Langkah Mudah Daftar Visa Online Imigrasi Hanya di Sini

visa online imigrasi

Di era digital yang canggih seperti sekarang ini, hampir segala aspek bisa dilakukan atau didapatkan secara online. Dalam hal administrasi misalnya, sistem online tentu akan memberikan banyak kemudahan. Pembuatan visa online imigrasi pun kini lebih diminati karena Anda tidak perlu repot mengantri di Kantor Imigrasi secara langsung. Hanya dengan bermodalkan sambungan internet, Anda bisa mengajukan visa online imigrasi dengan cepat. Berikut akan dijelaskan serangkaian syarat, langkah-langkah, dan biaya dalam pembuatan visa online.

Tentang Visa Online Imigrasi

visa 2 - Langkah Mudah Daftar Visa Online Imigrasi Hanya di Sini

Meningkatnya permintaan masyarakat Indonesia dalam pembuatan visa disebabkan oleh meningkatnya minat mereka untuk travelling ke luar negeri. Beberapa negara banyak yang mengharuskan calon turis yang akan berkunjung ke negara mereka harus mengantongi visa terlebih dahulu. Hal ini lantas membuat antrian di Kantor Imigrasi setempat menjadi membludak. Untuk menanggulangi hal tersebut, maka dibuatlah sistem visa online imigrasi agar para pemohon visa tidak perlu repot mengantri berjam-jam di Kantor Imigrasi. 

Lalu apa bedanya visa online dan visa manual? Baik visa yang dibuat secara online atau yang dibuat secara manual sebenarnya sama saja. Yang membedakan keduanya hanya prosesnya saja. Jika pembuatan visa online mengharuskan Anda untuk datang langsung ke Kantor Imigrasi pagi-pagi dan rela antri berjam-jam, tidak demikian dengan visa online. Anda cukup terhubung dengan internet dan pengajuan visa Anda bisa dilakukan lewat perangkat mobile dari mana saja dan kapan saja. 

Syarat Pengajuan Visa Online Imigrasi

visa 1 - Langkah Mudah Daftar Visa Online Imigrasi Hanya di Sini

Pengajuan pembuatan visa secara online dapat Anda lakukan melalui website resmi dirjen imigrasi negara tujuan. Nah, sebelum melakukan permohonan Anda harus menyiapkan dahulu beberapa dokumen yang menjadi syarat pembuatan visa secara online. Berikut ini adalah rincian syarat pembuatan visa turis:

  1. Paspor yang masih berlaku (minimal 6 bulan sebelum masa berlaku berakhir)
  2. e-KTP asli dan juga fotokopi
  3. Kartu Keluarga asli dan juga fotokopi
  4. Tiket PP penerbangan ke negara tujuan dan bukti pemesanan akomodasi
  5. Formulir pengajuan visa yang telah diisi dan ditandatangani
  6. Foto paspor
  7. Bukti pembayaran visa online
  8. Bukti rekening tabungan minimal 3 bulan terakhir
  9. Surat keterangan kerja (surat sponsor dari perusahaan) atau keterangan kuliah
  10. Bukti asuransi perjalanan
  11. Rencana perjalanan (itinerary)

Tidak semua pengajuan visa online dilatarbelakangi oleh alasan rekreasi, ada juga yang disebabkan karena keperluan bisnis. Syarat yang harus dilengkapi pun hampir sama dengan visa turis hanya saja ada tambahan dokumen lain. Syarat tambahan lainnya meliputi surat undangan perusahaan, bukti izin usaha dari perusahaan bersangkutan, dan akta nikah bagi yang sudah menikah. 

Baca Juga: Inilah 3 Perbedaan Visa dan Paspor yang Paling Mendasar

Langkah-langkah Pembuatan Visa Online

visa 3 - Langkah Mudah Daftar Visa Online Imigrasi Hanya di Sini

Setelah tahu apa saja syarat yang harus Anda kumpulkan dalam pembuatan visa online, kini Anda akan dipandu tentang bagaimana cara daftarnya. Berikut ini adalah langkah-langkah pengajuan visa online imigrasi.

  • Masuk ke website resmi dirjen imigrasi negara yang akan Anda kunjungi.
  • Mengisi formulir pengajuan visa di dalam website dirjen imigrasi negara tujuan dengan lengkap. Kemudian dilanjutkan dengan mengunggah beberapa syarat dokumen lain dalam bentuk softcopy.
  • Setelah pengisian data selesai maka lanjutkan dengan pembayaran visa. Pembayaran ini bisa Anda transfer ke rekening bank yang sudah ditunjuk oleh pihak kedutaan negara tujuan.
  • Beberapa negara masih ada yang mensyaratkan tahap wawancara bagi pemohon visa. Apabila negara tujuan Anda mengharuskan hal tersebut, maka aturlah jadwal terlebih dulu.
  • Jika proses di atas sudah berhasil dilalui maka persiapan dokumen mentah yang jadi syarat pembuatan visa tadi saat wawancara berlangsung.
  • Apabila permohonan visa online Anda disetujui maka Anda akan dihubungi melalui SMS atau e-mail. Biasanya visa dapat diambil paling cepat 4 hari setelah persetujuan. 

Biaya pembuatan visa pada tiap-tiap negara berbeda-beda nominalnya. Negara Jepang misalnya, mematok biaya 150 ribu bagi pemegang e-paspor dan 600 ribu untuk pemegang paspor biasa. Korea Selatan mematok tarif 900 ribu yang berlaku hingga 90 hari. Bagi Anda yang akan menuju negara Eropa maka harus menyiapkan uang sejumlah 1,5 juta. Sedangkan Amerika Serikat mengharuskan Anda menggelontorkan uang sejumlah 2,7 juta. Untuk Australia, biaya yang Anda butuhkan adalah 1,9 juta.

Demikian informasi yang bisa Anda baca mengenai visa online imigrasi. Melalui artikel di atas Anda jadi tahu apa saja syarat pembuatan visa, bagaimana cara daftar online-nya dan berapa kisaran biayanya. Bagi Anda yang akan berkunjung ke negara Malaysia ada satu hal lagi yang harus Anda perhatikan. Demi menunjang aktivitas Anda nanti saat berada di Malaysia jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Qelola.

Aplikasi Qelola adalah aplikasi yang saat ini sedang populer di Negeri Jiran tersebut. Sama halnya dengan pengajuan visa online, aplikasi ini dapat Anda manfaatkan untuk keperluan transfer uang ke Indonesia secara online tanpa harus mengantri di bank. Cukup dengan mengunduh aplikasi Qelola di Playstore makan kegiatan kirim uang ke tanah air bisa Anda lakukan saat itu juga langsung dari ponsel. Informasi menarik lainnya tentang aplikasi ini bisa Anda baca pada website resmi Qelola di sini.

Tags: , , , , , ,