Cari Tahu Negara Bebas Visa untuk Indonesia Sebelum ke Luar Negeri

visa on arrival

Travelling ke luar negeri sekarang sudah jadi gaya hidup di kalangan masyarakat. Syarat untuk bisa bepergian ke mancanegara tentunya harus memiliki paspor. Namun bagi sebagian negara, paspor saja tidak cukup. Anda juga harus melengkapi dokumen lainnya seperti visa atau visa on arrival. Bagi Anda yang tidak mau ribet dengan urusan administrasi tambahan, Anda bisa memilih negara yang bebas visa. Hingga saat ini tercatat ada 71 negara bebas visa untuk Indonesia yang bisa disinggahi. Jadi Anda bebas keluar masuk ke negara tersebut tanpa embel-embel visa lagi. Yuk ketahui mana saja negara bebas visa untuk Indonesia lewat artikel berikut ini.

Daftar Negara Bebas Visa untuk Indonesia

Berikut ini akan disebutkan beberapa negara yang bebas visa untuk Indonesia. Bebas visa disini bukan berarti negara yang tercantum dibawah ini murni bebas visa ya! Namun ada beberapa yang diharuskan mengurus visa on arrival sesampainya di bandar udara negara tujuan.

No  Asia Amerika Afrika Oseania 
1. Brunei Suriname Gambia Fiji
2. Kamboja Peru Mali Kepulauan Cook
3. Hongkong  Nikaragua Moroko Kepulauan Marshall
4. Laos Ekuador Namibia  Federasi Mikronesia
5. Makau Guyana Rwanda Niue
6. Malaysia  Bolivia Somalia Pulau Palau
7. Myanmar Bermuda Tanzania Papua Nugini
8. Filipina Chili Togo Samoa
9. Singapore  Brazil Uganda Tuvalu
10 Thailand Kolombia Zimbabwe

 

No Timur Tengah Karibia Eropa
1. Armenia Dominika Belarusia
2. Azerbaijan Haiti Serbia
3. Iran Saint Vincent
4. Yordania Grenadines
5. Qatar

Membedakan Visa dan Visa on Arrival (VoA)

visa - Cari Tahu Negara Bebas Visa untuk Indonesia Sebelum ke Luar Negeri

Mungkin Anda masih bingung dengan perbedaan visa dan visa on arrival. Walaupun mempunyai kekuatan yang sama namun visa dan visa on arrival ini cukup berbeda. Visa adalah dokumen yang ditujukan sebagai izin masuk ke suatu negara yang bisa didapat di kantor kedutaan negara tujuan yang ada di Indonesia sebelum berangkat. Lalu apa bedanya dengan visa on arrival? Bedanya hanya tempat mengurusnya saja, jika visa bisa diperoleh di kantor kedutaan negara tujuan di Indonesia, visa on arrival bisa didapat di bandar udara negara tujuan Anda. 

Negara bebas visa untuk Indonesia yang mengajukan syarat visa on arrival biasanya digunakan untuk tujuan wisata. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat mengurus visa on arrival. VoA ini hanya diberlakukan di negara-negara tertentu. Mengurus visa on arrival bisa secara online atau harus melampirkan persetujuan resmi dari agen di negara asal tergantung dari peraturan yang diberlakukan masing-masing negara. Ada pula yang prosesnya sangat mudah hanya dengan menunjukkan paspor di bagian imigrasi saja. Namun perlu diketahui bahwa visa on arrival ini hanya berlaku di bandar udara tertentu pada suatu negara. Jadi pastikan Anda mencari informasi sedetail mungkin sebelum berangkat ke luar negeri ya!

Baca Juga: Kenali Jenis-Jenis Visa Berikut Sebelum Terbang ke Luar Negeri

Bagaimana Cara Membuat Visa on Arrival

EP 4 2 - Cari Tahu Negara Bebas Visa untuk Indonesia Sebelum ke Luar Negeri

Setelah melihat daftar negara bebas visa untuk Indonesia di atas, mungkin Anda menemukan negara tujuan Anda ternyata mewajibkan adanya visa on arrival. Tidak perlu khawatir, untuk bisa mendapatkannya Anda hanya perlu menyiapkan hal-hal berikut ini:

  • Mendatangi Signboard Sesampainya di Bandara

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengurus visa on arrival adalah mendatangi signboard sesampainya di bandar udara negara tujuan. Anda bisa langsung menuju ke pos visa on arrival di dalamnya.

  • Pastikan Kelengkapan Dokumen

Jangan bayangkan bahwa mengurus visa on arrival serumit saat mengurus visa. Visa on arrival jelas lebih simpel karena dokumen yang harus diserahkan biasanya adalah paspor dan tiket penerbangan saja.

  • Siapkan Uang Cash dalam Pecahan Dolar Amerika

Catat baik-baik ya, pembayaran visa on arrival ternyata harus dilakukan secara cash dengan pecahan dolar Amerika. Untuk biayanya sendiri variatif tergantung dari kebijakan tiap-tiap negara dan berapa lama Anda berada di negara tersebut. Umumnya tarif yang dipatok sekitar 25 dolar hingga 100 dolar Amerika. Jika Anda lupa menyiapkan uang cash, Anda bisa melakukan tarik tunai mata uang dolar di ATM yang ada di bandara. Biasanya petugas bandara akan sigap untuk mengarahkan Anda ke ATM tersebut.

Demikian informasi yang bisa disimak tentang negara bebas visa untuk Indonesia yang bisa Anda kunjungi. Selain itu Anda juga tahu bagaimana mengurus visa on arrival sesampainya di negara tujuan. Sebenarnya visa on arrival juga bisa Anda urus secara online dengan layanan e-visa. Selain itu visa on arrival juga bisa didapat secara kolektif lewat bantuan jasa travel agent.

Seperti halnya visa, aplikasi keuangan kini juga banyak yang berbasis online. Hal ini untuk menjawab tuntutan zaman yang semakin maju dan canggih di era digital seperti sekarang. Gunakanlah layanan aplikasi keuangan online untuk melakukan berbagai transaksi keuangan dan pembayaran berbagai tagihan hanya dengan aplikasi Qelola!

Aplikasi Qelola adalah aplikasi keuangan yang menawarkan berbagai fitur menarik yang aman dan terpercaya. Salah satu layanannya adalah transfer uang hingga ke mancanegara. Selain itu aplikasi Qelola juga cocok digunakan untuk membayar berbagai tagihan pokok seperti tagihan listrik, air, dan juga BPJS Kesehatan. Dengan melakukan pembayaran lewat aplikasi ini akan membuat Anda tertib dan tepat waktu dalam membayar karena bisa dilakukan langsung dari ponsel. Fitur lainnya yang bisa Anda nikmati adalah pembelian pulsa, kuota internet, dan juga voucher games

Untuk bisa menikmatinya pun caranya cukup mudah. Anda hanya perlu men-download aplikasi Qelola pada Playstore dan lakukan pendaftaran. Lakukan top up dan fitur-fitur di dalamnya dapat Anda nikmati seketika. Informasi lain terkait aplikasi Qelola dapat Anda simak melalui website resminya di sini.

Tags: , ,