Tips Perencanaan Keuangan Keluarga Mudah untuk TKI

EP 25 - Tips Perencanaan Keuangan Keluarga Mudah untuk TKI

Ketika bekerja di luar negeri, kesuksesan adalah hal yang pastinya diharapkan oleh sanak saudara yang Anda tinggalkan di tanah air. Namun kerap kali hal ini sulit dilakukan karena tidak adanya perencanaan yang matang. Dan kesulitan ini dirasakan oleh TKI manapun baik yang hanya menghidupi diri sendiri, terlebih bagi Anda yang harus menanggung kebutuhan keluarga. Meski begitu kesuksesan bukan hal yang mustahil untuk dilakukan bukan? Jika Anda melakukan perencanaan keuangan keluarga dengan baik, maka uang Anda pun tidak habis tanpa alasan yang jelas. Bagi Anda yang masih bingung membuat perencanaan keuangan keluarga, berikut beberapa tips yang bisa diaplikasikan.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil [4 Poin]

EP 25 2 - Tips Perencanaan Keuangan Keluarga Mudah untuk TKI

Ciptakan Pola Hidup Teratur

Ketika menerima gaji di awal bulan, sebagian orang akan menggunakan uangnya untuk membeli hal-hal yang tidak terlalu dibutuhkan. Padahal kebiasaan ini sangat tidak baik untuk kondisi keuangan di hari-hari berikutnya. Oleh karena itu penting untuk menciptakan pola hidup teratur dalam hal keuangan. Kurangi kebiasaan menggunakan uang secara sembarangan di awal bulan.

Buat Anggaran Bulanan

Langkah paling tepat untuk mengawali bulan setelah menerima gaji adalah membuat anggaran belanja selama sebulan ke depan. Bagi kebutuhan Anda ke dalam kategori, apakah kebutuhan primer, sekunder, atau tersier. Buat patokan nominal dana yang akan digunakan untuk membelanjakan kebutuhan-kebutuhan tersebut. Anda dapat membuat patokan biaya ini berdasarkan belanja-belanja Anda sebelumnya. Namun apabila sebelumnya Anda melakukan pembelian secara sembarangan, usahakan mematok biaya lebih rendah daripada itu. Karena belanja tanpa rencana biasanya mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Buat Skala Prioritas

Setelah membagi kategori pengeluaran bulanan Anda, buatlah skala prioritas. Tentukan mana yang lebih diutamakan untuk dibeli dibandingkan lainnya. Karena seperti poin pertama, banyak yang lebih memilih hal yang sekadar ingin dan dianggap lucu dibandingkan kebutuhan yang lebih mendesak. Dan ini yang membuat banyak sekali uang terbuang untuk sesuatu yang tidak penting.

Catat Setiap Pengeluaran

Kegiatan ini mungkin merepotkan namun mempunyai manfaat sangat banyak. Mencatat pengeluaran setiap harinya memang membutuhkan niat dan ketelatenan. Karena ketika mencatat pengeluaran, diharuskan membaut serinci mungkin, akan tetapi Anda tidak akan menyesal kemudian. Selain mengurangi pekerjaan Anda untuk mencatat di akhir bulan, menulis pengeluaran setiap harinya juga mempunyai banyak manfaat lain. Anda akan tahu detail belanja yang dilakukan sehingga tidak bingung apabila terdapat kehilangan sekecil apapun. Selain itu, Anda pun akan lebih berhati-hati dalam mengeluarkan uang.

EP 25 3 - Tips Perencanaan Keuangan Keluarga Mudah untuk TKI

Alokasikan Tabungan di Awal Bulan

Anda tidak akan tahu apa yang bisa terjadi di kemudian hari. Bisa saja sesuatu yang buruk terjadi dan membutuhkan uang yang cukup banyak untuk mengatasinya. Oleh karena itu mulai sekarang sisihkan sebagian gaji Anda untuk ditabung. Dan menabung ini harus dilakukan di awal bulan sebelum gaji dipakai untuk kebutuhan lainnya. Nominal yang ditabung bisa disesuaikan dengan keperluan Anda yang lain. Namun, akan lebih baik jika Anda menyisihkan uang tabungan dalam jumlah yang lumayan besar agar biaya pengeluaran pribadi bisa ditekan dan tidak dibelanjakan untuk yang tidak penting.

