Jelajah Destinasi Alam dan Budaya Malaysia yang Menarik untuk Dicoba

budaya malaysia

Tentu sudah tidak diragukan lagi bahwa Malaysia merupakan salah satu destinasi favorit traveler dunia, termasuk dari Indonesia. Anda bisa menikmati pemandangan alam yang mempesona, berinteraksi dengan tradisi dan budaya Malaysia yang unik, serta menikmati kuliner yang menggoda selera. Jika berkunjung ke Malaysia, pastikan Anda tidak hanya menghabiskan waktu di Kuala Lumpur saja. Karena masih ada banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi, termasuk destinasi wisata alam dan budaya Malaysia. Simak rekomendasinya di bawah ini.

Baca Juga: Yuk Intip Sederet Destinasi Wisata yang Terkenal di Pahang Malaysia

1.  Taman Nasional Gunung Mulu

budaya malaysia 1 - Jelajah Destinasi Alam dan Budaya Malaysia yang Menarik untuk Dicoba

Destinasi wisata alam dan budaya Malaysia yang pertama adalah Taman Nasional Gunung Mulu. Taman Nasional Gunung Mulu ini sangat terkenal karena struktur batu kapur yang luar biasa, serta sistem gua yang fenomenal. Hal inilah yang menjadikan Taman Nasional Gunung Mulu menjadi salah satu wisata alam paling menakjubkan di seluruh Asia Tenggara. Berlokasi di negara Serawak, Taman Nasional ini memiliki sistem gua terbesar sekaligus terpanjang di dunia. Salah satunya adalah Sarawak Chamber, yang diperkirakan mampu menampung hingga 40 pesawat Boeing 747. Terletak di antara hutan hujan tropis, sungai sejernih kristal, dan pegunungan terjal, Taman Nasional Gunung Mulu memiliki fitur Pinnacles, sebuah sinkronisasi batu kapur yang dikenal sebagai Taman Eden. Di sini juga terdapat dua puncak Gunung Mulu, dan Gunung Api yang sangat megah. Selain itu, taman ini juga merupakan rumah bagi sejumlah spesies satwa liar seperti burung enggang, kelelawar, siamang, kijang, dan babi berjenggot.

2.  Pulau Penang

budaya malaysia 2 - Jelajah Destinasi Alam dan Budaya Malaysia yang Menarik untuk Dicoba

Pulau Penang ini merupakan tujuan wisata populer karena keragaman sejarah di George Town. Terletak di sepanjang jalur pelayaran dunia, kota ini memiliki beragam warna budaya Malaysia, arsitektur, dan juga kuliner. Ketika memutuskan untuk mengunjungi Penang, Anda bisa menuju lokasi Botanic Gardens, Bird Sanctuary, Taman Kupu-Kupu, Supreme Bliss, dan pantai berpasir putih Batu Ferringhi yang terletak di sepanjang pantai utara. Kemudian, tidak lengkap rasanya jika mengunjungi Penang tanpa mencoba naik becak sambil menyusuri George Town, untuk menikmati arsitektur klasik peninggalan Inggris. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera Anda saat melakukan tour di sana. Anda juga bisa sesekali singgah di restoran, pasar, atau bar untuk mencicipi kuliner khas Malaysia.

3.  Taman Negara

budaya malaysia 3 - Jelajah Destinasi Alam dan Budaya Malaysia yang Menarik untuk Dicoba

Taman Negara sangat terkenal sebagai hutan hujan tropis tertua di dunia, sebuah ekowisata yang menawarkan petualangan sebagai tujuan terpopuler di Malaysia. Di sana, Anda bisa berpetualang di alam liar sambil menikmati ekosistem tanaman langka, burung-burung eksotis, serta beberapa satwa langka seperti Harimau Malaya, Gajah Asia, hingga Badak Sumatera. Ada beberapa cara menarik untuk menikmati wisata alam liar di Taman Negara yaitu dengan hiking, memancing, menjelajah gua, dan 4WD safari.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Canopy Walk, yaitu sebuah jembatan gantung panjang yang terletak di atas puncak pohon. Dengan berjalan meniti jembatan ini, Anda dapat menikmati pemandangan eksotis kawanan burung yang terbang bebas di udara. Di sana juga tersedia fasilitas safari malam, yang memungkinkan Anda untuk melihat tanaman yang hanya mekar di malam hari. Seperti jamur glow in the dark, dan makhluk nokturnal seperti burung hantu, kucing macan tutul, dan naga air. Anda tidak perlu khawatir soal kuliner, karena di sana tersedia restoran terapung di Sungai Kula Tahan.

