Mencermati Contoh Lamaran Kerja untuk TKI

Untitled design299 - Mencermati Contoh Lamaran Kerja untuk TKI

Melamar pekerjaan tidak hanya dilakukan oleh tenaga kerja yang bekerja di dalam negeri, namun juga oleh tenaga kerja yang berada di luar negeri. Ketika Anda ingin menjadi TKI misalnya, Anda harus pula mengajukan surat lamaran pekerjaan sebagai berkas pelengkap pengajuan yang Anda lakukan. Jika mungkin Anda belum pernah membuatnya, tentu Anda perlu melihat contoh lamaran kerja yang baik dan benar.

Idealnya surat lamaran kerja merupakan dokumen yang berisi identitas lengkap terkait diri Anda. Mulai dari nama hingga keahlian dan pengalaman bekerja, semua dicantumkan dalam berkas ini. Jika mungkin Anda memiliki piagam atau berkas penghargaan terkait pekerjaan yang sudah pernah Anda lakukan, Anda juga dapat melampirkannya sebagai dokumen pendukung.

Untuk memberikan gambaran, berikut poin-poin yang harus dicantumkan dalam surat lamaran kerja yang akan Anda buat.

Sampaikan Keinginan Anda untuk Bekerja

Penting untuk menyampaikan keinginan Anda untuk bekerja, karena ini adalah surat lamaran kerja. Sampaikan secara jelas bahwa ingin melamar pada posisi atau kesempatan kerja yang ada dengan formal dan runtut. Ikuti setiap prosedur yang ditetapkan, dan lengkapi setiap berkasnya. Sertakan juga beberapa poin di bawah ini dengan lengkap.

Identitas Lengkap Diri Anda

Untitled design300 - Mencermati Contoh Lamaran Kerja untuk TKI

Pada bagian identitas ini, Anda harus mencantumkan semua hal terkait diri Anda. Mulai dari nama, tempat dan tanggal lahir, usia, tinggi badan, berat badan, status perkawinan (jika Anda lajang atau bercerai, cukup ditulis single saja), nomor yang bisa dihubungi, alamat surat elektronik, alamat rumah, pendidikan terakhir, dan tahun kelulusan.

Cukup standar untuk informasi pada bagian ini. Kelengkapan informasi di bagian ini bisa didukung dengan melampirkan ijazah, akta kelahiran, kartu keluarga, kartu tanda pengenal, dan berkas lain yang dapat dijadikan validasi dari informasi yang diberikan. Contoh lamaran kerja pada bagian ini adalah sebagai berikut:

Name                              :

Place, date of birth       :

Age/Height/Weight     :

Marital Status                :

Phone Number/Email :

Address                           :

Latest Education           :

Year of Graduation       :

Pelatihan dan Pengalaman

Untitled design301 - Mencermati Contoh Lamaran Kerja untuk TKI

Untuk Anda yang sudah pernah mengikuti pelatihan pengembangan keterampilan, Anda juga dapat menyertakan informasinya di surat lamaran kerja yang Anda buat. Biasanya, pelatihan seperti ini akan memiliki sertifikat sebagai bentuk valid bahwa Anda telah berpartisipasi dan lulus sesuai standar yang diberikan. Cantumkan pelatihan yang sekiranya berhubungan dengan pekerjaan yang Anda ingin lamar.

Selanjutnya adalah terkait pengalaman kerja. Tidak semua calon TKI menjadikan jalan ini sebagai langkah pertamanya. Jika Anda sudah pernah bekerja sebelum mengajukan diri menjadi TKI dan melamar kerja di luar negeri, Anda juga dapat mencantumkan pengalaman kerja Anda secara lengkap, mulai dari nama perusahaan, bidang usaha, periode bekerja, posisi, dan penjelasan pekerjaan yang Anda lakukan. Dicantumkan pada bagian selanjutnya dari identitas diri, begini contohnya:

Training

Employment History

Company            :

Industry              :

Period                  :

Position               :

Job Description :

Jika sekiranya Anda memiliki pengalaman kerja di lebih dari 1 perusahaan, Anda dapat mencantumkan setiap pekerjaan yang Anda pernah lakukan dengan format yang sama. Tempatkan setiap catatan pekerjaan di bagian selanjutnya, dan jangan lupa sertakan bukti bahwa Anda pernah bekerja di posisi tersebut. Bukti dapat berupa sertifikat, surat rekomendasi, foto, atau bukti valid lainnya.

Sertakan Pula Curriculum Vitae

Untitled design298 - Mencermati Contoh Lamaran Kerja untuk TKI

Untuk melengkapi, dan sebagai salah satu syarat melamar pekerjaan, Anda juga wajib menyertakan CV yang memuat segala informasi tentang Anda. Berkas ini berguna untuk menunjukkan identitas serta pengalaman kerja yang dimiliki secara singkat, sehingga pemberi kerja dapat melihat secara cepat mengenai diri Anda.

Baca Juga: TKI Ingin Memulai Bisnis? Lakukan 5 Tips Ini

Jika contoh lamaran kerja di atas sudah bisa dipahami, Anda bisa mulai mencari informasi mengenai syarat dan prosedur menjadi TKI di luar negeri. Anda bisa mencari informasi ini pada dinas terkait atau agen penyaluran tenaga kerja yang ada di daerah Anda. Biasanya syarat dan prosedur akan sama pada dua instansi ini karena negara Indonesia memiliki prosedur tetap untuk bidang yang satu ini.

Selanjutnya, ikuti setiap prosedur dan lengkapi setiap berkas yang sudah disyaratkan. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri guna menghadapi beberapa tes yang sudah disiapkan. Tes ini bersifat umum, dan idealnya dapat dilalui jika Anda memiliki cukup persiapan diri. Satu hal terakhir, persiapkan juga kesehatan Anda agar dapat lulus medical check up yang akan dilakukan ketika Anda sudah melewati prosedur yang ditetapkan.

Setelah Anda memahami contoh lamaran kerja yang dijelaskan di atas, mengikuti prosedur yang ditetapkan, dan lulus menjadi TKI, Anda harus pula mempersiapkan cara pengiriman uang yang efektif. Nah untuk yang satu ini, Anda dapat memilih Qelola. Mengapa Qelola? Karena pengiriman uang yang dilakukan dengan Qelola, yaitu transfer ke akun Qelola lain, dapat sampai dengan cepat dan murah. Biaya transfer hanya kurang dari 5 ringgit Malaysia, sehingga tak akan membebani Anda ataupun keluarga di tanah air. Segera unduh aplikasinya di sini, dan selamat berjuang!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,