Info Perbedaan Surat Keterangan Kerja dan Surat Paklaring Hanya di Sini

surat paklaring

Selain gaji, ada hal lain yang jadi hak bagi seorang karyawan dalam perusahaan. Salah satunya adalah surat keterangan kerja. Sama halnya dengan surat melamar kerja, surat keterangan kerja ini juga sangat penting lho. Nah, pasti sebagian dari pembaca artikel ini punya pikiran bahwa surat keterangan kerja sama dengan surat pengalaman kerja. Walaupun sama-sama surat keterangan yang menerangkan Anda bekerja pada suatu perusahaan, namun tujuan pembuatan surat ini berbeda satu sama lain. Penasaran dengan perbedaan kedua surat ini? Yuk simak informasinya di artikel berikut.

Mengenal Apa Itu Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja adalah surat keterangan yang menyatakan Anda adalah seorang karyawan sebuah perusahaan dari waktu sekian sampai sekarang. Jadi surat ini dikeluarkan saat Anda masih berstatus sebagai karyawan di perusahaan tersebut. Surat ini biasanya diterbitkan untuk melengkapi berbagai syarat administrasi yang dibutuhkan karyawannya. Walaupun pada surat kontrak kerja Anda tidak disebutkan bahwa Anda berhak meminta surat ini, namun perusahaan wajib membuatkannya apabila Anda membutuhkan. 

Bahkan, hal tersebut tertuang dalam Kitab Undang-undang Hukum Perdata (KUHPerdata) pasal 1602y. Pasal ini menggarisbawahi kewajiban perusahaan dalam menerbitkan surat keterangan terkait pekerjaan karyawan baik diminta atau tidak. Jadi apabila perusahaan menolak permintaan surat keterangan tersebut, harus ikut bertanggung jawab atas kerugian yang dialami karyawannya.

Manfaat Surat Keterangan Kerja

successful business man signing documents modern office 158595 5384.jpg?size=626&ext=jpg&uid=A&ga=GA1.2.1202749483 - Info Perbedaan Surat Keterangan Kerja dan Surat Paklaring Hanya di Sini

Pengajuan pembuatan surat keterangan kerja ini memang biasanya dilatarbelakangi oleh berbagai alasan. Namun, alasan tersebut tak jauh-jauh dari urusan administrasi. Saking pentingnya, inilah manfaat yang bisa Anda dapat pada surat keterangan kerja.

  • Syarat Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan atau yang dulu disapa Jamsostek adalah jaminan sosial yang sangat penting bagi karyawan perusahaan. Jika Anda menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, ada banyak fasilitas yang bisa didapat. Keuntungan memiliki Jamsostek adalah adanya Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Pensiun, Jaminan Hari Tua, dan Jaminan Kematian. Nah, proteksi diri Anda dengan mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan sekarang juga ya!

  • Buka Rekening Bank

Jika Anda adalah pekerja yang merantau dan memiliki KTP dengan domisili yang tidak sesuai dengan kota tempat bekerja pasti sangat membutuhkan surat keterangan kerja. Surat ini akan menjadi surat pengganti keterangan domisili yang dibutuhkan saat membuka rekening bank di kota tempat Anda bekerja. Jadi Anda tidak perlu repot-repot untuk membuat KTP baru, karena perannya bisa digantikan oleh surat keterangan bekerja.

  • Pengajuan KPR dan Pinjaman Bank

Masih berhubungan dengan administrasi perbankan, surat kerja ternyata tidak hanya untuk membuka rekening saja. Surat ini juga dibutuhkan apabila Anda ingin mengajukan pinjaman bank atau Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Selain dokumen slip gaji, surat kerja juga harus dibawa agar proses pengajuan pinjaman atau KPR Anda ke bank dapat berjalan mulus dan lolos syarat administrasi.

  • Pembuatan Visa 

Surat kerja juga harus dikantongi bagi Anda yang ingin bekerja di luar negeri. Surat ini jadi salah satu syarat pengajuan visa kerja bagi karyawan atau calon TKI. Surat keterangan kerja ini juga akan dibutuhkan bagi Anda yang melakukan perjalanan dinas atau ditempatkan di cabang perusahaan yang letaknya ada di luar negeri. 

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Ini Dia Pentingnya Paklaring untuk Para Pekerja

Beda Surat Keterangan Kerja dan Paklaring

businesswoman sitting working with laptop computer creative business people planning her workstation modern work loft 38019 1310.jpg?size=626&ext=jpg&uid=A&ga=GA1.2.1202749483 - Info Perbedaan Surat Keterangan Kerja dan Surat Paklaring Hanya di Sini

Banyak yang salah sangka dan mengira surat keterangan kerja ini sama dengan surat paklaring. Nah, hal ini perlu diluruskan karena kedua surat tersebut adalah surat yang berbeda dan dipakai dengan tujuan yang berbeda pula. Dari namanya saja sebenarnya sudah tampak jelas perbedaannya. Akan tetapi banyak orang yang masih saja menganggap sama kedua surat tersebut.

Surat paklaring adalah surat keterangan yang menyatakan seseorang pernah bekerja pada suatu perusahaan dengan posisi tertentu dan jangka waktu tertentu. Dengan kata lain, surat ini diterbitkan saat Anda sudah tidak lagi menjadi karyawan di perusahaan tersebut. Pengajuan surat ini banyak diminta terutama untuk klaim Jaminan Hari Tua dari BPJS Ketenagakerjaan. Nah, jika Anda berniat resign atau terkena PHK di perusahaan Anda saat ini, jangan lupa untuk sekalian minta dibuatkan surat paklaring ya!

Melalui artikel di atas Anda jadi tahu bedanya surat keterangan kerja dan surat paklaring. Semoga sudah tidak ada lagi yang salah paham mengartikan kedua surat tersebut ya. Selain memperhatikan hal-hal diatas sebagai seorang karyawan Anda juga harus pintar dalam mengelola keuangan bulanan. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan aplikasi keuangan online seperti aplikasi Qelola.

Aplikasi Qelola adalah aplikasi keuangan yang menawarkan berbagai fitur menarik yang aman dan terpercaya. Salah satu layanannya adalah transfer uang hingga ke mancanegara. Selain itu aplikasi Qelola juga cocok digunakan untuk membayar berbagai tagihan pokok seperti tagihan listrik, air, dan juga BPJS Kesehatan. Dengan melakukan pembayaran lewat aplikasi ini akan membuat Anda tertib dan tepat waktu dalam membayar karena bisa dilakukan langsung dari ponsel. Fitur lainnya yang bisa Anda nikmati adalah pembelian pulsa, kuota internet, dan juga voucher games

Untuk bisa menikmatinya pun caranya cukup mudah. Anda hanya perlu men-download aplikasi Qelola pada Playstore dan lakukan pendaftaran. Lakukan top up dan fitur-fitur di dalamnya dapat Anda nikmati seketika. Informasi lain terkait aplikasi Qelola dapat Anda simak melalui website resminya di sini.

Tags: , , ,