Hindari Utang

Disarankan untuk menghindari utang atau bahkan tidak mengambil utang sama sekali. Jika Anda memang butuh mengambil utang, cek dahulu urgensi pengambilan utang tersebut. Apakah memang sangat dibutuhkan atau tidak? Dan jika memang dibutuhkan, pinjamlah dengan nominal yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan berutang hanya demi membeli barang-barang branded sementara biaya untuk hidup tidak tersisa. Dan perlu diingat bahwa jangan sampai cicilan utang lebih dari 30% gaji bulanan yang Anda terima. Jika tidak, maka bersiaplah pengaturan gaji bulanan Anda akan kacau.

Buat Dua Rekening

Jika perlu, buatlah dua rekening bank yang berbeda untuk berbagai keperluan Anda. Pergunakan salah satu rekening untuk alokasi kebutuhan dan rekening lainnya untuk tabungan. Untuk tabungan, pilihlah jenis rekening dengan biaya administrasi rendah. Ini agar uang tabungan Anda tidak habis hanya untuk membayar biaya administrasi dan potongan lainnya saja. Selain itu pilih pula rekening yang tidak menyediakan kartu ATM agar sulit diambil. Lakukan pemisahan ini setiap awal bulan dan anggap sebagai kewajiban yang harus Anda penuhi setiap bulannya. Atau bisa dengan mengaktifkan layanan auto debit dimana uang Anda akan otomatis diambil dan disimpan oleh pihak bank sesuai nominal yang telah Anda tentukan di awal. Dengan layanan ini Anda pun akan sulit mengambil uang tersebut kecuali sudah memenuhi jangka waktu yang ditentukan. Cara ini lebih membantu Anda untuk menyisihkan uang secara langsung di awal bulan secara teratur.

Belajar Investasi

Kebutuhan keluarga semakin hari tentunya semakin meningkat. Sehingga tidak cukup jika hanya mengandalkan satu pendapatan saja. ketika Anda sulit untuk mendapatkan pekerjaan lain dan membagi waktunya atau tidak cukup modal serta kemampuan untuk membangun usaha, maka investasi bisa dicoba. Investasi tidak harus besar, Anda bisa mulai dari nominal yang kecil dahulu. Tidak seperti tabungan yang mengendap dengan jumlah yang sama, investasi akan berkembang dan menghasilkan penghasilan lebih kepada Anda. Namun pastikan Anda mempelajari perihal investasi sebelum memulai ya!

EP 25 1 - Tips Perencanaan Keuangan Keluarga Mudah untuk TKI

Bayar Utang dan Tagihan Segera

Bayar utang-utang Anda segera juga untuk menghindari utang menumpuk. Hal ini penting agar tidak mengganggu biaya kebutuhan sehari-hari. Selain itu, bayar tagihan Anda segera setelah menerima gaji Anda dan jangan biarkan menumpuk apalagi menimbulkan denda. Mulai dari tagihan listrik, telepon, dan lain sebagainya. Kini pembayaran tagihan ini pun lebih mudah karena banyaknya aplikasi keuangan yang menyediakan layanan ini. Dan untuk TKI yang berada di luar negeri, aplikasi yang kerap digunakan adalah Qelola. Qelola juga memberi layanan kirim uang luar negeri yang dikhususkan untuk TKI. Jadi untuk TKI tidak ada ruginya menggunakan aplikasi ini, bukan? Selain bisa membayar tagihan dari negara tempat bekerja, Anda pun bisa mengirim uang untuk keluarga. Tertarik? Download aplikasinya di sini.

 

 

Tags: , , , , ,