yang ada di dunia maya, hal ini juga bukan hal yang salah. Setiap orang memiliki cara belajar dan persiapan masing-masing, yang dirasa paling nyaman dan akan memberikan kesempatan paling besar untuk diterima.

Baca Juga: 7 Keuntungan Memilih Kuliah di Luar Negeri yang Perlu Anda Tahu

Memahami cara mendapatkan beasiswa ke luar negeri seperti yang dijelaskan di atas akan menjadi langkah awal yang baik untuk memulai petualangan baru Anda. Tentu, ketika nanti sudah lulus dan mendapatkan pekerjaan di luar negeri, salah satu hal rutin yang akan dilakukan adalah mengirimkan uang kepada keluarga di Indonesia. Untuk urusan ini, Anda bisa menggunakan Qelola, layanan remitansi dengan segudang fitur bermanfaat yang menerapkan biaya administrasi paling murah. Anda bisa mengunduh aplikasinya di sini, dan bisa mulai menggunakannya untuk pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia.

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,