Jangan Disepelekan, Ini Dia Pentingnya Paklaring untuk Para Pekerja

EP 8 - Jangan Disepelekan, Ini Dia Pentingnya Paklaring untuk Para Pekerja

Istilah paklaring mungkin sudah akrab di kalangan para pekerja. Namun seberapa tahukah Anda mengenai pentingnya paklaring ini? Masih banyak yang sekadar mengetahui apa pengertiannya namun tidak paham isi di dalamnya dan kriteria mendapatkannya karena belum mengetahui pentingnya surat ini. Padahal di dalam paklaring cukup lengkap menjelaskan masa kerja, jenjang karir, kualifikasi serta kontribusi Anda ketika bekerja dalam sebuah instansi atau perusahaan. Dan siapapun yang masih bekerja atau memutuskan resign baik dari perusahaan besar maupun kecil sangat dianjurkan meminta surat ini untuk banyak kepentingan. Dalam artikel ini Anda akan dijelaskan apa sebenarnya manfaat dari paklaring. Namun sebelumnya intip dulu syarat apa saja yang dibutuhan untuk membuat surat ini.

Baca Juga: Paklaring Adalah Surat Keterangan Bekerja, Intip Informasinya Berikut Ini

Syarat Membuat Paklaring

EP 8 1 - Jangan Disepelekan, Ini Dia Pentingnya Paklaring untuk Para Pekerja

Sebuah perusahaan tidak sembarangan dalam mengeluarkan paklaring untuk pekerjanya. Ada beberapa syarat-syarat yang harus dipenuhi di antaranya sebagai berikut:

Mempunyai Kinerja yang Baik

Paklaring merupakan surat rekomendasi atau referensi dari perusahaan lama Anda. Tentu saja apa yang direkomendasikan merupakan hal yang baik dan bermanfaat. Jika Anda meninggalkan kesan buruk, maka tidak ada alasan untuk merekomendasikan Anda dan perusahaan pun tidak mempunyai alasan mengeluarkan paklaring untuk Anda. Oleh karena itu bagi Anda yang masih bekerja di sebuah perusahaan, usahakan untuk meningkatkan kinerja dan memberikan kontribusi yang lebih. Bagi Anda yang ingin mengakhiri kontrak dengan perusahaan maka akhiri dengan sesuatu yang baik.

Sudah Bekerja Minimal Satu Tahun

Selain kesan yang baik, paklaring juga baru bisa diberikan kepada Anda yang sudah bekerja minimal satu tahun. Ini merupakan aturan yang akan Anda temukan di sebagian besar perusahaan. Karena pihak perusahaan harus melihat dahulu kinerja dalam jangka waktu tertentu sebelum yakin bahwa Anda mempunyai kualifikasi yang baik. Perusahaan juga cenderung tidak menyukai pekerja yang sering berpindah-pindah tempat kerja dalam jangka waktu yang sangat singkat.

Selesaikan Kewajiban Sebelum Resign

Jika jangka waktu kerja Anda sudah lebih dari satu tahun dan Anda sudah mengajukan resign, bukan berarti Anda bisa sembarangan berhenti bekerja. Selesaikan terlebih dahulu kewajiban yang masih ada. Ini berlaku baik bagi Anda yang ingin mendapatkan surat rekomendasi ini ataupun yang tidak.

Fungsi Paklaring

EP 8 2 - Jangan Disepelekan, Ini Dia Pentingnya Paklaring untuk Para Pekerja

Memenuhi syarat mendapatkan paklaring butuh waktu yang cukup lama bukan? Hal tersebut menandakan bahwa paklaring memang dokumen yang cukup penting. Bahkan manfaat yang diberikan bukan hanya satu atau dua poin saja. Ada beberapa hal yang bisa didapatkan ketika Anda mempunyai surat ini, yang antara lain sebagai berikut:

Kepetingan Jaminan Sosial

Salah satu syarat yang harus ada ketika Anda ingin mencairkan Jaminan Hari Tua (JHT) di BPJS Ketenagakerjaan adalah paklaring. Bahkan tidak hanya fotokopi, Anda pun perlu menunjukkan dokumen yang asli kepada petugas. Dan ini berlaku untuk pencairan dana jaminan sosial seluruhnya, 30% atau 10%.

Melamar Pekerjaan Baru

Surat ini biasanya dibutuhkan sebagai syarat ketika Anda melamar pekerjaan baru. Surat ini dibutuhkan untuk menunjukkan bagaimana pengalaman Anda bekerja sebelumnya dan sebagai bukti bahwa Anda benar-benar bekerja di perusahaan tersebut.

Beasiswa Jalur Profesional

Apapun pilihan Anda setelah resign, baik mencari pekerjaan di tempat baru atau melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, paklaring adalah dokumen yang akan tetap dibutuhkan. Selain paklaring ini, Anda juga butuh rekomendasi langsung dari atasan. Oleh karena itu jaga kinerja Anda di perusahaan ya.

Mengajukan Pinjaman Bank

Seperti telah dijelaskan di awal bahwa paklaring juga dapat dikeluarkan ketika Anda masih bekerja di sebuah perusahaan. Dan fungsi dikeluarkannya paklaring ketika masih bekerja salah satunya untuk poin ini. Karena pinjaman bank seperti KTA (Kredit Tanpa Agunan), KKB (Kredit Kendaraan Bermotor), dan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) mensyaratkan status karyawan. Hal ini untuk membuktikan bahwa Anda tercatat bekerja di sebuah perusahaan dan mempunyai jaminan mampu mebayar cicilan.

Pengajuan Kartu Kredit

Sama halnya seperti poin sebelumnya, fungsi paklaring di sini juga untuk membuktikan bahwa Anda bekerja pada sebuah perusahaan dan mampu untuk membayar cicilan.

EP 8 3 - Jangan Disepelekan, Ini Dia Pentingnya Paklaring untuk Para Pekerja

Setelah membaca penjelasan di atas, mulai sekarang saat masih bekerja atau ingin resign, usahakan untuk memperbaiki kinerja dan mendapatkan paklaring dari atasan Anda. Karena ternyata surat yang satu ini tidak boleh disepelekan. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Pentingnya meningkatkan kinerja, sama halnya dengan meningkatkan pengaturan keuangan Anda. Terutama bagi Anda para pekerja yang berada di luar negeri. Mungkin Anda tidak menyadari, namun biaya kirim uang yang terkadang cukup mahal akan mempengaruhi pengeluaran lainnya. Karena akan lebih banyak biaya yang dibutuhkan dan bisa saja mengurangi budget Anda untuk kebutuhan lainnya. Namun hal ini bisa diatasi jika Anda menggunakan aplikasi kirim uang Qelola. Biaya kirimnya cukup murah, ditambah dengan diskon yang ada hampir setiap bulannya. Perbaiki kinerja Anda, perbaiki keuangan Anda dan gunakan Qelola sekarang juga.

Tags: , , , , , , ,