Rekomendasi Spot Instagenic di Dataran Merdeka Malaysia yang Perlu Dikunjungi

dataran merdeka malaysia

Setelah menyiapkan paspor, visa, dan dokumen penting lainnya untuk persiapan liburan ke luar negeri. Jangan sampai Anda melewatkan Dataran Merdeka masuk ke dalam bucket list, saat Anda membuat itinerary. Anda akan menyesal jika melewatkannya, karena di sana Anda akan menjumpai banyak spot instagenic. Dataran Merdeka cukup mudah dicapai dengan bus Go KL, dan kereta cepat. Jadi, Anda tidak perlu bersusah payah untuk sampai ke sana. Nah, berikut ini telah kami rangkum khusus untuk Anda, 5 destinasi menarik di sekitar Dataran Merdeka.

Baca Juga: Rasakan Sensasi Seperti Berada di Disneyland Saat Berwisata ke Berjaya Hills Malaysia

1.  Mampir ke Masjid Jamek

dataran merdeka 1 - Rekomendasi Spot Instagenic di Dataran Merdeka Malaysia yang Perlu Dikunjungi

Spot instagenic yang pertama adalah, Anda harus mampir ke Masjid Jamek atau sering pula disebut sebagai Masjid Sultan Abdul Samad. Lokasi masjid ini memang tidak persis bersebelahan dengan Dataran Merdeka, namun letaknya cukup dekat. Sehingga Anda bisa berkunjung ke sana dengan mudah. Di area ibadahnya, akan ada seorang tourist guide yang siap memberikan informasi secara lengkap seputar sejarah Masjid Jamek, beserta detail bangunannya. Pelataran masjid juga telah dilengkapi dengan enam payung raksasa seperti yang ada di Masjid Nabawi.

Masjid ini bisa menampung hingga 1.000 jamaah, dan terbuka untuk pengunjung non-muslim. Saat memasuki Masjid Jamek ini, Anda yang tidak berpakaian tertutup diharuskan mengenakan kerudung atau jubah yang disediakan oleh pengelola masjid. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk berkunjung ke sana, ya!

2.  Berkunjung ke Panggung Bandaraya

dataran merdeka 2 - Rekomendasi Spot Instagenic di Dataran Merdeka Malaysia yang Perlu Dikunjungi

Setelah puas berkunjung di Masjid Jamek, Anda bisa berjalan menyusuri Jalan Tun Perak, lalu belok ke Jalan Raja. Di sisi kanan jalan, Anda akan menjumpai sebuah bangunan tua bergaya Moor bernama Panggung Bandaraya. Dari sinilah, Anda sudah bisa melihat lapangan Dataran Merdeka di sisi selatan. Sesuai dengan namanya, sejak selesai dibangun tahun 1904, gedung ini sering kali difungsikan sebagai lokasi pementasan teater dan musikal. Jika tidak sempat menonton pertunjukkan yang digelar di Panggung Bandaraya, maka Anda bisa sekadar berswafoto di sekitar area bangunan tersebut. 

3.  Melihat-lihat Bangunan Sultan Abdul Samad

dataran merdeka 3 - Rekomendasi Spot Instagenic di Dataran Merdeka Malaysia yang Perlu Dikunjungi

Berdiri megah tepat di seberang lapangan Dataran Merdeka, Bangunan Sultan Abdul Samad ini menjadi tujuan berikutnya. Gedung ini seolah-olah menjadi ikon dari kawasan ini. Meskipun usianya sudah mencapai 127 tahun, namun gedung tua yang mengusung gaya arsitektur Mughal dan Moor tersebut masih terawat dengan baik. Ciri khas dari Bangunan Sultan Abdul Samad ini adalah menara jam dengan puncaknya yang berbentuk kubah. Dua kubah lainnya ada di bagian kanan dan kiri menara yang membuat bangunan ini semakin cantik. Kemudian jika dilihat dari atas, maka Bangunan Sultan Abdul Samad akan tampak berdiri tepat di belakang Masjid Jamek yang dipisahkan oleh sungai Gombak.

4.  Berkunjung ke Muzium Tekstil Negara

dataran merdeka 4 - Rekomendasi Spot Instagenic di Dataran Merdeka Malaysia yang Perlu Dikunjungi

Sementara di sisi selatan Bangunan Sultan Abdul Samad, terdapat gedung tua selanjutnya yang juga tidak kalah instagenic, yaitu Muzium Tekstil Negara. Jika dilihat secara sekilas, bentuk bangunan tersebut tidak beda jauh dengan Bangunan Sultan Abdul Samad. Namun ciri khas dari museum ini adalah adanya pola garis-garis yang berwarna putih, dan merah muda.

Bagi Anda yang menyukai seni dan sejarah, pastikan Anda menyempatkan diri untuk mampir ke dalamnya. Di sana, Anda akan melihat koleksi aneka tekstil dari suku Sabah dan Serawak, sekaligus menambah wawasan seputar dunia pertekstilan. Menariknya, masuk ke Muzium Tekstil Negara ini sama sekali gak dipungut biaya, lho.

5.  Mampir ke Kuala Lumpur City Gallery

dataran merdeka 5 - Rekomendasi Spot Instagenic di Dataran Merdeka Malaysia yang Perlu Dikunjungi

Kuala Lumpur City Gallery menjadi spot instagenic terakhir yang bisa Anda kunjungi. Lokasi ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 100 meter dari Muzium Tekstil Negara. Saat berkunjung ke galeri seni ini, tentu saja Anda harus berswafoto di depan I Love KL statue yang telah menjadi ikon lokasi tersebut. Untuk bisa menikmati karya seni di Kuala Lumpur City Gallery, Anda perlu merogoh kocek sebesar RM10. Harga tersebut akan sebanding dengan pengalaman yang akan Anda dapatkan selama berada di sana. Di dalamnya, Anda akan mengetahui banyak sekali informasi seputar sejarah Kuala Lumpur, sejak zaman penjajahan Inggris hingga bisa menjadi kota se-modern sekarang ini.

Itulah 5 spot instagenic di Dataran Merdeka, Kuala Lumpur Malaysia yang wajib Anda kunjungi. Jangan lupa untuk membawa kamera atau smartphone dengan baterai penuh supaya Anda bisa puas untuk berfoto. Agar liburan Anda tidak terusik, bereskan tagihan bulanan Anda seperti bayar listrik, air, dan lainnya terlebih dahulu. Anda bisa mengandalkan aplikasi Qelola dalam hal ini. Qelola memiliki fitur komplit, sangat cocok Anda gunakan selama di Malaysia. Coba unduh aplikasi Qelola sekarang, dan rasakan pengalaman kirim uang dari Malaysia ke Indonesia dengan proses yang sangat praktis.

Tags: , , , , , , , , ,