4.  Melaka

budaya malaysia 4 - Jelajah Destinasi Alam dan Budaya Malaysia yang Menarik untuk Dicoba

Melaka memegang posisi penting pada rute laut yang sangat sibuk antara India dan Cina di pesisir barat daya Malaysia. Itulah mengapa Melaka direbutkan selama berabad-abad oleh pemerintah India, Portugis, Inggris, dan Belanda. Hal ini membuat Kota Melaka dikemas begitu menarik oleh Malaysia, baik dari segi arsitektur, ataupun budaya karena merupakan warisan budaya Malaysia yang berharga. Dikenal sebagai tempat campuran beragam budaya, Melaka ini terdiri dari beberapa kabupaten yang masing-masing memiliki fitur atraksi berbeda-beda. Untuk peninggalan Portugis ditandai dengan villa menawan, gereja bersejarah, dan sisa-sisa benteng tua. Sementara pada kuartal Cina terdapat Candi Cina yaitu Candi Cheng Hoon Teng, dan serta salah satu kuburan Cina terbesar di luar negara Cina. Kemudian distrik Belanda meninggalkan beberapa arsitektur peninggalan Belanda di sisi timur. Selain itu, masing-masing zona budaya juga memiliki tradisi dan festival sendiri seperti Portugis “Intrudu”, dan Tahun Baru Cina.

5.  Kota Bharu

budaya malaysia 5 - Jelajah Destinasi Alam dan Budaya Malaysia yang Menarik untuk Dicoba

Kota Bharu ini sering menjadi tempat persinggahan bagi para traveler untuk mengunjungi Kepulauan Perhentian. Terletak di Semenanjung Malaysia dekat dengan perbatasan Thailand, Kota Bharu menawarkan pesona yang sangat unik. Keunikannya berupa atraksi, pusat belanja, dan juga kuliner. Di Kota Bharu banyak terdapat sejarah dan budaya Malaysia peninggalan Kelantan, dengan salah satu museum yang terkenal adalah Museum Royal. Museum ini menawarkan banyak foto dan artefak keluarga kerajaan yang mewah, dan istana kayu yang sangat unik.

Saat menyusuri jalanan di Kota Bharu, Anda juga bisa mengunjungi Central Market yang merupakan pasar terbesar di Malaysia. Di pasar ini, terdapat banyak penjual makanan dan buah berwarna-warni yang bisa Anda beli. Sementara bagi Anda yang ingin menikmati wisata air, maka Anda bisa berkunjung ke Pantai Cahaya Bulan, dan Taman Negeri Gunung Stong. Di kedua lokasi inilah Anda bisa menikmati kegiatan outdoor seperti berenang, rafting, dan scuba diving yang berlokasi di kapal karam Jepang dari Perang Pasifik.

Bagaimana, Anda sudah menentukan pilihan untuk mengunjungi destinasi alam dan budaya Malaysia yang mana dulu? Sebelum pergi liburan ke Malaysia, pastikan Anda telah menyusun itinerary liburan. Dengan itinerary tersebut, Anda akan memiliki panduan yang jelas selama liburan. Sehingga Anda tidak akan kebingungan setibanya di Malaysia. Jangan lupa untuk download aplikasi Qelola untuk kemudahan bertransaksi selama berada di sana. Qelola bisa Anda andalkan untuk keperluan kirim uang antar negara, bayar tagihan, beli pulsa, beli voucher game, dan lain sebagainya. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk pakai Qelola.

Tags: , , , , , , ,