Kuliah Jurusan Keuangan dan Perbankan Syariah di Malaysia

jurusan keuangan dan perbankan syariah

Profesi di bidang keuangan dan perbankan syariah kini semakin banyak peminatnya. Semakin berkembangnya sektor keuangan syariah saat ini, membuat kebutuhan sumber daya manusia di bidang syariah pun juga ikut meningkat. Jadi tidak heran jika banyak mahasiswa yang memutuskan untuk kuliah di Malaysia dengan mengambil jurusan tersebut, karena Malaysia memiliki banyak universitas terbaik di bidang itu. Jika Anda juga berminat namun masih bingung dengan jurusan kuliah tersebut, berikut kami bagikan info seputar jurusan keuangan dan perbankan syariah untuk Anda.

Mengenai Jurusan Keuangan dan Perbankan Syariah di Malaysia

syariah e1593214421751 - Kuliah Jurusan Keuangan dan Perbankan Syariah di Malaysia

Jurusan keuangan dan perbankan syariah di Malaysia mempelajari mengenai keuangan syariah yang tentunya berkaitan dengan hukum Islam, termasuk pada setiap transaksi keuangan yang terjadi. Sistem yang digunakan berdasarkan syariah, seperti tidak adanya sistem riba (bunga) pada bank dan dilarangnya perdagangan produk yang diharamkan menurut ajaran agamanya. Oleh sebab itu, jika Anda ingin memperdalam ilmu mengenai sektor keuangan dan perbankan syariah ini, Anda perlu memiliki pengetahuan dasar tentang keuangan dan perbankan syariah dengan mengambil kuliah jurusan keuangan dan perbankan syariah.

Mengapa Kuliah Jurusan Keuangan dan Perbankan Syariah di Malaysia?

pelajar muslim e1593215186872 - Kuliah Jurusan Keuangan dan Perbankan Syariah di Malaysia

Kuliah ini merupakan salah satu jurusan yang cukup banyak diminati oleh mahasiswa internasional yang kuliah di Malaysia, termasuk dari Indonesia. Berikut ini beberapa alasan mengapa kuliah di jurusan keuangan dan perbankan tersebut sangat diminati di Malaysia:

  1. Prospek kerja yang menjanjikan

Sektor keuangan syariah saat ini berkembang begitu cepat dan bersaing cukup baik dengan industri keuangan konvensional, baik di Malaysia maupun di negara Asia lainya seperti Indonesia. Oleh sebab itu, profesi di bidang keuangan dan perbankan syariah ini sangat menjanjikan dan akan terus dibutuhkan setiap tahunnya karena mengalami pertumbuhan yang stabil dan cepat serta bisa menjadi tujuan karir Anda kedepannya.

  1. Berbagi wawasan secara luas

Kuliah jurusan ini tidak hanya bisa diikuti oleh mahasiswa yang muslim saja. Mahasiswa internasional yang non-muslim juga bisa mengikuti kuliah ini, untuk sama-sama belajar mengenai perbedaan yang ada antara keuangan konvensional dengan keuangan syariah, serta bagaimana cara kerjanya di dunia perbankan secara nyata.

  1. Meningkatkan keterampilan pemecahan masalah

Kuliah di jurusan keuangan dan perbankan syariah ini juga bisa melatih Anda untuk lebih terampil dalam pemecahan masalah ketika menghadapi suatu tantangan saat bekerja. Anda juga akan belajar untuk menganalisis setiap masalah keuangan yang ada serta mencari solusinya yang terbaik.

Prospek Kerja Lulusan

kerja syariah - Kuliah Jurusan Keuangan dan Perbankan Syariah di Malaysia

Lulusan keuangan dan perbankan syariah saat ini banyak dibutuhkan, khususnya dalam sektor keuangan syariah. Lulusan dari jurusan ini juga bisa berpeluang untuk mendapatkan pekerjaan di beberapa perusahaan besar. Sesuai dengan pengetahuan yang dipelajari pada jurusan ini, maka rata-rata karir yang dapat ditempuh oleh lulusan jurusan ini adalah bekerja di sektor keuangan seperti:

  1. Financial Planning Services (konsultan keuangan) bekerja untuk mengurus arus kas masuk dan keluar untuk mencapai tujuan perusahaan.
  2. Private banks (bank syariah atau konvensional), bekerja menjadi staff perbankan bank syariah maupun konvensional.
  3. Manajer keuangan, menjadi kepala manager di suatu perusahaan keuangan seperti manager bank.
  4. Auditor, menjadi ahli audit dalam setiap transaksi keuangan di suatu bank tertentu.
  5. Pebisnis atau wirausaha, berbisnis di bidang keuangan seperti jual beli saham atau forex.

Universitas Terbaik di Malaysia untuk Jurusan Keuangan dan Perbankan Syariah

Jika Anda berniat untuk kuliah di jurusan ini di Malaysia, tentunya Anda harus mengetahui beberapa pilihan universitas terbaik di sana yang menawarkan program sarjana dan program pasca sarjana untuk jurusan tersebut. Berikut ada beberapa universitas yang bisa Anda pertimbangkan:

  1. IUMW (International University of Malaya Wales), Kuala Lumpur
  2. INTEC Education College, Selangor
  3. INCEIF (International Centre for Education in Islamic Finance), Petaling Jaya
  4. University Malaysia Kelantan, Kota Bharu
  5. University Malaysia Sabah, Kota Kinabalu
  6. IUCTT (International University College of Technology Twintech)
  7. INSANIAH University College, Kuala Lumpur
  8. Asia Pasific University of Technology Innovation Malaysia

Biaya Kuliah

Biaya kuliah di Malaysia bisa dibilang lebih mahal jika dibandingkan di Indonesia. Namun, hal ini sepadan dengan kualitas pendidikan yang diberikan dari masing-masing universitas terbaik di Malaysia. Biaya kuliah untuk jurusan keuangan dan perbankan syariah ini juga bervariasi, tergantung dari program studi yang Anda pilih. Berikut beberapa info mengenai biaya kuliah di Malaysia:

  1. Biaya kuliah untuk jenjang D3 (diploma): RM17.100 atau sekitar Rp60 juta per tahunnya (sumber: INTEC Education College Malaysia)
  2. Biaya kuliah untuk jenjang S1 (Sarjana): RM41.704 atau sekitar Rp146 juta per tahunnya (sumber: Selangor International Islamic University)
  3. Biaya kuliah untuk jenjang S2 (Magister): RM33.000 atau sekitar Rp112 juta per tahunnya (sumber: INCEIF Global University)

Baca Juga: Ingin Sekolah di Luar Negeri? Yuk Siapkan Budget Plan Dulu

Mengatur Keuangan Selama Kuliah di Malaysia

Jika Anda sudah mantap memutuskan untuk kuliah jurusan keuangan dan perbankan syariah di Malaysia, Anda bisa mulai mengatur strategi keuangan selama masa kuliah di sana. Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi keuangan Qelola untuk melakukan pengiriman uang secara mudah di sana. Selain itu, Anda juga bisa melakukan semua pembayaran tagihan di Indonesia, semacam BPJS maupun listrik melalui Qelola. Segera download aplikasi Qelola sekarang juga.

Tags: , , , , , , , ,