Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Melakukan Medical Check Up

cek kesehatan

Medical check up adalah proses pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh untuk mendeteksi kemungkinan adanya suatu penyakit atau gangguan kesehatan. Apabila diketahui menderita suatu penyakit atau mengalami gangguan kesehatan sejak dini, Anda bisa segera melakukan langkah pengobatan selanjutnya. Sedangkan bagi penderita penyakit kronis, hipertensi, dan diabetes, alangkah baiknya untuk rutin melakukan medical check up.

Namun, medical check up ternyata tidak harus dilakukan oleh orang yang sakit saja. Orang sehat pun banyak yang melakukan hal ini karena berbagai alasan. Pemeriksaan kesehatan juga dibutuhkan sebagai syarat administrasi dalam melamar pekerjaan tertentu. Selain itu seseorang yang akan meneruskan di perguruan tinggi dengan jurusan tertentu juga diwajibkan melakukan proses cek kesehatan menyeluruh. Bahkan permohonan aplikasi visa pun juga ada yang mensyaratkan adanya laporan medical check up.

Ternyata sebelum melakukan proses cek kesehatan secara menyeluruh, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Apa saja ya? Informasinya bisa Anda baca melalui artikel berikut ini.

Hal-hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Menjalani Medical Check Up

Sebelum menjalani medical check up di rumah sakit, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Walaupun sepele, namun informasi-informasi yang disiapkan berikut ini akan membantu kelancaran dalam proses cek kesehatan. Berikut ulasan lengkapnya.

Membuat Daftar Keluhan

Saat Anda memeriksakan diri ke dokter, biasanya akan ditanyakan keluhan yang dialami bukan? Demikian juga saat akan melakukan pemeriksaan kesehatan, nantinya Anda akan dicerca berbagai pertanyaan menyangkut keluhan yang Anda rasakan baik secara fisik maupun mental. Pertanyaan yang umum diajukan adalah apakah ada bagian tubuh yang sakit, riwayat alergi, perubahan bentuk tubuh, dan gangguan menstruasi. 

Selain itu jika Anda mengalami hal-hal seperti susah tidur, stres, gelisah, dan lain-lainnya tidak ada salahnya untuk disampaikan. Agar tidak ada informasi yang terlewatkan Anda bisa membuat daftar catatannya terlebih dulu. 

Mencatat Obat yang Pernah Diminum

colourful pills spilled from plastic bottle notepad 23 2148439012.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Melakukan Medical Check Up

Apabila Anda pernah mengkonsumsi obat-obatan tertentu sebelumnya dalam jangka waktu yang panjang juga harus disampaikan kepada dokter sebelum cek kesehatan dimulai. Baik obat-obatan kimia, obat herbal, suplemen kesehatan yang rutin dikonsumsi harus diinformasikan kepada dokter. Info tersebut nantinya juga akan membantu dokter dalam mendeteksi kemungkinan-kemungkinan lain yang diakibatkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu. 

Mengetahui Riwayat Kesehatan Keluarga

Pengetahuan tentang riwayat kesehatan keluarga yang sedarah juga penting untuk disampaikan kepada dokter sebelum medical check up lho! Entah itu dari kakek, nenek, ayah dan juga ibu harus Anda ketahui dan catat bersama daftar keluhan yang sudah dibuat. Kenapa hal ini penting? Karena penyakit yang dialami keluarga Anda sebelumnya bisa saja menurun pada Anda. Oleh karena itu, apabila diketahui informasi tersebut, akan mudah bagi dokter untuk mendiagnosa penyakit yang Anda alami atau resiko penyakit yang bisa Anda idap.

Baca Juga: Perlukah Melakukan Cek Kesehatan Walaupun Tubuh Sehat?

Menyertakan Hasil Cek Kesehatan Sebelumnya

close up female doctor blue uniform examining x ray 23 2148129653.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Melakukan Medical Check Up

Jika Anda pernah melakukan pemeriksaan seperti tes darah, tes urin, rontgen, USG, CT Scan, endoskopi, dan biopsi, jangan lupa untuk membawa hasilnya saat akan medical check up. Data-data tersebut juga bisa jadi data pelengkap agar dokter dapat menentukan langkah tepat untuk bisa mengobati penyakit atau gangguan kesehatan yang kemungkinan Anda alami. Selain itu, jika sebelumnya Anda pernah menjalani operasi, fisioterapi atau imunisasi jangan lupa untuk diberitahukan kepada dokter.

Ketahui Syarat yang Harus Dijalani Sebelum Pemeriksaan Medis

Untuk kondisi tertentu, ada syarat-syarat yang harus Anda lakukan sebelum menjalani pemeriksaan medis secara menyeluruh. Syarat tersebut bisa saja seperti melakukan puasa selama 8-12 jam sebelum cek kesehatan. Hal tersebut umumnya dilakukan untuk persiapan pemeriksaan kolesterol dan gula darah. 

Persiapan sebelum melakukan medical check up di atas umumnya juga sering ditanyakan saat Anda mengunjungi dokter ketika sakit. Walaupun terlihat sepele, namun jangan sampai melewatkan informasi sekecil apapun kepada dokter yang bertugas. Jika informasi yang Anda berikan akurat, maka dokter juga akan lebih mudah dalam menentukan langkah pengobatan atau terapi yang mesti Anda jalani.

Bagi pemegang kartu BPJS Kesehatan, kini Anda bisa melakukan pembayaran iuran bulanan dengan men-download aplikasi Qelola. Aplikasi Qelola adalah salah satu aplikasi pembayaran digital yang wajib Anda miliki. Aplikasi Qelola menawarkan berbagai fitur yang bermanfaat dalam mengatur transaksi keuangan Anda secara online. Pada mulanya aplikasi ini memang fokus pada transaksi transfer uang dari Malaysia ke Indonesia saja. Namun Anda juga bisa melakukan berbagai pembayaran tagihan pokok seperti air, listrik, dan juga BPJS Kesehatan langsung dari ponsel. 

Selain itu, melalui aplikasi Qelola, Anda juga bisa membeli kebutuhan pulsa, kuota internet, dan juga voucher games. Pelajari tentang aplikasi Qelola hanya di website resminya di sini. 

 

Tags: ,