Ingin Sekolah di Luar Negeri? Yuk Siapkan Budget Plan Dulu

sekolah di luar negeri

Ada sebagian orang yang menganggap bahwa sekolah di luar negeri itu tidak mudah. Pertama, Anda harus berjuang untuk bisa diterima di instansi pendidikan di negara yang Anda inginkan. Kedua, besar biaya hidup yang akan dikeluarkan selama sekolah di luar negeri. Sebenarnya semua itu bisa diatasi, jika Anda memiliki persiapan yang matang. Salah satunya adalah membuat budget plan untuk pengeluaran Anda setiap bulan ketika sekolah di luar negeri. Dengan memiliki budget plan tersebut, tentu saja Anda akan lebih aware mengenai jumlah uang yang Anda butuhkan setiap bulannya. Simak tipsnya di bawah ini, ya!

Baca Juga: 8 Keuntungan Kuliah Jurusan Ilmu Komputer di Malaysia

Pentingnya Menyusun Budget Plan

sekolah di luar negeri 1 - Ingin Sekolah di Luar Negeri? Yuk Siapkan Budget Plan Dulu

Agar rencana Anda untuk sekolah di luar negeri lancar, maka Anda memang harus mempunyai budget plan yang jelas setiap bulan. Tujuannya adalah agar Anda bisa mempersiapkan dana yang Anda butuhkan sebelum Anda berangkat ke luar negeri. Selain itu, mempunyai budget plan juga akan membuat pengeluaran Anda lebih terkontrol, terutama jika dana Anda terbatas.

Jika Anda kesulitan membuat budget plan, jangan khawatir! Selain mengikuti tips yang akan kami jelaskan di bawah ini, Anda juga bisa meminta saran dari mahasiswa internasional lain, atau senior yang lebih familiar dengan kebutuhan hidup di negara tujuan Anda. Di situs resmi kedutaan negara yang Anda tuju pada umumnya juga menyediakan informasi perkiraan biaya hidup yang diperlukan oleh mahasiswa internasional. Kedisiplinan dalam mengikuti rencana pengeluaran yang telah Anda buat tentunya tidak mudah. Tapi hal itu bukan tidak mungkin, selagi Anda mau berusaha. Bisa jadi Anda akan membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 bulan untuk benar-benar bisa menyesuaikan gaya hidup Anda dengan situasi di sana dan kemampuan finansial Anda.

Tips Menyusun Budget Plan Sekolah di Luar Negeri

sekolah di luar negeri 2 - Ingin Sekolah di Luar Negeri? Yuk Siapkan Budget Plan Dulu

  1. Setelah diterima, pastikan Anda mencari tahu apa saja biaya yang di-cover oleh Universitas. Apakah Anda akan tinggal di asrama gratis, mendapatkan support transportasi, dan lainnya.
  2. Selanjutnya, Anda harus menentukan mau tinggal di mana kalau Universitas tidak menyediakan asrama. Apakah di apartemen sendirian, bersama teman, tinggal di tengah kota, dekat kampus, beserta harga-harga fasilitas yang mungkin Anda perlukan nantinya. Misalnya laundry, listrik, biaya kebersihan tiap bulan, dan lain sebagainya.
  3. Jangan lupa untuk menghitung biaya transportasi. Jika Anda tinggal di dekat kampus dan tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi, Anda bisa melewati poin ini. Tapi kalau tempat tinggal Anda membutuhkan transportasi ke kampus, dan tempat wajib lainnya yang akan sering Anda kunjungi, maka poin ini penting untuk diperhatikan. Pasalnya, Anda akan menggunakan transportasi hampir setiap hari. Oleh karena itu, cari tahu sebanyak mungkin pilihan alat transportasi yang bisa Anda gunakan, baik itu bus, kereta, atau mungkin Anda juga bisa menyewa sepeda. Jika Anda akan menggunakan bus atau kereta, cari tahu apakah Anda bisa mendapatkan potongan harga dengan student card atau ISIC (International Student Identity Card) atau tidak.
  4. Carilah informasi seputar makanan di daerah sekitar tempat tinggal Anda. Mana saja yang sesuai budget, dan mana yang tidak. Lalu, Anda bisa membayangkan makanan apa saja yang bisa Anda makan setiap harinya. Selain makanan, kebutuhan pokok seperti perlengkapan mandi juga perlu Anda hitung.
  5. Belanja kebutuhan sekunder secara bijak, dan menghitung biaya untuk keperluan hiburan. Misalnya, Anda perlu mengkalkulasikan berapa kali Anda akan menonton film di bioskop dalam satu bulan, pergi ke tempat rekreasi, dan lainnya.
  6. Anda juga perlu menghitung biaya nongkrong untuk bersosialisasi dengan teman-teman.
  7. Alokasikan sebagian uang Anda untuk situasi-situasi yang tidak terduga.

Bijak dalam Mengatur Pengeluaran

sekolah di luar negeri 3 - Ingin Sekolah di Luar Negeri? Yuk Siapkan Budget Plan Dulu

Salah satu kunci sukses untuk memiliki kondisi finansial yang sehat adalah Anda harus bijak dalam mengatur pengeluaran. Apa lagi saat Anda sedang sekolah di luar negeri, jauh dari keluarga. Itulah mengapa menyusun budget plan merupakan hal yang sangat penting. Karena setelah memiliki panduan yang jelas, tentu saja urusan Anda akan lebih mudah begitu sampai di negara tujuan. Ketika Anda sudah berada di negara tersebut, explore area tempat tinggal Anda untuk mengetahui pilihan yang Anda punya baik dalam hal transportasi, makanan, tempat tinggal, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk memanfaatkan promo khusus untuk mahasiswa internasional sebisa mungkin.

Misalnya, Anda bisa mengandalkan aplikasi keuangan yang biayanya murah, seperti Qelola. Dengan aplikasi Qelola, Anda bisa bayar tagihan listrik, PDAM, beli pulsa, token listrik, hingga voucher game. Aplikasi ini sangat cocok Anda gunakan saat berada di Malaysia. Biaya yang murah dan proses yang cepat akan membuat urusan keuangan Anda lebih mudah. Apalagi untuk keperluan transfer uang antar negara, Qelola tentu bisa Anda andalkan. Coba unduh aplikasi Qelola di sini.

Tags: , , , , ,