5 Tips Merantau untuk Kaum Pemula, Simak Setiap Detailnya!

Tips Merantau

Mengambil keputusan untuk pergi merantau adalah satu hal yang besar. Tentu, keputusan ini harus diambil dengan pertimbangan dan persiapan yang benar-benar matang. Terlebih ketika Anda memutuskan untuk merantau ke negeri orang untuk bekerja. Setidaknya Anda harus mengetahui tips merantau yang sifatnya mendasar, agar Anda bisa meraih tujuan yang Anda miliki.

Tips merantau berikut ini mungkin bisa memberi sedikit gambaran apa saja yang harus dilakukan sebelum dan ketika Anda sampai di lokasi tujuan. Akan ada satu dan lain hal yang berbeda, namun tips berikut sifatnya hanya gambaran umum saja, untuk bekal kecil Anda di tempat baru. Simak poin-poin di bawah ini!

Tekad dan Alasan yang Kuat

Untitled design937 - 5 Tips Merantau untuk Kaum Pemula, Simak Setiap Detailnya!

Merantau ke kota atau ke negeri orang merupakan satu hal yang besar dan memerlukan alasan sangat kuat. Zona nyaman yang Anda nikmati selama ini akan Anda lemparkan, secara sadar, dan mungkin Anda akan perlu usaha yang besar untuk mendapatkannya kembali. Ini mengapa, tips merantau yang pertama adalah harus memiliki tekad yang kuat serta alasan yang juga kuat.

Dengan bermodalkan dua hal ini, keputusan yang Anda ambil ketika berada di tempat rantau nantinya benar-benar bisa menuju apa yang Anda incar. Niatan Anda untuk merantau dan mendapatkan hidup yang lebih baik akan menjadi kuat dan tidak mudah goyah oleh ujian-ujian yang akan Anda temui. Tentu hal ini perlu dipikirkan baik-baik, agar dapat menjadi satu keputusan mutlak yang akan Anda laksanakan.

Wajib Paham dan Melakukan Riset

Tujuan pekerjaan, lokasi pekerjaan, biaya hidup, tempat berlindung, rekan atau kerabat, rencana cadangan, kultur tempat baru, jumlah gaji, prospek investasi, dan masih banyak lagi hal yang wajib Anda pahami sebelum benar-benar berangkat. Lakukan riset kecil untuk mendukung keputusan yang akan Anda ambil, sehingga keputusan tersebut tidak diambil secara asal-asalan.

Riset kecil seperti ini adalah satu persiapan utama yang wajib dilakukan guna membuat satu perencanaan mendetail tentang apa yang akan Anda lakukan di sana. Ketika setiap hal ini sudah Anda pahami, maka Anda akan memiliki ‘buku panduan’ sederhana yang dapat dijadikan pegangan, sembari melihat situasi dan mengambil langkah-langkah tepat ketika menjalani kehidupan di lokasi baru.

Kemampuan Beradaptasi

Untitled design936 - 5 Tips Merantau untuk Kaum Pemula, Simak Setiap Detailnya!

Lingkungan baru yang akan Anda datangi tentu akan menawarkan banyak petualangan baru. Untuk dapat menaklukkan semua tantangan yang hadir, Anda perlu memiliki kemampuan beradaptasi yang baik. Memang kemampuan ini sulit dipelajari secara teori karena akan memerlukan banyak waktu untuk membaca berbagai sumber dan kajian.

Meski demikian, salah satu cara beradaptasi yang cukup disarankan adalah mencari komunitas pendatang yang ada di area Anda. Misalnya untuk Anda yang baru pertama kali menjadi TKI di Malaysia, Anda bisa menemukan banyak komunitas TKI yang ada di sana. Secara aktif, bukalah media sosial yang Anda gunakan dan selalu cari kata kunci yang terdengar relate dengan kegiatan TKI. Ini bisa membantu Anda menemukan komunitas baru yang memudahkan adaptasi yang harus dilakukan.

Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan yang Ketat

Memang Anda datang ke negara atau kota baru untuk mendapatkan pekerjaan dan penghasilan yang lebih baik. Namun, ini bukan berarti Anda bisa berfoya-foya menghabiskan seluruh bekal dan pendapatan Anda. Anda perlu perencanaan keuangan yang baik serta kemampuan mengelola keuangan, sehingga setiap tujuan yang Anda inginkan benar-benar bisa didapatkan.

Tak jarang justru TKI yang merantau ke negeri orang berhasil memiliki usaha sendiri. Salah satu faktor utama adalah kemampuan mengelola uang yang dimiliki sehingga bisa memanfaatkan kesempatan yang ada. Pada awal bulan, lakukan perencanaan yang baik pada sumber daya yang Anda punya. Taati perencanaan yang Anda buat, dan lakukan berulang kali. Dalam beberapa bulan, Anda akan melihat uang tabungan mulai terkumpul dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Pengembangan Diri

Untitled design935 - 5 Tips Merantau untuk Kaum Pemula, Simak Setiap Detailnya!

Dengan mengikuti berbagai kegiatan komunitas, Anda memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri dan kemampuan yang Anda miliki. Mulai dari kemampuan berkomunikasi, berjejaring, kemampuan kerja dan skill baru, dan sebagainya. Anda bisa memanfaatkan waktu luang Anda ketika selesai bekerja. Jangan malas bergerak, itu adalah poin penting untuk tips merantau kali ini.

Baca Juga: Inilah Daftar 6 Universitas Terbaik di Malaysia

Pada dasarnya, ketika Anda sudah memutuskan untuk merantau maka tentu Anda sudah memiliki satu keinginan yang jelas. Tips merantau di atas sifatnya hanya secara umum saja, dan tentu memerlukan penyesuaian di satu dan lain hal.

Setelah memahami tips merantau yang dijelaskan di atas, kini Anda diharapkan bisa melakukan perencanaan dan eksekusi yang lebih baik. Tentu, ketika nantinya Anda sudah bekerja di luar negeri, satu hal yang tak boleh dilewatkan adalah mengirim uang kepada keluarga yang ada di tanah air. Untuk urusan ini, Anda bisa menggunakan Qelola. Layanan remitansi Qelola dapat membantu Anda mengirimkan uang dari Malaysia ke Indonesia dengan biaya transfer yang murah, proses yang cepat, serta keamanan data yang terjamin. Unduh aplikasinya di sini!

Tags: , , , , , , , , ,